Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Eptifibatide : Manfaat,Efek Samping,dan Dosis

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Jun 30, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 919.017 orang

Saat seseorang mengalami stroke, pasti kebanyakan orang akan berpikir bahwa cholesterol lah satu-satunya penyebab utama terjadinya penyempitan pembuluh darah. Tetapi sebenarnya cholesterol bergabung dengan komponen darah yang dikenal dengan faktor pembekuan darah seperti trombosit.

Trombosit bekerja dengan cara menempel satu sama lain kemudian membentuk ikatan yang kuat, sehingga membentuk plak yang menghalangi saluran pada pembuluh darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Obat Eptifibatide membantu mencegah trombosit dalam darah Anda saling menempel dan membentuk gumpalan darah. Gumpalan darah yang tidak diinginkan dapat terjadi jika Anda mengalami kondisi jantung atau pembuluh darah tertentu.

Eptifibatide digunakan untuk mengatasi penyakit jantung koroner dan digunakan untuk menjalani prosedur yang disebut angioplasty (prosedur yang dilakukan untuk membuka arteri yang tersumbat). 

Eptifibatide mungkin juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan ini.

Mengenai Eptifibatide

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Solusi IV

Kandungan:

Obat pencegah pembeku darah

Bagaimana dosis dan penggunaan obat ini?

Produk ini hanya digunakan untuk penggunaan di rumah sakit. Obat ini harus diberikan oleh dokter spesialis yang berpengalaman dalam mengatasi penyakit jantung koroner. Informasi berikut hanya bertujuan untuk edukasi, jangan gunakan informasi di bawah sebagai pengganti petunjuk dokter.

  • Sindrom Koroner Akut
    180 mcg / kg IV bolus selama 1-2 menit, kemudian 2 mcg / kg / menit IV hingga 72 jam
  • Intervensi Koroner Perkutan/ (pemasangan stent untuk melebarkan pembuluh darah)
    180 mcg / kg IV kemudian diulang setelah 10 menit, kemudian Infus secara kontinu 2 mcg / kg / mnt . Lanjutkan infus setidaknya selama 12 jam

Penyesuaian dosis harus diberikan jika Anda mengalami gangguan ginjal. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda ingin menjalani perawatan dengan menggunakan obat ini.

Efek Samping apa yang dapat ditimbulkan dari penggunaan Eptifibatide?

Segera dapatkan bantuan medis jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi seperti gatal-gatal; kesulitan bernafas; pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan Anda.

  • Efek samping yang lain seperti:
  • Perasaan pusing, seperti Anda mungkin pingsan
  • Reaksi perdarahan yang tidak berhenti
  • Urin berwarna merah atau merah muda
  • Tanda-tanda pendarahan lambung - BAB berdarah atau lembab, batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi
  • Risiko perdarahan mungkin lebih tinggi pada orang tua

Daftar efek samping ini bukanlah daftar efek samping yang lengkap. Efek samping yang lain mungkin terjadi. Hubungi dokter Anda untuk mendapatkan nasihat medis tentang efek samping lain yang mungkin terjadi.

Apakah Eptifibatide dapat digunakan bersamaan dengan obat lain?

Tanyakan kepada dokter Anda sebelum mengambil obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) untuk mengatasi rasa sakit, radang sendi, demam, atau pembengkakan

Contoh obat NSAID adalah aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), dan lainnya. Menggunakan NSAID dengan eptifibatide dapat menyebabkan Anda mudah memar atau berdarah.

Beri tahu dokter Anda tentang semua obat Anda saat ini dan apa pun yang Anda akan gunakan atau baru Anda hentikan penggunaannya, terutama:

NSAID (obat antiinflamasi nonsteroid)
aspirin, ibuprofen (Advil, Motrin), naproxen (Aleve), celecoxib, diklofenak, indometasin, meloxicam, dan lain-lain; pengencer darah - warfarin, Coumadin, Jantoven; atau

Obat-obatan lain untuk mengobati atau mencegah pembekuan darah
Plavix, Pradaxa, Xarelto, Ticlid, dan lain-lain.

Daftar ini bukan daftar lengkap. Obat-obatan lain dapat berinteraksi dengan eptifibatide, termasuk obat yang diresepkan dokter dan obat-obatan yang dapat dibeli bebas, vitamin, dan produk herbal.

Perhatian 

Anda tidak boleh menggunakan Eptifibatide jika Anda juga sedang menggunakan obat-obatan serupa seperti abciximab (ReoPro) atau tirofiban (Aggrastat).

Anda tidak boleh menggunakan Eptifibatide jika: Anda memiliki tekanan darah tinggi yang parah atau tidak terkendali; Anda menjalani prosedur cuci darah karena gagal ginjal; Anda memiliki gangguan pendarahan atau pembekuan darah; Anda mengalami stroke atau pendarahan dalam 30 hari terakhir; Anda baru saja menjalani operasi apapun, cedera, atau mengalami kondisi apapun yang mengancam nyawa

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil selama menjalani perawatan dengan eptifibatide dan aspirin. Eptifibatide diperkirakan tidak berbahaya bagi bayi yang belum lahir. 

Namun, aspirin kadang diberikan dengan eptifibatide, dan aspirin dapat menyebabkan perdarahan saat diminum selama 3 bulan terakhir kehamilan. Aspirin juga dapat menyebabkan efek samping pada bayi yang baru lahir

Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil selama perawatan menggunakan obat ini.

Tidak diketahui apakah eptifibatide masuk ke dalam ASI atau apakah itu dapat membahayakan bayi yang menyusu. Beri tahu dokter Anda jika Anda menyusui bayi.

Hindari aktivitas yang dapat meningkatkan risiko pendarahan atau cedera. Gunakan perawatan ekstra untuk mencegah pendarahan saat bercukur atau menyikat gigi.


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp