Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Anda mengetahui bila menyikat dan membersihkan gigi serta berkumur dengan cairan antiseptik merupakan hal yang penting. Melakukan hal tersebut dapat mencegah terbentuknya karang gigi. 

Namun apakah Anda tahu apa itu karang gigi, bagaimana karang gigi terbentuk dan apa yang sebaiknya Anda lakukan jika hal tersebut terjadi? Artikel berikut akan membahas mengenai hal tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Apa itu Karang Gigi?

Meskipun Anda merawat gigi Anda dengan baik di rumah, Anda akan tetap memiliki bakteri di dalam mulut Anda. Mereka bercampur dengan protein dan makanan untuk membentuk lapisan lengket yang disebut plak gigi. Sisa makanan ini melapisi gigi Anda, berada di sekitar garis gusi dan menempel mengisi bagian gigi lain. 

Plan membawa bakteri yang dapat merusak lapisan gigi dan menyebabkan gigi keropos. Namun jika Anda membersihkan plak secara teratur Anda dapat mencegah kerusakan gigi permanen dan penyakit gusi. 

Masalah yang lebih besar akan muncul jika plak tetap berada pada gigi Anda dan mengeras menjadi karang gigi. 

Karang gigi juga disebut dengan kalkulus dan terbentuk pada garis gusi bagian atas dan bawah. Karang gigi ini biasanya keras dan menyebabkan keropos. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada gusi misalnya penyakit gusi. Karang gigi harus dihilangkan dengan alat khusus yang ada pada klinik dokter gigi.

Bagaimana Karang Gigi berpengaruh pada gigi dan gusi?

Karang gigi dapat membuat Anda kesulitan untuk menyikat dan menghilangkannya seperti seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan pengeroposan dan kerusakan pada gigi. Adanya karang gigi yang terbentuk di atas garis gusi Anda dapat menjadi hal buruk untuk Anda. 

Hal ini karena bakteri di dalamnya dapat mengiritasi dan merusak gusi Anda. Seiring dengan waktu, hal ini dapat menyebabkan penyakit gusi progresif.

Iklan dari HonestDocs
Paket Scalling dan Vitamin C Shot di Medizen Clinic

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah.

Paket scalling dan vitamin c shot di medizen clinic

Jenis penyakit gusi teringan disebut dengan gingivitis. Hal ini biasanya dapat dihilangkan dan dicegah jika Anda menyikat gigi, membersihkan gigi, berkumur dengan cairan antiseptik dan teratur membersihkan karang gigi di klinik dokter gigi.

Jika tidak, hal ini dapat menjadi lebih buruk, pada poin dimana poket terbentuk diantara gusi dan gigi dan terinfeksi oleh bakteri. Hal ini disebut periodontitis. Sistem imun Anda mengirim zat kimia untuk melawan kembali dan zat kimia tersebut bercampur dengan bakteri dan hal lain yang dikeluarkan. 

Sisa makanan dapat merusak tulang dan jaringan yang membuat gigi Anda berada pada tempatnya. Selain itu beberapa penelitian menghubungkan bakteri pada penyakit gusi dengan penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Cara mencegah terbentuknya Karang Gigi

Berikut ini merupakan cara terbaik mencegah karang terbentuk pada gigi Anda:

  • Menyikat gigi secara teratur dua kali sehari selama dua menit sekali sikat gigi. Sikat gigi 30 menit sekali selama dua kali sehari tidak akan menghilangkan plak dan mencegah karang gigi. Gunakan sikat dengan bulu halus yang cukup kecil dimasukkan ke mulut Anda. 

Pastikan untuk menyikat bagian belakang gigi yang sulit dijangkau dan bagian samping gigi.

  • Penelitian menemukan bahwa sikat gigi elektrik dapat menghilangkan plak lebih baik daripada sikat gigi manual. Apapun jenis sikat gigi yang Anda gunakan, pastikan terdapat segel persetujuan dari American Dental Association. Hal ini karena sikat gigi tersebut telah lulus uji keamanan dan kontrol kualitas.
  • Gunakan pasta gigi untuk mencegah karang yang mengandung fluorida. Fluoride membantu memperbaiki kerusakan lapisan gigi. Beberapa pasta gigi juga mengandung triclosan yang berfungsi melawan bakteri di dalam plak.
  • Sebaik apapun Anda menggosok gigi dengan sikat gigi, benang gigi merupakan cara terbaik menghilangkan plak di antara gigi Anda dan mencegah tartar terbentuk di daerah yang sulit dijangkau.
  • Berkumur dengan rutin. Gunakan cairan pembersih mulut Antiseptik untuk membunuh bakteri yang menyebabkan plak.
  • Perhatikan pola makan Anda. Bakteri dalam mulut Anda tumbuh subur dalam makanan manis dan bertepung. Ketika bertemu dengan makanan tersebut bakteri mengeluarkan asam yang berbahaya. Usahakan untuk makan makanan sehat dan batasi jumlah makanan manis yang Anda makan. 

Setiap kali Anda makan, Anda juga memberi makan bakteri dalam mulut Anda. Anda tidak harus menghindari makanan manis hanya saja mengatur seberapa sering Anda makan makanan manis. Sikat gigi dan minum banyak air putih setelah makan makanan manis.

  • Jangan merokok. Penelitian menemukan bahwa seseorang yang merokok dan menggunakan produk tobako lebih mungkin memiliki karang gigi.

Ketika karang gigi terbentuk hanya ahli gigi yang dapat menghilangkannya dari gigi Anda. Jadi sebaiknya datang ke klinik dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan plak dan karang yang terbentuk agar terhindar dari masalah gigi yang lebih serius.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Plaque and tartar on teeth. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/ency/article/002044.htm)
Definition of Tartar. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=5721)
How to remove plaque and tartar: Best home treatments. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324341)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app