Hilangkan Bekas Luka pada Wajah dengan 4 Metode Medis Ini

Parahnya bekas luka di wajah sulit ditutupi. Tetapi ada metode medis yang bisa membantu menghilangkan bekas luka pada wajah Anda. Apa saja? Yuk baca selengkapnya di bawah ini.
Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Hilangkan Bekas Luka pada Wajah dengan 4 Metode Medis Ini

Bekas luka memang dapat mengganggu penampilan seseorang. Apalagi jika bekas lukanya terletak pada wajah atau daerah yang dapat dilihat banyak orang. 

Tentu hal tersebut dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang dan dapat membuat penderitanya kesal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Bekas luka pada wajah dapat ditimbulkan karena beberapa hal seperti, jerawat, luka bakar, atau bekas operasi. Bekas luka pada wajah cenderung lebih susah hilang karena bagian ini sering terpapar oleh lingkungan luar. 

Parahnya bekas luka di wajah sulit ditutupi. Tetapi ada metode medis yang bisa membantu menghilangkan bekas luka pada wajah Anda. Apa saja? Yuk baca selengkapnya di bawah ini.

4 Metode medis yang mampu hilangkan bekas luka pada wajah

1. Dermabrasi

Dermabrasi merupakan salah satu metode medis yang banyak digemari kaum wanita untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Bekas luka dapat berkurang hingga 50% dengan melakukan perawatan dermabrasi. 

Namun metode ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada sebagian orang, terutama jika Anda memiliki jenis kulit yang sensitif atau memiliki penyakit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh sebaiknya memilih metode lain.

Dermabrasi akan dilakukan oleh dokter kulit atau dermatologis. Saat ini sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan perawatan ini. Sebuah roda besi akan digunakan untuk mengelupas lapisan kulit terluar Anda.

 Efek samping yang dapat muncul setelah melakukan perawatan ini seperti kulit wajah kemerahan, bengkak, dan terlihat lebih gelap.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

2. Peeling

Peeling adalah metode pengelupasan kulit terluar wajah dengan menggunakan bahan kimia. Bagian terluar kulit (epidermis) akan mengelupas dan akan merangsang pertumbuhan lapisan kulit baru. 

Metode peeling ini juga populer di kalangan wanita dan dapat dijumpai di banyak klinik kecantikan. 

Selain dapat menghilangkan bekas luka di wajah, metode peeling juga dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan pada wajah. 

Sehingga Anda akan mendapatkan kulit wajah yang lebih halus dan tampak lebih muda. Beberapa jenis peeling adalah sebagai berikut:

  • Medium peel : teknik ini digunakan khusus untuk perawatan anti aging dengan menggunakan asam glikolat.
  • Superficial peel : teknik ini dapat memperbaiki kelainan warna kulit yang disebabkan oleh luka kecill.
  • Deep peel : teknik ini dapat menembus hingga kulit bagian terdalam. Bahan yang digunakan selama perawatan berasal dari fenol dan biasanya membutuhkan waktu sembuh sekitar 3 minggu. Setelah menjalani perawatan ini, kulit Anda akan diperban dan harus diganti beberapa kali dalam sehari.

Efek samping dapat ditimbulkan setelah melakukan peeling adalah kulit Anda akan menjadi lebih sensitif, terlebih jika Anda mempunyai eksim. Manfaat dari peeling mungkin tidak bisa maksimal jika Anda mempunyai kulit yang gelap. 

Ibu hamil dan menyusui, penderita psoriasis, serta rosacea juga tidak disarankan melakukan perawatan ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

3. Laser

Metode laser hampir mirip dengan peeling dan dermabrasi. Metode ini akan menghilangkan lapisan kulit terluar dari kulit, namun caraya dengan menggunakan sinar laser.

Ada 2 jenis laser yaitu, erbium dan karbon dioksida. Erbium merupakan metode yang pag aman untuk wajah, tetapi metode yang paling efektif untuk menghilangkan bekas luka adalah karbon dioksida. 

Setelah Anda menjalani perawatan ini, Anda akan diperban sampai sembuh.

Kelebihan dari metode medis ini adalah waktu penyembuhan yang relatif lebih singkat yaitu sekitar 3-10 hari. Kekurangannya yaitu, metode ini dapat menimbulkan bekas luka baru, kelainan pigmentasi, dan infeksi. 

Perawatan ini tidak dianjurkan bagi orang yang mempunyai warna kulit gelap dan sedang berjerawat. 

4. Operasi plastik

Metode medis terakhir untuk menghilangkan bekas luka di wajah yaitu dengan cara melakukan operasi plastik. Jaringan parut atau bekas luka di wajah akan diangkat menggunakan pisau bedah. 

Operasi plastik juga mempunyai banyak jenis dan tujuan.

Hasil yang diperoleh setelah melakukan operasi plastik biasanya lebih baik daripada hasil dengan metode medis lainnya. Namun biaya yang harus dikeluarkan tentu juga lebih mahal. 

Efek samping dari operasi plastik adalah munculnya infeksi pasca operasi dilakukan. Apabila Anda ingin melakukan operasi plastik, Anda harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter bedah plastik

Cara mencegah munculnya bekas luka pada wajah

Cara terbaik mencegah munculnya bekas luka adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa membuat tubuh Anda terluka, khususnya pada wajah. 

Cara tersebut sangat penting Anda perhatikan terutama bagi Anda yang mempunyai bakat keloid.

Merawat luka dengan baik juga dapat mengurangi terbentuknya bekas luka. Namun juga Anda sedang memiliki luka pada wajah, pastikan supaya luka tersebut tetap bersih. 

Anda juga bisa mengoleskan minyak ter supaya luka tetap terjaga kelembaban nya.

Apabila Anda sering ber aktivitas diluar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih. Hal tersebut dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari dan mencegah luka menjadi berwarna kecoklatan. 

Nah itu tadi metode medis yang dapat menghilangkan bekas luka pada wajah. Pastikan Anda memilih peralatan yang tepat sesuai dengan jenis kulit dan kondisi luka Anda. 

Perhatikan juga kelebihan, kekurangan, biaya dan efek sampingnya. 

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Scars. (n.d.) (http://www.asds.net/Scars/)
Proper wound care: How to minimize a scar. (2016) (https://www.aad.org/public/skin-hair-nails/injured-skin/wound-care)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app