HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Dampak Karang Gigi bagi Kesehatan Mulut

Dipublish tanggal: Agu 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Dampak Karang Gigi bagi Kesehatan Mulut

Salah satu masalah gigi yang banyak terjadi adalah karang gigi, sebuah keadaan dimana gigi terlapisi semacam kotoran. Kalau karang gigi sudah terbentuk akan sangat sulit untuk dibersihkan walaupun sudah menyikat gigi berulang kali. 

Penyebab karang gigi yang paling utama adalah sisa makanan yang pada gigi akibat menyikat gigi tidak bersih akhirnya membentuk plak dan mengeras.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Dental Spa 1 Kali di Upstairs Dental Clinic

Pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonik sehingga permukaan gigi tidak ada yang diasah maupun dirusak. Dental spa dilakukan untuk menutrisi gusi setelah karang gigi telah dibersihkan secara keseluruhan dengan dikumur selama 1 menit.

Pembersihan karang gigi dan dental spa   1 kali   upstairs dental clinic

Karang gigi hanya dapat ditangani oleh dokter gigi saja, walaupun tidak mengganggu kesehatan secara keseluruhan tapi sangat mengganggu kesehatan mulut, dalam kasus yang sudah parah akan menimbulkan masalah lain seperti radang gusi atau dalam istilah medis gingivitis 

Dampak Karang Gigi

Tumpukan karang gigi akan menyebabkan masalah kesehatan di dalam rongga mulut. 

Karang gigi akan membuat proses menyikat gigi dan flossing menjadi tidak efektif karena adanya lapisan plak yang mengeras. Selain itu karang gigi juga mempengaruhi kesehatan gusi dan mulut pada umumnya.

Menjadi sarang bakteri

Karang gigi berdampak serius pada kesehatan rogga mulut secara menyeluruh, terutama jika karang gigi tumbuh di antara gigi dan gusi. 

Karena ini adalah tempat yang sangat bagus bagi bakteri untuk bersarang, menyusup masuk ke dalam gusi dan merusaknya dari dalam gusi menjadi iritasi dan terjadi peradangan yang cukup parah.

Gingivitis atau radang gusi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mulut menjadi sarang bakteri di dalam mulut yang meyebabkan gusi menjadi iritasi dan meradang. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare

Setelah gusi mengalami radang atau gingivitis dan karang gigi tidak segera ditangani maka akan menimbulkan masalah yang lain lagi yaitu periodontitis, dimana terbentuk kantong nanah berbau tidak sedap diantara gigi dan gusi.

Meningkatkan risiko kehilangan gigi

Saat di dalam rongga mulut bertumbuh bakteri yang berasal dari kantong nanah (periodontitis, ) maka sistem pertahanan tubuh secara otomatis akan bereaksi melawan bakteri, di saat yang sama bakteri yang terdapat dalam kantong nanah juga akan bereaksi. 

Keadaan ini aka membuat gigi dan jaringan yang terdapat di sekitarnya akan cepat mengalami kerusakan. Jika keadaan ini terus berlanjut tanpa ada penanganan maka resiko terbesar yang akan dihadapi adalah kehilangan gigi.

Menjadi pemicu penyakit jantung dan stroke

Terjadinya penyakit jantung dan stroke juga bisa berkaitan dengan kesehatan gusi. Bakteri dan mikroorganisme yang tumbuh dalam plak gigi dapat masuk melalui aliran darah dan menyebabkan reaksi peradangan yang akan semakin parah jika tidak tertangani dengan baik. 

Kondisi ini menyebabkan kerusakan dan penyumbatan yang terjadi dalam pembuluh darah. Aliran darah yang tersumbat, meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Pencegahan dan perawatan gigi

Penumpukan plak dan karang gigi sebenarnya dapat dikontrol walaupun plak terjadi secara alami. Ikuti cara berikut ini untuk mencegah pembentukan karang gigi:

Iklan dari HonestDocs
Scalling & Polishing 1 Kali Dengan Scaller Ultrasonik Di Klinik Royal Smile Dental

Pembersihan karang gigi untuk seluruh permukaan gigi ( rahang atas dan rahang bawah ), tidak termasuk tindakan medis lainya, tidak ada limit untuk pembelian, paket untuk 1 x kunjungan.

Scalling   polishing 1x dengan scaller ultrasonik di klinik royal smile dental

1. Sikat gigi Anda secara teratur

Menyikat gigi dua kali dalam satu hari akan sangat efektif mencegak timbulnya plak dan karang gigi, setidaknya lakukan selama dua menit dengan teknik menyikat gigi yang baik. 

Pastikan saat menyikat gigi menjangkau semua area pada gigi dan mulut termasuk juga di antara sela gigi. 

Penggunaan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride sangat efektif untuk mengontrol karang gigi. Kerusakan pada email dapat diatasi dengan sangat baik oleh fluoride.

2. Obat kumur

Penggunaan obat kumur memberikan peran yang sangat penting dalam mencegah penumpukan plak yang menyebabkan karang gigi. Obat kumur yang mengandung antiseptik sangat efektif membunuh bakteri penyebab plak.

3. Flossing

Flossing atau penggunaan benang gigi masih merupakan sesuatu yang dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Padahal serajin apapun menyikat gigi, pada area area tertentu akan sangat sulit terjangkau oleh sikat gigi. 

Disinilah flossing sangat berperan penting karena dapat menjangkau area yang tidak terjangkau sikat gigi. Namun dalam penggunaannya harus menggunakan benang gigi dengan benar untuk menghindari kerusakan gusi.

4. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu penyebab karang gigi. Orang yang merokok beresiko sangat tinggi untuk memiliki karang gigi yang terletak dibawah gusi.

5. Mengatur pola makan

Kalau Anda sering mengonsumsi makanan manis seperti cokelat atau permen, ada baiknya untuk membatasi konsumsi dalam satu hari dan memperbanyak konsumsi makanan yang menyehatkan dan penuh serat. 

Hindari juga terlalu banyak makan makanan dan minuman yang dapat menjadi sebab utama munculnya karang gigi, seperti buah-buahan kering, roti, keripik, minuman es, minuman beralkohol, dan minuman ringan. 

Karena beresiko tinggi merusak gigi dan menjadi penyebab terbentuknya karang gigi.

6. Minumlah air

Banyak minum air putih adalah salah satu cara pencegahan karang gigi karena dapat melarutkan sisa sisa makanan yang ada di dalam mulut dan sela sela gigi. 

Minum banyak air setelah selesai makan sangat efektif dalam membantu meminimalisir pembentukan plak.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Impact of Dental Plaque on Gingival Oral Lichen Planus. Medscape. (https://www.medscape.com/viewarticle/817955)
Dental plaque | Evidence search. NICE - National Institute for Health and Care Excellence. (http://www.evidence.nhs.uk/Search?ps=40&q=Dental+plaque)
Dental Plaque : What it Is, What Causes It, and How to Get Rid of I. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/plaque)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Beda Karies Gigi Dan Gigi Berlubang
Beda Karies Gigi Dan Gigi Berlubang

Karies gigi terjadi karena rusaknya struktur dan lapisan gigi. Kerusakan ini terjadi secara bertahap. Berawal dari terkikisnya lapisan terluar gigi atau enamel gigi, kerusakan berlanjut dengan rusaknya dentin atau lapisan tengah gigi.

Buka di app