Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Fontanel Menonjol - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 986.219 orang

Fontanel lebih dikenal sebagai titik lunak pada kepala bayi. Ketika bayi lahir, mereka biasanya memiliki beberapa fontanel di mana tulang tengkorak mereka belum menyatu. Bayi yang baru lahir memiliki fontanel di bagian atas, belakang, dan sisi kepala mereka. 

Biasanya, hanya fontanel anterior, yang ada di atas kepala sisi depan serta dapat dilihat dan dirasakan. Pada beberapa bayi, fontanel posterior, yang ditemukan di bagian belakang kepala, juga dapat dirasakan meskipun ukurannya lebih kecil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Hal penting yang perlu diketahui orang tua ialah untuk memahami seperti apa bentuk fontanel. Titik lunak bayi terasa lunak dan bentuknya melengkung ke dalam.

Perubahan tekstur atau penampilan bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang serius. Orang tua harus memperhatikan setiap adanya perubahan pelunakan yang melengkung di kepala bayi mereka. Ini dikenal sebagai fontanel yang menonjol dan mungkin merupakan tanda pembengkakan otak atau penumpukan cairan di otak.

Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan di dalam tengkorak meningkat dan dapat menyebabkan kerusakan pada otak bayi yang sedang berkembang.

Fontanel yang menonjol merupakan suatu keadaan darurat. Jika anak Anda mengalami gejala seperti ini, segera minta bantuan medis.

Apa Penyebabnya

Beberapa penyebab paling umum pada terjadinya penonjolan fontanel antara lain:

  • ensefalitis, yang merupakan peradangan otak yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri
  • hidrosefalus, yang penumpukan carian otak yang muncul saat lahir atau terjadi karena cedera atau infeksi
  • meningitis, yang merupakan radang otak dan jaringan sumsum tulang belakang yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri
  • ensefalopati hipoksik iskemik, yang merupakan pembengkakan atau kerusakan otak yang terjadi ketika otak bayi Anda kekurangan oksigen dalam waktu yang lama
  • pendarahan intrakranial, atau pendarahan di otak
  • trauma kepala

Penyebab Lainnya antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

  • tumor otak atau abses
  • Penyakit Lyme, yang merupakan infeksi bakteri yang Anda dapatkan dari kutu yang terinfeksi
  • Penyakit Addison, yang merupakan kondisi di mana kelenjar adrenalin Anda tidak membuat hormon yang cukup untuk tubuh Anda berfungsi dengan baik
  • gagal jantung kongestif, yang terjadi ketika darah dan cairan menumpuk di bagian tubuh Anda karena jantung Anda tidak dapat memompa cukup darah
  • leukemia, atau kanker sel darah putih
  • gangguan elektrolit, yaitu ketika kadar zat kimia tertentu dalam darah Anda, seperti natrium dan kalium  tidak seimbang
  • hipertiroidisme, yaitu saat tiroid Anda menghasilkan lebih banyak hormon daripada yang Anda butuhkan
  • penyakit urin maple, yang terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat memecah protein dengan baik
  • anemia, yang merupakan kondisi di mana darah Anda tidak mengandung cukup oksigen

Penanganan Fontanel Menonjol

Ada beberapa faktor yang dapat membuat fontanel tampak menonjol meskipun tidak menunjukkan tanda bahaya. Hal-hal umum yang dilakukan bayi seperti berbaring, muntah, atau menangis dapat disalahartikan karena bayi Anda memiliki fontanel yang menggembung.

Untuk menentukan apakah bayi Anda benar-benar memiliki fontanel yang menonjol, pertama-tama cobalah untuk menenangkan bayi dan kemudian posisikan kepala bayi dalam posisi tegak. Jika fontanel masih menonjol, segera cari bantuan medis. Jangan menunggu untuk membuat janji dengan dokter di rumah sakit.

Dokter  akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang kondisi anak Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik bayi Anda danmengumpulan beberapa informasi dari orang tua seperti

  • Sejak kapan penonjolan ditemukan
  • Apakah konsistensi penonjolan
  • Darimana posisi penonjolan mulai muncul

Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda tentang gejala lain yang telah Anda amati, termasuk sering mengantuk , suhu yang meningkat, atau cepat emosi. Bergantung pada jawaban yang Anda berikan dan gejala lain yang mungkin ada, dokter akan melakukan pemeriksaan seperti MRI atau CT scan, untuk membuat diagnosis.

Lumbar puncture, yang merupakan pengambilan sampel cairan serebrospinal dari tulang belakang bayi Anda untuk memeriksa penyakit dan infeksi pada sistem saraf. Perawatan setiap kondisi ini bergantung pada gejala dan hasil pemeriksaan yang ditemukan.

Mencegah Fontanel Menonjol

Tidak ada cara pasti untuk mencegah fontanel menonjol. Namun, penting bagi orang tua dan pengasuh lainnya untuk mempelajari apabila muncul penonjolan pada kepala bayi dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Apa Yang Dapat Terjadi Jika Fontanel yang menonjol tidak diobati?

Fontanel yang menggembung dapat menjadi tanda beberapa kondisi yang sangat serius. Terdapat tanda bahaya yang dapat timbul akibat tidak ditangani segera. Seperti ensefalitis yang dapat menyebabkan fontanel menonjol dapat menyebabkan kerusakan otak permanen atau bahkan kematian pada kasus yang parah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit