Huperzine A: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Huperzine A adalah zat atau alkaloid yang diekstrak dari tanaman yang disebut Chinese moss club atau Huperzia serrata, juga memiliki banyak sebutan salah satunya yaitu Selagin. Negara Cina telah menggunakannya dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi peradangan dan memperkuat daya ingat.

Huperzine A memang memiliki manfaat nootropik yang dikenal untuk meningkatkan banyak aspek dari fungsi memori otak. Umumnya, banyak digunakan untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan neurologis, seperti penyakit Alzheimer dan hilang ingatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Zat ini merupakan obat murni yang tidak mengandung berbagai macam bahan kimia seperti yang lainnya. Kemampuannya, dapat meningkatkan kadar asetilkolin pada otak, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi, kejernihan mental, dan meningkatkan kemampuan proses atau menghitung data. 

Simak dibawah ini penjelasan berbagai macam manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat penggunaan Huperzine A

1. Mencerdaskan otak

Beberapa penelitian menyatakan bahwa Huperzine A mampu meningkatkan aktivitas kolinergik yang dikaitkan dengan neuroplastisitas yang berarti otak anda lebih mampu beradaptasi, belajar dan menyimpan informasi baru.

Selain itu, asetilkolin yang terdapat dalam tanaman ini langsung terhubung dengan konsep kecerdasan cairan dan kapasitas memori kerja.

2 .Meningkatkan kesehatan mental

Para peneliti telah menunjukan huperzine A dapat meningkatkan fungsi mental dari menggunakan nootropic.

3. Membantu penyembuhan penyakit Alzheimer

Pada tanaman Huperzine A mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat telah dibuktikan oleh para peneliti yang dipraktekan langsung kepada penderita Alzheimer.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Selain itu, remaja yang sehat dapat menggunakan huperzine A secara efektif untuk meningkatkan pembentukan dan retensi memori.

4. Mengobati penyakit otot

Huperzine A dapat meningkatkan kewaspadaan dan energi, untuk melindungi dari sistem-sistem yang dapat merusak saraf sehingga dapat mengobati berbagai penyakit otot.

5. Melindungi otak dari kerusakan oksidatif

huperzine A mengurangi kerusakan oksidatif dari toksisitas glutamat dengan mengaktifkan jalur pensinyalan pada otak. Huperzine A juga dapat melindungi otak dari kelebihan zat besi.

6. Membantu penyembuhan cedera pada otak

Huperzine A membantu pemulihan dari pendarahan otak dengan mencegah kerusakan mitokondria dan menunda kematian sel bersama zat pendukung otak, multivitamin, dan minyak ikan.  

Juga mampu meningkatkan aliran darah otak dan meningkatkan fungsi kognitif pada seseorang yang pernah menderita penyakit gegar otak

7. Mengobati kecanduan

Sebuah studi menyatakan bahwa Huperzine A mampu menurunkan persepsi individu tentang efek kokain. Selain itu, merupakan cara yang paling aman untuk mengobati orang yang menderita penyakit kecanduan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Efek samping penggunaan Huperzine A

Huperzine A aman untuk digunakan. Namun, efek samping yang umum sering dialami karena menggunakan dosis yang terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala, tegang otot, dan mengalami tekanan di kepala dan bagian rahang. Beberapa orang juga dapat mengalami mual, diare, penglihatan kabur, kehilangan nafsu makan, otot berkedut, dan gelisah.

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari penggunaan huperzine A karena belum ada penelitian lebih lanjut yang dilakukan. Penderita denyut jantung lambat disarankan untuk berhati-hati dalam menggunakan zat ini karena kemungkinan dapat menyebabkan masalah jantung.

.Hindari penggunaan huperzine A pada orang yang sedang atau memiliki riwayat epilepsi karena dapat memperburuk kondisi tersebut.

Dosis penggunaan Huperzine A

Penggunaan huperzine A dilakukan dengan dua cara, secara oral atau melalui suntikan. Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli sebelum menggunakannya untuk dosis yang tepat.

Umumnya penggunaan menggunakan suntikan melalui penyedia layanan kesehatan dapat memberikan Huperzine A setiap hari pada pasien yang memiliki kelemahan otot penyebab penyakit myasthenia gravis.

Dosis huperzine A murni yang disarankan adalah sekitar 50 - 200 miligram. Penggunaan dengan cara oral untuk dosis yang disarankan bagi pasien Alzheimer dan orang yang memiliki keterampilan intelektual menurun karena penyakit,  seperti demensia multi-infark berikan dosis 50 hingga 200 miligram, selama dua kali sehari.

Pasien yang menderita demensia atau pikun disarankan menggunakan dua dosis huperzine A sebanyak 30 miligram setiap hari. Sedangkan untuk remaja, disarankan dua dosis 100 miligram setiap hari dengan konsumsi secara oral.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Huperzine A: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-huperzine-a-89464)
Huperzine A: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/huperzine_a/supplements.htm)
Huperzine A: Is it an Effective Disease-Modifying Drug for Alzheimer’s Disease?. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4137276/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app