Purslane: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Portulaca oleracea ssp. Sativa atau purslane adalah sayuran yang biasa banyak digunakan sebagai ramuan herbal. Purslane mungkin berasal dari India dan Pakistan, di mana tanaman itu masih tumbuh liar dan dikonsumsi selama ribuan tahun.

Di Eropa, purslane telah dibudidayakan selama ratusan tahun, dan pada tahun 1500-an dan banyak digunakan untuk konsumsi manusia. Purslane dibawa ke Amerika oleh orang-orang Eropa. Saat ini tanaman tersebut tumbuh sebagai gulma di bagian yang lebih hangat di Eropa Tengah dan Selatan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Purslane mudah dibudidayakan. Tanaman ini tumbuh paling baik di tanah dengan daerah yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Penting untuk menjaga kelembaban tanah untuk memastikan bahwa tanaman ini dapat tumbuh subur.

Manfaat Purslane

Memiliki julukan sebagai "makanan super", purslane memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral. Tanaman ini memiliki sifat antibakteri, antiscorbutic (mengobati sariawan), depuratif (detoksifikasi dan pemurnian), diuretik (meningkatkan jumlah air pengeluaran air dari dalam tubuh), dan obat penurun panas (mengurangi demam).

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan tambahan yang dapat Anda dapatkan dari penggunaan purslane:

  • Daunnya mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi.
    Asam lemak omega-3 bertanggung jawab untuk membantu mencegah terjadinya kolesterol tinggi dan menurunkan tekanan darah tinggi. Lemak omega-3 juga berperan dalam menurunkan risiko terkena penyakit jantung dengan mengurangi peradangan, dan juga membantu mengelola fungsi kognitif serta pertumbuhan dan perkembangan secara normal.
  • Mengandung seng, fosfor, mangan, tembaga, dan kalsium.
    Seng bertanggung jawab untuk menjaga dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan juga bertanggung jawab untuk memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Fosfor dan kalsium bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Sumber vitamin A.
    Purslane memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah tertinggi dalam sayuran berdaun. Vitamin A sangat penting untuk perbaikan dan pemeliharaan kesehatan mata, dan juga penting untuk pertumbuhan tulang dan sel.
  • Rendah kalori.
    Purslane hanya mengandung 16 kalori per 100 gram. Sehingga sangat baik bagi orang-orang yang mencoba untuk membatasi asupan kalori. Tanaman ini juga mengandung serat makanan, yang berkontribusi pada rasa kenyang setelah setiap kali makan, sehingga dapat membantu seseorang dalam membatasi asupan makanan dan membantu penurunan berat badan.

Purslane juga dapat digunakan dengan berbagai penyakit. Purslane dapat digunakan untuk mengurangi sakit kepala, demam,batuk kering,sesak nafas, sakit gigi dan peradangan.

Dosis Purslane

100 g daun purslane segar menghasilkan sekitar 300 hingga 400 mg asam alfa linolenat. Teks Pengobatan Tradisional Cina telah melaporkan penggunaan purslane dengan dosis 9 hingga 15 g untuk mengobati demam, disentri, diare, karbunkel, eksim, dan hematochezia; dosis dapat digunakan hingga 30g / hari.

Studi klinis terbatas tersedia untuk memberikan pedoman dosis; Namun, dosis berikut telah digunakan:

  • Bronkodilator: satu studi klinis menggunakan 0,25 mL / kg berat badan ekstrak 5%.
  • Diabetes tipe 2: 5  biji bubuk purslane dapat digunakan dua kali sehari selama 8 minggu.
  • Hyperlipidemia : Biji purslane dapat digunakan sebanyak 500 mg dua kali sehari selama 1 bulan untuk meningkatkan kolesterol LDL dan trigliserida pada remaja yang kelebihan berat badan.
  • Lichen planus oral: 235 mg / hari ekstrak etanol purslane.
  • Perdarahan uterus abnormal: Biji bubuk dengan dosis 5g setiap 4 jam selama 3 hari.

Efek Samping Purslane

Studi klinis terbatas; Hingga saat ini tidak ada efek samping yang penting secara klinis yang telah dilaporkan terkait dengan penggunaan Purslane. Referensi yang lebih lama menunjukkan peningkatan tingkat penyaringan ginjal dan peningkatan produksi urin, tetapi hal ini belum dievaluasi lebih lanjut.

Interaksi Purslane

Hingga saat ini tidak ada laporan mengenai interaksi penggunaan purslane dengan obat-obatan. Gunakan segala macam produk herbal sesuai dengan petunjuk pada kemasan dan bila perlu konsultasikan dengan dokter Anda terkait penggunaan suplemen herbal dalam jumlah yang banyak dengan jangka waktu yang panjang.

Perhatian

Kehamilan dan menyusui: Tidak cukup diketahui mengenai efek penggunaan Purslane dalam jumlah obat selama kehamilan dan menyusui. Dianjurkan bagi wanita hamil untuk mengkonsumsi Purslane dalam jumlah normal seperti yang terdapat di dalam makanan.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Purslane Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/purslane.html)
Purslane Weed (Portulaca oleracea): A Prospective Plant Source of Nutrition, Omega-3 Fatty Acid, and Antioxidant Attributes. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3934766/)
Purslane - A Tasty "Weed" That is Loaded With Nutrients. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/purslane)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app