Gejala Kutil - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Jul 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.434.379 orang

Kutil merupakan penebalan lapisan kulit yang disebabkan oleh virus dari kelompok Human Papillomavirus (HPV). Terdapat banyak tipe HPV. Sebagian HPV cenderung menginfeksi daerah alat kelamin atau anus, menimbulkan kutil genital, sedangkan tipe dari HPV yang lain menginfeksi jari dan tangan, menyebabkan “kutil biasa”.

Kutil ditularkan melalui kontak dari kulit ke kulit, sedangkan kutil genital dianggap sebagai penyakit menular seksual.

Dalam bahasa latin, kutil dikenal dengan istilah Verruca Vulgaris adalah suatu tonjolan pada kulit yang dapat timbul di bagian mana saja pada tubuh.

Kutil lebih sering ditemukan pada anak-anak atau dewasa muda, namun kutil juga dapat terjadi pada orang tua. Kutil dapat muncul dimana saja pada permukaan kulit, khususnya pada jari, tangan dan lengan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Prevalensi penyakit ini sekitar 10% pada orang dewasa dan sekitar 10-20% terjadi pada anak-anak. Kutil umumnya tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari dan terkadang dapat sembuh sendiri seiring berjalannya waktu.

Namun kutil juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain, sering muncul berulang kali walaupun sudah sembuh, serta menimbulkan bekas berupa jaringan parut atau yang dikenal dengan “borok”. Pengobatan yang dilakukan tidaklah bertujuan untuk menghilangkan virus yang menjadi penyebab, namun lebih bersifat kosmetik.

Pada kebanyakan kasus, kutil hilang dengan sendirinya (khususnya Veruka Vulgaris). Sedangkan jenis kutil yang lainnya dapat menetap selama beberapa tahun dan muncul kembali baik pada lokasi yang sama maupun lokasi yang berbeda.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjangkit kembali kutil adalah sistem imun dan kondisi bekas lesi yang ditimbulkan pada episode sebelumnya. Orang dengan pekerjaan seperti atlet, tukang daging, dan tukang ikan memiliki kemungkinan lebih besar untuk terjangkit kembali.  

Bagaimanakah pencegahan yang dapat anda lakukan di rumah untuk menghindari tumbuhnya Kutil pada kulit anda?

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, memang kutil sendiri bukan merupakan penyakit yang dapat mengancam jiwa, namun tetap saja jika kutil mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan rasa nyeri, kutil tersebut harus dihilangkan.

Oleh karena itu, lebih baik faktor-faktor yang menyebabkan kutil dihindari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Disini, Komunikasi Informasi dan Edukasi juga sangat berperan penting untuk mencegah rekurensi, ataupun penyebaran kutil. Komunikasi Informasi dan Edukasi yang diberikan kepada pasien ini yaitu menganjurkan penderita agar tidak menggaruk lesi sehingga dapat mencegah menyebarnya lesi ke daerah lainJangan menyikat, menjepit, menyisir atau mencukur daerah yang memiliki kutil, untuk menghindari penyebaran virus.

  • Jangan menggunakan pemotong kuku yang sama pada kutil selagi menggunakan pada kuku yang sehat
  • Jangan menggigit kuku jika memiliki kutil di dekat kuku
  • Jangan mencungkil kutil. Mencungkil dapat menyebarkan virus. Pertimbangkan menutupi kutil dengan perban perekat untuk mencegah pencungkilan
  • Jaga tangan agar kering sebisa mungkin, karena kutil lebih sulit untuk dikendalikan di lingkungan lembab
  • Cucilah tangan dengan baik setelah menyentuh kutil Anda. Gunakan alas kaki di kamar mandi atau kamar ganti umum
  • Mandi Bersih. Mandilah sehari dua kali, dengan air bersih dan jangan mandi di sembarang tempat seperti WC umum atau sungai. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pastikan Anda mandi dengan bersih sehingga tidak ada sisa-sisa kotoran atau sabun masih menempel di kulit
  • Hindari berganti baju dengan orang lain. Hindari memakai baju yang habis dipakai orang lain. Baju bekas dipakai tersebut dapat menjadi sumber penularan virus HPV

Kutil yang disebabkan oleh virus HPV dapat diatasi sebelum terlambat. Pengobatan yang dilakukan adalah dengan memberikan obat anti-virus oral. Bila tidak membuahkan hasil dapat dilanjutkan dengan bedah listrik atau bedah beku.

Diberikan pula obat-obatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hanya kutil akibat virus HPV yang memiliki kecenderungan untuk kambuh. Apabila faktor pemberatnya adalah kelainan genetik yang membuat daya tahan tubuhnya rendah, maka penderita diberikan obat untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya selama seumur hidup. 

Dengan begitu kutil tidak akan muncul walupun tertular virus HPV.


Referensi

American Academy of Dermatology (2018). Contagius Skin Diseases. Warts.

American Academy of Dermatology. Genital Warts.

American Family Physician (2004). What You should Know about Genital Warts.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit