Fisioterapi Bagi Kesehatan, Kapan Diperlukan?

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Jan 20, 2022 Waktu baca: 4 menit
Fisioterapi Bagi Kesehatan, Kapan Diperlukan?

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Fisioterapi adalah perawatan kesehatan yang membantu memulihkan, mempertahankan, serta memaksimalkan fungsi tubuh secara keseluruhan;
  • Fisioterapi dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan yang berhubungan dengan tulang, sendi, jaringan lunak, otak atau sistem saraf, hingga jantung;
  • Manfaat fisioterapi lainnya adalah membantu meringankan rasa sakit, meningkatkan keseimbangan, hingga mempercepat pemulihan pasca stroke;
  • Dapatkan paket fisioterapi dengan promo menarik dan dokter berpengalaman melalui HDmall;
  • Gunakan fitur chat untuk berkonsultasi dengan apoteker kami secara gratis seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Istilah "fisioterapi" dan "terapi fisik" memiliki arti yang sama dan digunakan secara bergantian, seperti halnya istilah "fisioterapis" dan "terapis fisik". Perawatan ini penting untuk orang-orang yang mengalami cedera agar bisa kembali beraktivitas dengan rasa nyeri minimal. Kapan fisioterapi diperlukan? Berikut ulasannya.

Apa itu fisioterapi?

Fisioterapi adalah perawatan kesehatan yang membantu memulihkan, mempertahankan, serta memaksimalkan kekuatan, fungsi, gerakan, dan kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Fisioterapi terdiri dari proses rehabilitasi, serta pencegahan cedera, dan promosi kesehatan dan kebugaran. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Fisioterapis memiliki pengetahuan mendalam tentang cara tubuh bekerja dan memiliki keterampilan klinis khusus untuk menilai, mendiagnosis, dan mengobati gejala penyakit, cedera, dan kecacatan. Fisioterapis sering bekerja dalam tim dengan profesional kesehatan lainnya untuk membantu memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan individu.

Maka itu, cedera tidak boleh sembarangan ditangani supaya tidak malah memperparah kondisi.

Kenapa perlu fisioterapi?

Fisioterapi membantu memulihkan gerakan dan fungsi ketika seseorang terkena cedera, sakit atau cacat. Fisioterapi juga dapat membantu mengurangi risiko cedera atau sakit di masa depan. Setelah itu, dibutuhkan pendekatan holistik yang melibatkan pasien secara langsung dalam perawatan mereka sendiri.

Kapan fisioterapi digunakan?

Fisioterapi dapat meningkatkan aktivitas fisik Anda sambil membantu mencegah cedera lebih lanjut, termasuk mengatasi gangguan kesehatan yang memengaruhi:

  1. Tulang, sendi, dan jaringan lunak, seperti sakit punggung, sakit leher, sakit bahu, dan cedera olahraga;
  2. Otak atau sistem saraf, seperti masalah gerakan akibat stroke, multiple sclerosis (MS) atau penyakit Parkinson;
  3. Jantung dan pembuluh darah, seperti rehabilitasi setelah serangan jantung;
  4. Paru-paru dan pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan fibrosis kistik.

Baca selengkapnya: 10 Gangguan Kesehatan yang Bisa Disembuhkan Dengan Fisioterapi

Manfaat fisioterapi untuk kesehatan 

Selain membantu Anda agar lebih mudah beraktivitas pasca cedera, ada sejumlah manfaat fisioterapi yang bisa didapatkan, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

1. Membantu mengelola rasa sakit

Nyeri kronis bisa menjadi salah satu kondisi yang paling membuat frustrasi, terutama jika tidak diketahui penyebabnya. Kabar baiknya, teknik fisioterapi dan latihan terapi dapat membantu memobilisasi sendi dan jaringan lunak serta mengembalikan fungsi otot, mengurangi rasa sakit, atau bahkan menghilangkan rasa sakit sama sekali. 

2. Membantu mencegah tindakan operasi

Tindakan operasi mungkin terdengar menakutkan bagi sebagian orang. Salah satu solusinya, Anda bisa melakukan terapi fisik untuk menghindarinya. 

Dengan menghilangkan rasa sakit, membantu penyembuhan, dan meningkatkan kesehatan fisik, terapi fisik dapat membantu menyembuhkan jaringan yang terluka dan memfasilitasi mobilitas dengan sendirinya. 

3. Mencegah cedera

Salah satu aspek utama dari terapi fisik adalah menilai area yang lemah dalam tubuh pasien, lalu dan membuat rencana terapi yang membantu memperkuat titik-titik rentan. Dengan mengenali area kelemahan otot, fisioterapis dapat menganalisis seberapa besar kemungkinan seorang pasien akan mengalami cedera. 

Baca juga: 6 Alat Fisioterapi dan Fungsinya Bagi Pemulihan Tubuh

4. Meningkatkan mobilitas dan keseimbangan

Setelah cedera serius atau operasi besar, pasien biasanya mengalami kesulitan untuk kembali berdiri. Hal ini termasuk terbatasnya mobilitas hingga merasa terhambat dalam melakukan kegiatan sederhana seperti menulis, makan, atau sekadar menyeimbangkan tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Keseleo 5 Kali Visit Di NK Health

Keseleo adalah suatu kondisi dimana ligament pada pergelangan kaki robek atau teregang. Masalah yang dialami adalah adanya bengkak pada pergelangan kaki, nyeri, kelemahan otot-otot ankle dan keterbatasan gerak pada pergelangan kaki. Dengan fisioterapi dapat membantu memulihkan pergelangan kaki yang keseleo menggunakan modalitas seperti ultrasound, tens, ice, dan latihan menggunakan elastic band. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi keseleo 5x visit di nk health

Untuk mengatasinya, pasien dianjurkan untuk melakukan latihan terapi guna mengembalikan mobilitas. Selain itu, fisioterapi juga dapat meningkatkan koordinasi dan keseimbangan pada pasien yang berisiko tinggi untuk jatuh. 

5. Membantu mengatasi masalah kesehatan umum

Salah satu keuntungan terapi fisik adalah dapat membantu menangani dan menangani banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia termasuk nyeri sendi, radang sendi, dan osteoporosis. Selain itu, manfaat fisioterapi juga terbukti efektif meningkatkan fungsi kardiovaskular sehingga cocok bagi pasien yang mengalami masalah jantung.

6. Membantu mempercepat pemulihan dari stroke

Setelah mengalai stroke, penderita sering kali kehilangan gerakan parsial. Nah, fisioterapi dapat membantu memperkuat bagian-bagian tubuh Anda guna meningkatkan postur tubuh, keseimbangan, dan kemampuan pasien agar lebih mandiri. 

7. Membantu mengelola penyakit jantung dan paru-paru

Sebagai bagian dari proses pemulihan untuk rehabilitasi jantung dan paru-paru setelah serangan jantung, fisioterapi sering digunakan sebagai bantuan untuk memastikan aktivitas hidup sehari-hari Anda berjalan lancar. Biasanya, hal ini merupakan bagian dari proses rehabilitasi. 

8. Membantu mengelola diabetes dan kelainan  pembuluh darah

Manfaat fisioterapi dapat membantu untuk mengelola diabetes dan kondisi pembuluh darah melalui olahraga. Latihan ini terutama terdiri dari campuran yang tepat dari latihan aerobik dan latihan beban untuk meningkatkan stamina. 

9. Membantu memaksimalkan gerakan

Fisioterapi dapat membantu mengidentifikasi, mendiagnosis, dan mengobati masalah terkait gerakan. Setiap rencana perawatan dirancang khusus untuk setiap tantangan individu dan tujuan hasil. 

Manfaat fisioterapi dapat membantu Anda hidup bebas dari rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup Anda. Bicarakan pada dokter atau terapis mengenai jenis fisioterapi yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, hal ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup Anda selama masa pemulihan.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Physiotherapy - Techniques. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/physiotherapy/how-it-works/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Fisioterapi dan Prosedurnya
Fisioterapi dan Prosedurnya

Fisioterapi membantu meningkatkan rehabilitasi fisik, pencegahan cedera, serta kesehatan dan kebugaran tubuh. Fisioterapis membuat Anda terlibat dalam pemulihan Tubuh Anda sendiri.

Buka di app