Fisioterapi Bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Agu 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Fisioterapi Bagi Kesehatan

Apa itu Fisioterapi?

Fisioterapi adalah profesi perawatan kesehatan yang membantu orang memulihkan, mempertahankan, dan memaksimalkan kekuatan, fungsi, gerakan, dan kesejahteraan tubuhsecara keseluruhan. 

Istilah "fisioterapi" dan "terapi fisik" memiliki arti yang sama dan digunakan secara bergantian, seperti halnya istilah "fisioterapis" dan "terapi fisik".

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Fisioterapis memiliki pengetahuan mendalam tentang cara tubuh bekerja dan memiliki keterampilan klinis khusus untuk menilai, mendiagnosis, dan mengobati gejala penyakit, cedera, dan kecacatan. 

Fisioterapi meliputi rehabilitasi, serta pencegahan cedera, dan promosi kesehatan dan kebugaran. Fisioterapis sering bekerja dalam tim dengan profesional kesehatan lainnya untuk membantu memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan individu.

Mengapa perlu pergi ke Fisioterapi?

Fisioterapi membantu memulihkan gerakan dan fungsi ketika seseorang terkena cedera, sakit atau cacat. Fisioterapi juga dapat membantu mengurangi risiko cedera atau sakit di masa depan.

Dibutuhkan pendekatan holistik yang melibatkan pasien secara langsung dalam perawatan mereka sendiri.

Kapan fisioterapi digunakan?

Fisioterapi dapat membantu orang-orang dari segala usia dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah yang mempengaruhi:

  1. tulang, sendi dan jaringan lunak - seperti sakit punggung, sakit leher, sakit bahu, dan cedera olahraga
  2. otak atau sistem saraf - seperti masalah gerakan akibat stroke, multiple sclerosis (MS) atau penyakit Parkinson
  3. jantung dan pembuluh darah- seperti rehabilitasi setelah serangan jantung
  4. paru-paru dan pernapasan - seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan fibrosis kistik

Fisioterapi dapat meningkatkan aktivitas fisik Anda sambil membantu Anda mencegah cedera lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Manfaat fisioterapi untuk kesehatan 

Membantu mengelola rasa sakit

Nyeri kronis bisa menjadi salah satu kondisi yang paling membuat frustrasi untuk mengalami, terutama jika penyebab yang mendasarinya tidak diketahui. 

Namun, teknik fisioterapi dan latihan terapi dapat membantu memobilisasi sendi dan jaringan lunak serta mengembalikan fungsi otot, mengurangi rasa sakit atau menghilangkan rasa sakit sama sekali. 

Membantu mencegah tindakan operasi

Sementara operasi tidak dapat dihindari dalam beberapa kasus, terapi fisik dapat membantu menghindari operasi untuk orang lain. 

Dengan menghilangkan rasa sakit, membantu penyembuhan, dan meningkatkan kesehatan fisik, terapi fisik dapat membantu menyembuhkan jaringan yang terluka dan memfasilitasi mobilitas dengan sendirinya. 

Mencegah cedera

Salah satu aspek utama dari terapi fisik meliputi menilai area yang lemah dalam tubuh pasien, dan merumuskan rencana Terapi yang membantu memperkuat titik-titik rentan. 

Dengan mengenali area kelemahan otot, fisioterapi dapat menganalisis seberapa besar kemungkinan seorang pasien akan mengalami cedera. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Meningkatkan mobilitas dan keseimbangan

Setelah  cedera serius atau operasi besar, sulit bagi pasien untuk kembali berdiri. Mobilitas dapat dibatasi, dan kegiatan sederhana seperti menulis, makan, atau menyeimbangkan tubuh dapat menjadi tantangan. 

Latihan terapi dapat mengembalikan mobilitas, dan dapat meningkatkan koordinasi dan keseimbangan pada pasien yang berisiko tinggi untuk jatuh. 

Membantu mengatasi masalah kesehatan umum

Salah satu keuntungan terapi fisik yang kurang jelas adalah terapi ini membantu menangani dan menangani banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia termasuk nyeri sendi, radang sendi, dan osteoporosis

Manfaat terapi fisik juga terbukti efektif untuk pasien yang menderita masalah jantung, karena meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Membantu Anda pulih dari stroke

Seringkali kehilangan gerakan parsial setelah stroke terjadi. FIsioterapi dapat membantu memperkuat bagian-bagian tubuh Anda untuk membantu meningkatkan postur tubuh, keseimbangan dan juga membantu kemampuan pasien untuk lebih mandiri. 

Membantu mengelola penyakit jantung dan paru-paru

Sebagai bagian dari proses pemulihan untuk rehabilitasi jantung dan paru-paru setelah serangan jantung, fisioterapi sering digunakan sebagai bantuan untuk memastikan aktivitas hidup sehari-hari Anda berfungsi dengan baik. 

Biasanya ini adalah bagian dari proses rehabilitasi secara keseluruhan, tetapi kadang-kadang Anda mungkin perlu mencari bantuan seorang ahli terapi fisik sendiri.

Membantu mengelola diabetes dan kelainan  pembuluh darah

Fisioterapi dapat membantu untuk mengelola diabetes dan kondisi pembuluh darah. Terapis dapat membantu mengelola gula darah Anda melalui olahraga. Latihan ini terutama terdiri dari campuran yang tepat dari latihan aerobik dan latihan beban untuk meningkatkan stamina. 

Membantu memaksimalkan gerakan Anda

Fisioterapi membantu mengidentifikasi, mendiagnosis, dan mengobati masalah terkait gerakan. Setiap rencana perawatan dirancang khusus untuk setiap tantangan individu dan tujuan hasil. 

Manfaat terapi dapat membantu Anda hidup bebas dari rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup Anda. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Physiotherapy - Techniques. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/physiotherapy/how-it-works/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app