Ferric Hydroxide Sucrose Complex: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 17, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 953.984 orang

Anemia adalah suatu kondisi di mana tubuh memiliki lebih sedikit sel darah merah dibanding jumlah normalnya. Sel darah merah membawa oksigen ke jaringan dan organ di seluruh tubuh dan memungkinkan sel tersebut untuk menggunakan energi dari makanan. 

Dengan adanya anemia, sel darah merah membawa lebih sedikit oksigen ke jaringan dan organ terutama jantung dan otak, oleh karena itu jaringan serta organ tersebut mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Anemia umumnya terjadi pada orang dengan penyakit ginjal kronis (CKD) dimana hilangnya fungsi ginjal yang permanen atau sebagian. Anemia mungkin mulai berkembang pada tahap awal penyakit ginjal kronis, ketika seseorang memiliki 20 hingga 50 persen fungsi ginjal normal. 

Anemia cenderung memburuk saat penyakit ginjal kronis berkembang. Kebanyakan orang yang kehilangan fungsi ginjal, atau gagal ginjal, menderita anemia.

Nah, pada artikel ini akan membahas salah satu pengobatan yang dapat digunakan untuk mengatasi anemia pada penyakit ginjal kronis. Obat tersebut yaitu Ferric Hydroxide Sucrose Complex. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai obat tersebut. Selamat membaca.

Apa sih obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex itu?

Obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex digunakan sebagai sumber zat besi pada pasien dengan anemia defisiensi besi yang disertai dengan penyakit ginjal kronis (CKD). Pemberian obat ini termasuk untuk pasien yang menjalani cuci darah (hemodialisis atau peritoneal) dan pasien yang tidak memerlukan cuci darah. Ovat ini berfungsi untuk mengisi kembali cadangan zat besi tubuh pada pasien dengan kekurangan zat besi.

Berapa pemberian dosis obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex?

Obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex hanya boleh diberikan secara intravena dengan injeksi lambat atau infus. Dosis obat setiap mililiter mengandung 20 mg zat besi. Berikut pemberian dosis yang biasa diberikan:

Penyakit Ginjal Kronik yang Bergantung pada Hemodialisis:

  1. Dosis: 100 mg (5 mL) diberikan 1-3 kali / minggu;
  2. Injeksi IV Lambat: Sukrosa besi dapat diberikan tanpa dilarutkan dengan injeksi IV lambat ke saluran dialisis selama 2-5 menit.
  3. Infus: Sukrosa besi dapat diberikan melalui infus, setiap 5 mL sukrosa besi diencerkan secara eksklusif dalam maksimum 100 mL NaCl 0,9%, segera sebelum infus. Solusinya harus diinfuskan dengan laju 100 mg zat besi selama setidaknya 15 menit. Larutan encer yang tidak digunakan harus dibuang.

Penyakit Ginjal Kronik yang Tidak Bergantung pada Dialisis

Sukrosa besi diberikan sebagai dosis kumulatif total 1000 mg selama periode 14 hari sebagai injeksi IV 200 mg lambat yang diencerkan selama 2-5 menit pada 5 kesempatan berbeda dalam periode 14 hari . 

Ada pengalaman yang terbatas dengan pemberian infus 500 mg sukrosa besi, diencerkan dalam maksimum 250 mL NaCl 0,9%, selama periode 3,5 -4 jam pada hari 1 dan 14.

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengkonsumsi obat.

Kontra-indikasi dari obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex

  • Pasien dengan bukti kelebihan zat besi.
  • Pasien dengan hipersensitivitas terhadap sukrosa besi atau komponen tidak aktifnya.
  • Pasien dengan anemia yang tidak disebabkan oleh kekurangan zat besi.

Apa saja efek samping dari obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex?

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama.

Seperti halnya dalam penggunaan obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Hipotensi
  • Nyeri dada
  • Hipertensi
  • Herperemia
  • Gagal jantung
  • Nyeri muskuloskeletal
  • Diare
  • Mual, Muntah
  • Nyeri perut
  • Enzim hati yang meningkat
  • Iritasi kulit
  • Pusing
  • Dispnea
  • Batuk
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Rasa lemas

Jika setelah mengkonsumsi obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex?

  • Hindari penggunaan obat ini untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex atau riwayat alergi obat-obatan lainnya.
  • Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex.
  • Terapi berlebihan dengan besi parenteral dapat menyebabkan penyimpanan besi yang berlebih dengan kemungkinan hemosiderosis iatrogenik. Semua pasien dewasa dan anak-anak yang menerima obat ini memerlukan pemantauan berkala parameter hematologi dan besi (hemoglobin, hematokrit, serum ferritin, dan saturasi transferrin). Jangan berikan obat ini kepada pasien dengan bukti kelebihan zat besi.
  • Hati-hati pemberian obat ini pada ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan kembali ke dokter mengenai keamanan dan resiko penggunaan obat ini pada kondisi tersebut.
  • Obat ini tidak direkomendasikan untuk anak-anak
  • Obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex dapat menyebabkan hipotensi yang signifikan secara klinis. Pantau adanya tanda dan gejala hipotensi setelah pemberian obat ini. Hipotensi setelah pemberian obat Ferric Hydroxide Sucrose Complex mungkin terkait dengan tingkat pemberian dan / atau dosis total yang diberikan.
  • Jika setelah menggunakan obat ini tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan terhadap kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit