Fraktur Ulna Styloid - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.071.007 orang

Anda memiliki dua tulang utama di lengan Anda, yang disebut ulna dan radius. Ulna berjalan di bagian luar pergelangan tangan Anda, sedangkan radius berjalan di sepanjang bagian dalam pergelangan tangan Anda. Ada penonjolan tulang di ujung ulna, di dekat tangan Anda, disebut proses styloid ulnaris.

Penonjolan tulang ini terletak pas dengan tulang rawan sendi pergelangan tangan Anda dan memainkan peran penting dalam kekuatan dan fleksibilitas pergelangan tangan dan lengan Anda. Setiap jenis kerusakan pada penonjolan tulang di daerah tersebut disebut dengan fraktur ulna styloid.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Apa yang menyebabkan Fraktur Ulna Styloid?

Sebagian besar fraktur tangan dan pergelangan tangan biasanya disebabkan oleh  jatuh dengan posisi lengan terentang. Penyebab yang paling sering lainnya termasuk:

  • kecelakaan mobil
  • jatuh dengan benturan yang keras
  • Fraktur styloid ulnaris sering terjadi terkait dengan fraktur radius
  • cedera saat olahraga, terutama yang melibatkan olahraga yang menggunakan bola untuk bisa ditangkap
  • Penuaan adalah penyebab umum lainnya dari fraktur ulna styloid. Pada usia tua, tulang menjadi rapuh dan otot menjadi lemah. Kadang-kadang lansia terlihat jatuh bahkan dalam posisi berdiri dan dampaknya menyebabkan patah pada pergelangan tangan.

Selain itu, seseorang dengan osteoporosis juga dapat meningkatkan risiko patah tulang. Kondisi ini membuat tulang Anda lemah dan rapuh, jadi Anda harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menghindari terjadinya patah tulang.

Tanda dan gejala Fraktur Ulna Styloid

Seperti halnya jenis fraktur apapun, gejala utama fraktur ulna styloid adalah nyeri yang tiba-tiba. Jenis fraktur ini biasanya terjadi bersamaan dengan fraktur radius. Jika fraktur ini terjadi, Anda akan lebih mungkin merasakan sakit di bagian dalam pergelangan tangan daripada di dekat proses styloid ulnaris.

Gejala tambahan termasuk:

  • Nyeri tekan
  • Pembengkakan
  • Memar

Jika terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan di atas, khususnya setelah terjatuh atau terjadi kecelakaan. Segera konsultasikanlah ke dokter tulang terdekat.

Bagaimana cara mencegah terjadinya Fraktur Ulna Styloid?

Fraktur ulna styloid dapat dialami pada siapa saja. Terjadinya fraktur tulang memang sulit untuk diprediksi. Namun terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko terjadinya fraktur ulna styloid. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • Menggunakan pengaman saat melakukan olahraga atau aktivitas berat
  •  Menggunakan sabuk pengaman saat berkendara

Bagaimana cara mengobati Fraktur Ulna Styloid?

Diagnosa

Untuk mendiagnosis seseorang mengalami fraktur ulna styloid biasanya dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan perihal hal-hal yang dapat menguatkan diagnosis tersebut dan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter juga akan menyarankan untuk melakukan foto X-ray untuk melihat kondisi tulang yang mengalami fraktur.

Pengobatan

Mengobati tulang yang patah berarti berusaha untuk mengembalikan tulang ke posisi semula. Hal ini bisa dilakukan baik dengan atau tanpa operasi.

Pengobatan non-bedah

Fraktur styloid ulnaris ringan biasanya hanya membutuhkan gips pada pergelangan tangan. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin harus meluruskan kembali tulang sebelum menambahkan gips pada pergelangan tangan Anda. 

Proses ini disebut reduksi, dan kadang-kadang dapat dilakukan tanpa sayatan (bedah tertutup).

Pengobatan bedah

Untuk fraktur atau patah tulang yang lebih parah, termasuk yang melibatkan tulang lain di dekatnya, Anda kemungkinan akan membutuhkan tindakan pembedahan. Pembedahan ini biasanya melibatkan pembedahan terbuka. 

Dokter Anda akan membuat sayatan di dekat patahan tulang dan menggunakan alat bedah untuk mengatur ulang tulang yang terkena. Kerusakan tulang yang parah mungkin memerlukan alat seperti sekrup atau pin logam untuk menjaga tulang agar tetap di tempat saat tulang tersebut dalam proses penyembuhan.

Saat melakukan pembedahan terbuka, biasanya Anda akan membutuhkan gips yang tahan lama, yang terbuat dari plester atau fiberglass.

Kesimpulan

Fraktur ulna styloid umumnya tidak menyebabkan banyak masalah yang serius. Namun, fraktur ini jarang terjadi sendiri, biasanya fraktur ulna styloid melibatkan fraktur radius. 

Bergantung pada seberapa parah cedera Anda, penyembuhan pada fraktur ulna styloid bisa memakan waktu mulai dari beberapa minggu hingga enam bulan sebelum Anda dapat kembali ke aktivitas dan latihan yang normal sebelumnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit