HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Garam Epsom Untuk Rendam Kaki

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 26, 2020 Waktu baca: 3 menit
Garam Epsom Untuk Rendam Kaki

Garam Epsom mengandung senyawa magnesium sulfat, tidak seperti garam meja natrium. Garam Epsom telah digunakan selama ratusan tahun sebagai agen penyembuhan dan pereda nyeri. Pada jaman sekarang, garam epsom ini sering ditambahkan ke mandi air panas atau rendam kaki untuk mengurangi stres.

Magnesium dalam garam Epsom dapat diserap melalui kulit, meningkatkan kadar magnesium dalam tubuh. Kandungannya dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit terkait peradangan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Garam epsom juga dapat membantu mengairi dan membersihkan luka, dimana jenis garam ini dapat bermanfaat bagi kesehatan kaki.

Banyak orang yang mengklaim bahwa selain mengurangi gejala rasa sakit dan meningkatkan penyembuhan, garam Epsom dapat dilarutkan dalam air hangat untuk mengurangi peradangan akibat asam urat, menghilangkan bau, dan membantu mengobati infeksi. 

Kinerja garam epsom 

Ketika ditambahkan ke air hangat, magnesium dan sulfat dalam garam Epsom dilarutkan dan mudah diserap melalui kulit. Ini meningkatkan jumlah magnesium dalam tubuh yang bermanfaat untuk produksi energi, fungsi otot, dan pengurangan peradangan.

Untuk merendam kaki garam Epsom, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

  • Isi bak mandi atau baskom Anda dengan air hangat sampai cukup dalam untuk menutupi kaki Anda.
  • Tambahkan 1/2 cangkir garam Epsom ke dalam air hangat.
  • Rendam kaki Anda selama 30 hingga 60 menit dua kali seminggu.
  • Untuk meningkatkan aromaterapi, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender, peppermint, atau minyak kayu putih ke dalam rendaman kaki Anda.
  • Lembabkan kaki Anda sampai bersih setelah merendamnya.

Merendamkan kaki dengan garam dapat menyebabkan kulit kering, khususnya pada kaki Anda. Pastikan untuk melembabkan kulit Anda setelah rendam kaki garam Epsom untuk mencegah kulit pecah-pecah dan iritasi.

Jika Anda mulai mengalami rasa sakit, kemerahan, atau luka sebelum atau setelah menggunakan mandi kaki, jadwalkan kunjungan dengan dokter Anda untuk membahas pengobatan alternatif.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Manfaat rendam kaki garam epsom

Mandi garam Epsom sering digunakan untuk mengurangi stres. Namun, ada manfaat lain dari rendam kaki garam Epsom, termasuk:

  • mengobati infeksi jamur
  • pengelupasan kulit
  • pereda sakit
  • menghilangkan serpihan kulit mati

Meskipun ada banyak klaim bahwa garam Epsom adalah penghilang stres yang efektif, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan garam Epsom adalah agen antibakteri dan antijamur yang efektif. Diskusikan pilihan perawatan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini.

  • Mengobati Infeksi Jamur

Garam Epsom telah digunakan untuk mengobati luka dan infeksi. Meskipun tidak menyembuhkan infeksi, garam Epsom dapat digunakan untuk menghilangkan infeksi dan melembutkan kulit untuk membantu meningkatkan efek obat.

Rendam garam epsom dapat digunakan untuk mendukung kerja obat yang diresepkan dokter Anda. Sebelum menggunakan perawatan ini, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter. Beberapa infeksi, seperti infeksi Staph, dapat memburuk dari penggunaan campuran air panas atau garam.

Untuk infeksi jamur kaki atau kuku jari kaki, rendam kaki Anda dua kali sehari selama sekitar 20 menit. Pertimbangkan untuk menambahkan minyak pohon teh atau minyak lainnya yang dikenal dapat membantu penyembuhan.

  • Bekerja sebagai exfoliator

Garam Epsom dapat digunakan sebagai exfoliant untuk melembutkan kaki yang kasar dan pecah-pecah. Seiring dengan merendam kaki Anda, pijat beberapa garam Epsom ke kulit Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31
  • Menghilangkan rasa sakit

Garam Epsom menghilangkan racun dari tubuh yang dapat menyebabkan iritasi, peradangan, dan nyeri tubuh. Jika kaki Anda sakit, rendam kaki Anda secara teratur untuk mengurangi rasa sakit.

  • Menghilangkan serpihan kulit mati

Rendam kaki garam Epsom juga dapat membantu menghilangkan serpihan kulit mati. Senyawa mineral dalam garam membantu mengurangi peradangan di sekitar daerah yang terkena, kemudian akan melembutkan kulit Anda untuk memudahkan penghapusan puing-puing kulit mati.

Untuk sakit ringan dan nyeri, garam Epsom dapat menjadi alternatif rumah yang aman untuk penanganan awal. Namun, diskusikan pilihan Anda dengan dokter sebelum menggunakan obat ini untuk mengobati infeksi dan kondisi kesehatan lainnya. 

Penderita diabetes atau yang sedang hamil harus mendiskusiknnya dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan garam Epsom.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Epsom Salt Uses, Side Effects & Warnings. Drugs.com. (https://www.drugs.com/mtm/epsom-salt.html)
Epsom salt detox: Benefits and how it works. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321627)
7 Things You Probably Didn’t Know About Epsom Salt. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/7-things-you-probably-didnt-know-about-epsom-salt/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app