Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Filgrastim: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 4, 2019 Tinjau pada DEC 4, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.489.614 orang

Neutrofil adalah salah satu jenis sel darah putih (sel darah putih atau granulosit) yang melindungi kita dari infeksi, di antara fungsi-fungsi lainnya. 

Mereka membentuk sekitar 40% hingga 60% dari sel darah putih dalam tubuh kita, dan merupakan sel pertama yang bereaksi ketika tubuh Anda mengalami infeksi bakteri.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Jumlah neutrofil normal (absolut) adalah antara 2.500 dan 7.500 neutrofil per mikroliter darah. Jumlah neutrofil mungkin dapat meningkat dengan infeksi, karena peningkatan produksi di sumsum tulang seperti leukemia, atau karena stres fisik atau emosional. 

Jumlah neutrofil juga dapat menurun yang bisa menjadi tanda terjadinya sesuatu penyakit, seperti pada kondisi seperti Leukemia, HIV / AIDS, kondisi setelah kemoterapi atau keracunan radiasi, atau penyebab yang tidak diketahui lainnya.

Mengenai Filgrastim

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Larutan injeksi, larutan suntikan 

Kandungan:

Golongan faktor stimulasi koloni granulosit)

Apa saja kegunaan Filgrastim?

Filgrastim, yang dijual dengan merek dagang Neupogen. Filgrastim adalah obat yang digunakan untuk mengobati penurunan kadar neutrofil dalam darah.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

 Obat ini digunakan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi pada orang yang memiliki jenis kanker tertentu dan menjalankan pengobatan kemoterapi yang dapat menurunkan jumlah neutrofil.

Filgrastim juga dapat digunakan pada orang yang menjalani transplantasi sumsum tulang, pada orang yang memiliki neutropenia kronis yang parah (kondisi di mana terdapat jumlah neutrofil yang rendah dalam darah), dan untuk mempersiapkan darah untuk menjalani prosedur leukapheresis (suatu prosedur perawatan pada sel-sel darah yang mana sel-sel darah dikeluarkan dari tubuh dan kemudian dikembalikan ke tubuh setelah kemoterapi).

Filgrastim juga digunakan untuk meningkatkan peluang bertahan hidup pada orang yang telah terpapar radiasi berbahaya, yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada sumsum tulang Anda dan mengancam jiwa.

Filgrastim juga kadang-kadang digunakan untuk mengobati beberapa jenis sindrom myelodysplastic (sekelompok kondisi di mana sumsum tulang menghasilkan sel-sel darah yang cacat dan tidak menghasilkan sel-sel darah yang cukup sehat) dan leukemia myeloid akut (kanker sel-sel darah putih).

Selain itu, Filgrastim dapat mengurangi kemungkinan infeksi pada orang yang menderita human immunodeficiency virus (HIV) atau orang yang menggunakan obat tertentu yang mengurangi jumlah neutrofil. Penggunaan obat ini mungkin dapat dilakukan selain dari indikasi yang terdaftar di atas.

Bagaimana dosis dan penggunaan obat ini?

Filgrastim tersedia dalam bentuk:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Larutan, Injeksi: 300 mcg/mL, 480 mcg/1.6 mL
  • Larutan, Injeksi [bebas pengawet]: 300 mcg/0,5 mL, 480 mcg/0.8 mL
  • Larutan suntikan prefilled, subkutan: 300 mcg/0,5 mL, 480 mcg/0.8 mL

Informasi berikut hanya digunakan sebagai edukasi bukanlah pengganti saran medis. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Dosis Filgrastim untuk orang dewasa:

Dosis untuk mengatasi neutropenia akibat pengobatan kemoterapi:

  • Dosis awal: 5 mcg/kg/hari sebagai injeksi bolus harian subkutan tunggal, atau infus intravena singkat (15-30 menit) atau dengan subkutan kontinue atau infus intravena
  • Dosis pemeliharaan: Pada fase 3 percobaan, kemanjuran diamati pada dosis 4-8 mcg/kg/hari
  • Durasi terapi: Hingga 2 minggu, sampai jumlah neutrofil absolut mencapai 10.000/mm3

Dosis untuk Neutropenia:

Neutropenia kongenital:

  • Dosis awal: 6 mcg/kg subkutan dua kali sehari
  • Dosis rata-rata: 6 mcg/kg/hari
  • Dosis maksimum: dosis pada kasus yang jarang, pasien memerlukan lebih besar dari 100 mcg/kg/hari

Neutropenia idiopatik atau siklik: 

  • Dosis awal: 5 mcg/kg subkutan sekali sehari
  • Dosis rata-rata:
    Neutropenia siklik: 2.1 mcg/kg/hari
    Neutropenia idiopatik: 1,2 mcg/kg/hari

Dosis Filgrastim Untuk anak-anak:

Dosis anak-anak untuk mengatasi Neutropenia
Sama dengan dosis pada orang dewasa

  • Dosis anak-anak untuk neutropenia yang berhubungan dengan kemoterapi
    Dosis awal: 5 mcg/kg/hari sebagai  injeksi bolus harian subkutan tunggal, atau infus intravena singkat (15-30 menit) atau dengan subkutan kontinu atau infus intravena
  • Dosis pemeliharaan: Pada fase 3 percobaan, kemanjuran diamati pada dosis 4-8 mcg/kg/hari
  • Durasi terapi: Hingga 2 minggu, sampai jumlah neutrofil absolut mencapai 10.000/mm3

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat ini?

Efek samping yang paling sering muncul adalah nyeri tulang ringan setelah pemberian jangka panjang, dan reaksi kulit di tempat injeksi

Efek samping lain yang diamati termasuk reaksi alergi yang serius (seperti muncul ruam di seluruh tubuh,  sesak napas, pusing, pembengkakan di sekitar mulut atau mata, denyut nadi cepat, dan berkeringat), pecah limpa (kadang-kadang mengakibatkan kematian) pendarahan alveolar (struktur di dalam paru-paru), sindrom gangguan pernapasan akut, dan hemoptisis (batuk darah). 

Krisis sel sabit (kondisi dimana sel darah merah tidak berbentuk normal) yang parah, dalam beberapa kasus mengakibatkan kematian.

Filgrastim belum diteliti pada wanita hamil dan efeknya pada janin tidak diketahui. Jika menggunakan filgrastim saat hamil, ada kemungkinan bahwa obat dapat ditemukan dalam darah bayi. Tidak diketahui apakah obat itu bisa masuk ke dalam ASI atau tidak.

Interaksi dengan produk obat lain dan bentuk interaksi lainnya

Penggunaan Neupogen tidak direkomendasikan dalam periode dari 24 jam sebelum hingga 24 jam setelah kemoterapi. Bukti awal dari sejumlah kecil pasien yang diobati secara bersamaan dengan Filgrastim dan 5-Fluorouracil menunjukkan bahwa tingkat keparahan neutropenia dapat memburuk.

Kemungkinan interaksi dengan faktor pertumbuhan hematopoietik (komponen darah) lainnya dan sitokin belum diselidiki dalam uji klinis. 

Perhatian

  • Beritahukan dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap filgrastim, pegfilgrastim, obat yang terbuat dari bakteri E. coli, atau obat lain.
  • Beritahukan dokter tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang  sedang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan.
  • Beritahukan dokter apabila Anda sedang dirawat dengan terapi radiasi atau jika Anda telah atau pernah memiliki leukemia myeloid kronis, gangguan sel sumsum tulang atau pembesaran limpa.
  • Beritahukan dokter jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini