Zhi Mu: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Zhi mu (Anemarrhena) merupakan tanaman hias kecil asli daerah Cina utara. Tanaman dari anggota keluarga bunga lily tersebut merupakan tanaman hias, dengan daun dan cabang seperti rumput dan bunga-bunga berbau harum yang terbuka di malam hari. Akar dari tanaman tersebut biasanya digunakan secara medis, dan sering dikeringkan untuk digunakan dalam ramuan.

Anemarrhena telah digunakan sebagai pokok pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Secara internal, tanaman tersebut biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sedangkan secara eksternal, zhi mu biasanya digunakan sebagai bagian dari obat kumur untuk mengobati bisul atau luka di mulut. Ekstrak tanaman Zhi mu (Anemarrhena) mengandung senyawa yang disebut saponin yang secara efektif dapat digunakan untuk mengobati nyeri punggung bawah.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Dalam pengobatan Tiongkok tradisional, zhi mu biasanya dapat membersihkan panas, memelihara yin dan meredakan ketegangan. Zhi mu juga terkadang dicampur dengan herbal lain, seperti phellodendron, scrophularia dan foxglove Cina.

Manfaat Zhi Mu (Anemarrhena Rhizome)

Akar dari tanaman zhi mu biasanya digunakan sebagai pengobatan antijamur, antiseptik, anti-inflamasi, antimikroba, antiplatelet, antidiabetik, antikanker, diuretik, ekspektoran, obat penurun panas, obat hipoglikemik, pencahar, sedatif dan tonik.

Zhi mu memiliki manfaat sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan Bacillus dysenteriae, B. typhi, B. paratyphi, Proteus dan Pseudomonas. Jika dikonsumsi secara oral zhi mu dapat digunakan untuk mengobati demam tinggi pada penyakit menular, TB, bronkitis kronis, diabetes dan masalah berkemih.

Zhi mu tidak boleh diberikan kepada pasien dengan diare dan harus diberikan dengan hati-hati karena ketika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Secara eksternal, zhi mu dapat digunakan sebagai obat kumur dalam pengobatan borok. Akar tanaman zhi mu biasanya dipanen pada musim gugur dan dikeringkan untuk digunakan sebagai suplemen herbal.

Dosis Zhi Mu (Anemarrhena Rhizome)

Zhi mu tersedia dengan bentuk sediaan ekstrak herbal, kapsul, dan teh. Produsen menyarankan untuk menggunakan tiga hingga enam kapsul 500 mg selama dua hingga tiga kali sehari sebagai hebal teh.

Dosis zhi mu yang khas lainnya adalah antara 6-12 gram ekstrak akar kering yang digunakan dalam air sebagai ramuan. Pastikan untuk berkonsultasi dengan praktisi pengobatan Tiongkok yang memenuhi syarat untuk informasi tentang dosis yang sesuai dan kemungkinan interaksi obat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Efek Samping Zhi Mu (Anemarrhena Rhizome)

Zhi mu tidak boleh digunakan oleh orang yang mengalami diare atau, dalam pengobatan tradisional Cina, dan defisiensi limpa. Dosis besar dari herbal zhi mu dilaporkan memiliki sifat beracun dan dapat menghambat kerja jantung. Jumlah yang berlebih dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara tiba-tiba. Pastikan untuk berkonsultasi dengan praktisi pengobatan Tiongkok yang berkualitas sebelum meminum zhi mu (anemarrhena) atau obat-obatan herbal lainnya.

Kontraindikasi

Hindari penggunaan pada orang dengan reaksi alergi atau hipersensitivitas terhadap Anemarrhena atau komponen lainnya.

Interaksi Zhi Mu (Anemarrhena Rhizome) dengan Obat Lain

Sampai saat ini tidak masih diketahui secara pasti interaksi tanaman zhi mu dengan penggunaan obat-obatan lain. Namun sebelum mengkonsumsi suplemen zhi mu sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan lain. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya interaksi yang tidak diinginkan.

Perhatian

  • Kehamilan dan menyusui: Tidak ada informasi yang cukup dapat diandalkan tentang keamanan mengkonsumsi herbal zhi mu pada saat hamil atau menyusui. Namun agar lebih aman sebaiknya jangan mengkonsumsi suplemen zhi mu kecuali terdapat saran dan anjuran dari dokter.
  • Hindari penggunaan suplemen zhi mu jika Anda memiliki alergi terhadap tanaman tersebut atau terhadap suplemen lainnya.

Sebelum Anda menggunakan suplemen zhi mu ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau praktisi pengobatan Tiongkok yang berkualitas lainnya mengenai manfaat dan efek samping penggunaan dari tanaman herbal tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi dari penggunaannya.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Guo, Qiuyan & Mao, Xia & Zhang, Yanqiong & Meng, Shuqin & Xi, Yue & Ding, Yi & Zhang, Xiaocun & Dai, Yuntao & Liu, Xia & Wang, Chao & Li, Yuting & Lin, Na. (2016). Guizhi-Shaoyao-Zhimu decoction attenuates rheumatoid arthritis partially by reversing inflammation-immune system imbalance. Journal of Translational Medicine. 14. 10.1186/s12967-016-0921-x. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/303871257_Guizhi-Shaoyao-Zhimu_decoction_attenuates_rheumatoid_arthritis_partially_by_reversing_inflammation-immune_system_imbalance)
Zhi Mu Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/zhi-mu.html)
Identifying the active components of Baihe–Zhimu decoction that ameliorate depressive disease by an effective integrated strategy: a systemic pharmacokinetics study combined with classical depression model tests. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6757420/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app