GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka pada Kulit

Dipublish tanggal: Agu 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mudah Menghilangkan Bekas Luka pada Kulit

Bekas luka yang terlihat di wajah maupun permukaan kulit lainnya tentu akan mengganggu penampilan. Terlebih lagi jika Anda pernah jatuh dan meninggalkan bekas luka yang tak kunjung hilang dalam waktu cukup lama. Lantas bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang terlihat di kulit? Berikut beberapa cara menghilangkan bekas luka yang membandel.

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan vitamin E

Demi mendapatkan kulit wajah dan tubuh yang mulus tentunya dibutuhkan usaha perawatan yang tepat untuk menghilangkan bekas luka yang sudah lama membekas. Mulai dari menggunakan krim yang dipercaya efektif untuk menghilangkan bekas luka tersebut, baik menggunakan bahan-bahan alami hingga serangkaian prosedur perawatan wajah dengan tindakan medis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu kandungan yang dipercaya sangat efektif untuk menghilangkan bekas luka yang membandel. Tak hanya itu bahkan vitamin E  juga dikenal memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit dan rambut karena dapat menjadi pelembap alami bagi kulit yang juga dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

Menurut penelitian, rutin mengonsumsi vitamin E sebelum dan sesudah operasi akan secara efektif untuk mempercepat penyembuhan bekas luka. Terlebih lagi sekarang ini sudah ada banyak sekali krim dan salep yang mengandung vitamin E dan bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka yang membandel pada kulit.

Selain terdapat pada krim atau salep, tetapi vitamin E juga dapat ditemukan pada beberapa jenis bahan makanan, seperti biji-bijian, sayuran hijau, dan kacang-kacangan termasuk kacang almond, sayur bayam dan brokoli, kacang hazelnut, serta alpukat.

Lidah buaya dan madu

Selain sering digunakan untuk mempercepat pertumbuhan rambut, ternyata lidah buaya (aloe vera) juga dipercaya mampu menghilangkan bekas luka pada kulit. Dengan olesan gel lidah buaya pada area sekitar luka, pijat dengan gerakan melingkar lalu diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan dengan lidah buaya sebanyak 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Selain sebagai masker wajah, madu juga dipercaya dapat menghilangkan bekas luka pada kulit. Pada area bekas luka, Anda dapat mengoleskan madu yang dibalut dengan perban lalu diamkan semalaman. Setelahnya baru bersihkan dengan air hangat, gunakan bahan-bahan alami ini untuk membantu menyamarkan bekas luka secara perlahan.

Baca juga: Manfaat Tomat untuk Perawatan Kulit, Termasuk Penyembuhan Luka

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara menghilangkan bekas luka dengan perawatan medis

Cara menghilangkan bekas luka menggunakan cara yang medis tentu harus disesuaikan dengan lokasi dan jenis lukanya. Jika Anda sudah menggunakan krim atau suplemen yang mengandung vitamin E dan tak kunjung berhasil, maka beberapa cara berikut mungkin bisa digunakan untuk menghilangkannya.

Dermabrasi

Bagi Anda yang memiliki jenis luka menggumpal dan menebal dibandingkan dari kulit di sekitarnya, maka dermabrasi merupakan salah satu cara efektif yang bisa dipilih. Pada umumnya cara menghilangkan luka yang satu ini dijalankan dengan bantuan alat khusus untuk mengikis bekas luka. Hal ini bertujuan agar lapisan kulit yang baru dapat terlihat lebih halus dan merata.

Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan luka dengan mikrodermabrasi biasanya diterapkan pada jenis luka yang cenderung kecil dan dangkal. Contohnya seperti garis halus, bekas jerawat, kusam, hingga bintik penuaan yang mulai muncul pada wajah. Pada umumnya menghilangkan bekas luka menggunakan metode dermabrasi maupun mikrodermabrasi dapat dilakukan oleh dokter kecantikan atau dokter dermatologis.

Baca juga: Berbagai Metode Perawatan Kecantikan di Honestdocs

Laser resurfacing

Prosedur medis dengan laser resurfacing adalah salah satu cara laser baru yang hampir mirip dengan dermabrasi tetapi waktu pemulihannya akan lebih singkat. Perawatan ini akan memberikan hasil kulit yang lebih halus karena laser resurfacing ini bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa merusak ataupun menghilangkan lapisan atas kulit.

Suntikan Steroid

Bagi yang memiliki bekas luka berjenis keloid atau hypertrophic, Anda bisa menghilangkan bekas luka tersebut dengan menggunakan metode suntikan steroid. Pasalnya metode penyembuhan yang satu ini biasanya dilakukan untuk melembutkan bekas luka tersebut, biasanya steroid akan dimasukkan ke dalam bekas luka selama beberapa kali dalam jangka waktu yang cukup panjang untuk meratakan bekas luka.

Balut dan Tekan Bersilikon

Cara yang satu ini sangat efektif dipilih bagi Anda yang memiliki luka bakar dengan ukuran besar atau luka bekas cangkok. Dengan menggunakan cara yang satu ini maka bekas luka bisa menjadi lebih lembut dan rata. Pada umumnya bulatan yang satu ini terbuat dari bahan yang elastis dan dikombinasikan dengan gel silikon. Anda hanya perlu menekan bekas luka selama 6-12 bulan dengan pantauan dokter spesialis kulit.

Selain menggunakan beberapa cara di atas, ternyata Anda juga bisa menghilangkan bekas luka dengan cara operasi. Namun cara yang satu ini tentunya lebih berisiko yang mungkin dapat menimbulkan luka baru. Jadi apapun metode medis yang dipilih untuk menghilangkan bekas luka yang membandel, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca juga: Jenis Produk Perawatan Wajah Pencegah Penuaan Dini

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Scars: Will my scar go away?. American Academy of Dermatology. (Accessed via: https://www.aad.org/public/diseases/a-z/scars-go-away)
Treatment Options to Remove Acne Scars. Everyday Health. (Accessed via: https://www.everydayhealth.com/acne/remove-acne-scars.aspx)
10 things to know before having laser treatment for your scar. American Academy of Dermatology. (Accessed via: https://www.aad.org/public/cosmetic/scars-stretch-marks/laser-treatment-scar)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app