Faktor Pemicu Munculnya Migrain

Migren biasanya lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, orang yang memiliki riwayat keluarga menderita migren juga berpotensi terkena migren juga. Sebenarnya, penyebab pasti munculnya migren atau sakit kepala sebelah memang belum diketahui. Namun, beberapa faktor berikut ini diyakini dapat memicu munculnya migren.
Dipublish tanggal: Jul 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 28, 2019 Waktu baca: 2 menit
Faktor Pemicu Munculnya Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan jenis penyakit yang sering dialami oleh semua orang. Migrain biasanya disebabkan oleh penurunan kadar sirotonin dalam otak, sehingga menyebabkan salah satu saraf otak melepaskan zat kimia dan menimbulkan rasa nyeri. 

Namun, penyebab utama munculnya migrain belum dapat diketahui pasti. Untuk mengetahui penyebab munculnya migrain, simak pemaparan berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Faktor pemicu migrain

Migrain biasanya lebih sering dialami oleh wanita dibandingkan pria. Selain itu, orang yang memiliki riwayat keluarga menderita migrain juga berpotensi terkena migrain juga. Sebenarnya, penyebab pasti munculnya migren atau sakit kepala sebelah memang belum diketahui. 

Namun, beberapa faktor berikut ini diyakini dapat memicu munculnya migrain.

  • Perubahan hormon. Fluktuasi atau penurunan hormon estrogen pada wanita diyakini dapat menyebabkan munculnya migren. Migrain yang disebabkan karena perubahan hormon estrogen dapat terjadi sebelum dan selama menstruasi, selama kehamilan, dan menopause.
  • Pola makan dan minum. Mengonsumsi makanan yang asin dan mengandung penambahan rasa asin atau manis seperti MSG dan aspartam juga dapat memicu munculnya migrain. Selain itu, migrain juga dapat disebabkan karena kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan kafein.
  • Faktor emosi. Salah satu penyebab munculnya migren adalah emosi. Kondisi emosi yang terlalu bahagia, terlalu sedih hingga depresi, stress, ataupun gelisah dapat memicu munculnya migren.
  • Faktor lingkungan. Jenis lingkungan yang dapat memicu migrain antara lain lingkungan yang berbau asap rokok dan menghasilkan suara yang bising.
  • Faktor fisik. Kondisi fisik, seperti kelelahan, kurang tidur, postur yang buruk, ataupun kadar gula rendah merupakan faktor yang dapat memicu migrain.
  • Efek samping obat. Mengonsumsi pil KB dan melakukan terapi hormon juga memiliki efek samping dapat menyebabkan migrain.

Makanan penyebab migrain

Apakah Anda pernah mengalami migren setelah mengonsumsi makanan? Ternyata ada beberapa makanan yang dapat berisiko memunculkan migrain. Berikut beberapa makanan yang terbukti dapat merangsang terjadinya migrain.

Pisang

Pisang merupakan jenis buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, pisang mengandung senyawa tyramin yang dapat memicu munculnya migren dan sakit kepala. Jika Anda memiliki riwayat migren, sebaiknya hindari mengonsumsi pisang.

Es krim

Es krim merupakan salah satu jenis makanan yang merangsang munculnya migren. Bagi Anda yang memiliki riwayat terkena migren, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi es krim berlebihan selama sehari.

Kopi

Kopi merupakan minuman yang biasanya dikonsumsi untuk menghilangkan ngantuk. Selain untuk menghilangkan ngantuk, mengonsumsi kopi juga dapat meningkatkan konsentrasi dan semangat saat beraktivitas. 

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Namun, mengonsumsi kopi terus menerus dapat menyebabkan kecanduan, sehingga akan mudah mengalami migren. Jika sudah kecanduan kopi, Anda akan mudah merasa pusing, cemas, dan sulit berkonsentrasi jika tidak meminum kopi.

Red wine

Dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh dapat menyebabkan migren. Minum red wine dapat menyebabkan tubuh dekidrasi, sehingga dapat meningkatkan risiko munculnya migren. Selain itu, red wine juga mengandung tyramine dan tanin yang dapat memicu terjadinya migren.

Dark cokelat

Dark cokelat mengandung kafein, sehingga dapat menyebabkan migren. Sebaiknya hindari mengonsumsi dark cokelat pada pagi hari, supaya tidak mengganggu aktivitas pekerjaan Anda.

Keju

Keju juga mengandung senyawa tyramine yang dapat memicu munculnya migren dan sakit kepala. Bagi Anda yang memiliki riwayat migren dan  ingin mengonsumsi keju, sebaiknya perhatikan kondisi badan. Jika kondisi badan penat dan tidak sehat, sebaiknya hindari memakan keju.

44 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA approves new treatment for patients with migraine. U.S. Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-approves-new-treatment-adults-migraine.
FDA approves new treatment for patients with migraine. U.S. Food and Drug Administration. https://www.fda.gov/news-events/press-announcements/fda-approves-new-treatment-patients-migraine.
Riggin EA. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. March 30, 2019.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app