Menyusui

Daftar Obat Yang Aman dan Tidak Aman Untuk Ibu Menyusui

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Mei 19, 2019 Waktu baca: 3 menit
Daftar Obat Yang Aman dan Tidak Aman Untuk Ibu Menyusui

Merupakan suatu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa ibu menyusui juga bisa mengalami sakit atau terkena penyakit. Umumnya suatu penyakit akan diatasi dengan cara mengonsumsi obat, namun harus hati-hati karena ada obat yang aman dan tidak Aman untuk ibu menyusui.

Obat yang aman berarti tidak menimbulkan bahaya baik kepada bayi yang disusui, ataupun kondisi kesehatan ibu termasuk tidak menganggu produksi ASI. Tentu hal ini sangatlah penting karena ASI banyak sekali manfaatnya. Sedangkan obat yang tidak aman berarti sebaliknya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Baca juga: Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi

Obat yang memiliki sifat farmakologi yang tidak masuk ke dalam aliran darah atau hanya diserap sedikit seperti obat sukralfat dan antasida doen karena hanya memberikan efek lokal dan obat yang tidak dikeluarkan melalui ASI seperti insulinheparin, dan Interferon .

Sejumlah obat - obatan tertentu menjadi tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dua alasan utama. Alasan yang pertama adalah karena obat - obatan tersebut dapat mengurangi produksi air susu ibu.

Alasan yang kedua adalah karena obat - obatan tersebut dapat diekskresikan kedalam air susu ibu sehingga dapat memberikan pengaruh pada bayi yang disusuinya, tentu saja yang dimaksud disini adalah dapat memberikan pengaruh yang tidak baik bagi bayi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka pada artikel kali ini akan dijelaskan daftar beberapa obat yang aman dan yang tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui berdasarkan fungsi dan nama obatnya.

Obat Aman Untuk Ibu Menyusui

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Obat - obatan berikut merupakan obat yang aman untuk ibu menyusui jika diminum sesuai dosis, yaitu :

Obat Tidak Aman Untuk Ibu Menyusui

Obat - obatan berikut merupakan obat yang tidak aman untuk ibu menyusui, yaitu :

Prinsip dasar untuk dapat meminum obat pada saat menyusui dengan aman adalah meminum obat hanya apabila benar - benar diperlukan, hal ini juga berlaku untuk konsumsi suplemen makanan atau konsumsi jamu - jamuan.

Minumlah obat hanya yang dianjurkan dan direkomendasikan oleh dokter anda dengan sebelumnya menginformasikan dulu kepada dokter anda bahwa anda sedag menyusui, agar dokter dapat memberikan resep obat - obatan yang aman untuk dikosumsi pada saat menyusui.

Selain itu perhatikan juga kondisi bayi selama ibu mengonsumsi obat tersebut, meskipun obat tersebut telah dinyatakan aman apabila terdapat perubahan - perubahan atau reaksi yang aneh pada bayi harap segera menghentikan obat yang dikonsumsi tersebut dan segera memeriksakan bayi ke dokter.

 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Medications to Avoid During Pregnancy: Cipro, Ibuprofen & More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pregnancy/category-c-drugs)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit