Clotrimazole: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jan 31, 2019 Update terakhir: Jul 29, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Clotrimazole adalah salah satu obat yang berfungsi sebagai antijamur, biasa digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit hingga alat kelamin.
  • Manfaat clotrimazole adalah untuk mengatasi infeksi jamur di kepala, jari tangan, selangkangan, kuku, hingga infeksi jamur pada telinga luar.
  • Dosis krim clotrimazole 1% adalah dioleskan tipis-tipis pada kulit sebanyak 2-3 x sehari selama 2-4 minggu. Sedangkan sediaan tablet diberikan 1 x sehari 500 gram ke dalam vagina.
  • Hati-hati penggunaan pada ibu hamil atau menyusui, pasien dengan riwayat alergi, atau hipersensitivitas terhadap kandungan obat.
  • Waspadai risiko efek samping clotrimazole berupa kulit kemerahan, gatal, sensasi terbakar, iritasi, hingga iritasi. Segera konsultasikan ke dokter.
  • Klik untuk mendapatkan Clotrimazole atau obat anti jamur lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Obat clotrimazole merupakan salah satu obat yang berfungsi sebagai anti jamur. Obat ini banyak dijual dipasaran dengan merek dagang yang berbeda-beda. Pemilihan obat ini sangat banyak dicari karena mudah didapat dan sebagai penanganan utama pada beberapa infeksi jamur pada kulit dan alat kelamin yang menimbulkan rasa gatal.

Banyak sekali obat anti jamur dengan jenis dan kegunaan yang berbeda-beda. Pemberian obat jamur juga sudah dimodifikasikan sehingga dapat berbentuk salep, krim, hingga tablet untuk vagina. Obat clotrimazole sering digunakan pada penyakit jamur seperti pada akibat dari jamur microsporum atau jamur kandida.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mekanisme kerja Clotrimazole

Saat clotrimazole dikonsumsi, kandungan obat ini akan menganggu sintesis lemak pada jamur yang masuk melalui permukaan kulit hingga menimbulkan gejala klinis pada kulit dan alat kelamin.

Interaksi obat pada jaringan lemak jamur akan menyebabkan perubahan permeabilitas dinding sel. Hambatan pada enzim dapat semakin meningkat apabila dosis obat clotrimazole ditingkatkan.

Manfaat Clotrimazole

Obat clotrimazole sangat bermanfaat untuk membasmi penyakit infeksi yang diakibatkan oleh jamur. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan clotrimazole antara lain:

1. Tinea 

Jamur tinea dapat tumbuh mulai di kepala (tinea kapitis), jari-jari tangan dan kaki (pedis), selangkangan (kruris), dan di kuku (unguium). Penyakit tinea tersebut disebabkan oleh jamur Microsporum dan Epidermophyron.

2. Kandidiasis vulvovaginal

Penyakit kandidiasis vulvovaginal merupakan penyakit kulit pada alat kelamin wanita dimana muncul adanya cairan berwarna putih seperti susu atau keju dan disertai rasa gatal yang hebat.

3. Otitis eksterna

Otitis eksterna adalah suatu peradangan pada telinga luar yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan jamur. Penderita otitis eksterna akan merasakan nyeri saat membuka mulut dan nyeri ketika penekanan cuping telinga dan tragus. Beberapa kasus berat ditemukan hilangnya pendengaran dan kerusakan saraf.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Efek samping Clotrimazole

Seperti pada beberapa jenis obat jamur lainnya, obat clotrimazole dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Beberapa efek samping clotrimazole ringan dan dapat muncul antara lain:

  • Kulit menjadi kemerahan
  • Rasa terbakar pada kulit yang diolesi krim obat
  • Rasa gatal di sekitar luka
  • Iritasi ringan
  • Kulit luar yang mengelupas

Beberapa perhatian khusus juga perlu diamati terkait penggunaan obat clotrimazole baik topikal ataupun sistemik. Beberapa kondisi tersebut perlu adanya konsultasi oleh dokter terkait penggunaan obat clotrimazole.

Kondisi yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Memiliki hipersensitivitas terhadap obat clotrimazole
  • Pasien ibu hamil
  • Pasien ibu menyusui
  • Bayi tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi clotrimazole
  • Hindari penggunaan di area mata, hidung, mulut, luka bakar, dan luka terbuka
  • Perhatian khusus pada reaksi alergi
  • Interaksi terhadap obat-obat tertentu seperti jenis antibiotik polyene contohnya Amphotericin B dan Nisatin atau krim perawatan kecantikan kulit lainnya.

Dosis Clotrimazole

Dosis obat clotrimazole yang diberikan berbeda-beda disesuai dengan jenis infeksi penyakit dan lamanya penyakit. Obat clotrimazole tersedia dalam bentuk krim, losion, bedak, serta tablet yang dimasukkan ke dalam vagina (intravagina). 

Dosis clotrimazole yang tepat diberikan yaitu:

1. Krim clotrimazole 1%

Krim atau salep dengan kandungan clotrimazole sebanyak 1% diberikan pada infeksi jamur seperti pada tinea. Krim dioleskan sebanyak 2-3 kali sehari selama 2-4 minggu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pengolesan krim clotrimazole dilakukan secara merata. Selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah pengolesan obat clotrimazole di daerah kulit yang terkena infeksi jamur

2. Clotrimazole tablet vagina

Obat clotrimazole juga dapat berupa tablet yang dimasukkan ke dalam vagina. Tablet vagina bermanfaat untuk penyakit kandidiasis vulvovaginal.

Tablet clotrimazole diberikan dengan dosis 1 x sehari 500 miligram ke dalam vagina. Dosis lain sebesar 100 miligram selama 7 hari dan 200 mg selama 3 hari  juga tersedia. 

Clotrimazole tablet tidak boleh digunakan untuk daerah tubuh lainnya selain vagina. Sebelum memasukkan tablet, pastikan untuk selalu mencuci vagina terlebih dahulu dengan air bersih lalu keringkan.

3. Larutan clotrimazole 1% 

Larutan clotrimazole berupa cairan bermanfaat untuk mengurangi gejala otitis eksterna pada telinga luar. Saat pemakaian obat clotrimazole telinga, sebaiknya hindari berenang. Lindungi telinga Anda dari kontaminasi bahan kimia lain seperti sabun cuci muka atau sampo mandi.

Interaksi Clotrimazole

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter sebelum menggunakan clotrimazole.

Artikel terkait:


18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD (2018). Drugs Medications. Clotrimazole Cream with Applicator. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5115/clotrimazole-vaginal/details)
WebMD (2018). Drugs Medications. Clotrimazole Solution. (https://www.webmd.com/drugs/2/drug-4316/clotrimazole-topical/details)
Stewart, M. Patient (2017). Clotrimazole for Vaginal Thrush. (https://patient.info/medicine/clotrimazole-for-vaginal-thrush-canesten)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app