Kenali Penyakit Otitis Eksterna dari Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: Apr 22, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.293.150 orang

Telinga sering berdenging, curiga Otitis Eksterna

Pernahkah Anda mengalami nyeri, gatal dan kemerahan pada liang telinga, terutama saat telinga ditekan atau saat Anda mengunyah makanan? Atau keluarnya cairan dengan bau yang tidak sedap pada telinga Anda?  Jika hal ini sering terjadi pada Anda makan waspadailah kemungkinan Anda mengalami otitis eksterna atau peradangan pada teliang bagian luar.

Otitis eksterna atau radang telinga luar merupakan penyakit telinga bagian luar yang sering dijumpai, disamping penyakit telinga lainnya. Penyakit ini pada umumnya sering dijumpai pada daerah-daerah yang panas dan lembab dan jarang pada iklim- iklim sejuk dan kering. Para peneliti mengemukakan pemaparan terhadap air dan penggunaan lidi kapas atau cotton bud dapat menyebabkan terjadi otitis eksterna baik yang akut maupun kronik. Dari pada penasaran tentang penyakit yang satu ini, mari baca penjelasan artike berikut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Apa sih Otitis Ekstrena itu?

Otitis eksterna adalah radang liang telinga bagian luar yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan menyebabkan telinga terasa nyeri atau sakit. Saluran telinga luar merupakan bagian telinga yang terdiri dari gendang telinga sampai bagian luar telinga.  Otitis eksterna biasanya muncul beberapa hari setelah Anda berenang, dan dapat memburuk menjadi akut dan kronis. Oleh karena itu, penyakit otitis eksterna juga diberi istilah swimmer’s ear (telinga perenang).

Penyebab Otitis Eksterna

Ada banyak penyebab timbulnya otitis eksterna termasuk:

  • infeksi bakteri Staphylococcus aureus atau Pseudomonas aeruginosa
  • kelembaban
  • kerusakan pada lapisan kulit di liang telinga
  • penyumbatan liang telinga
  • luka atau lecet pada saluran telinga
  • adanya benda asing yang masuk ke dalam telinga 
  • terlalu keras membersihkan telinga dengan korek telinga
  • alergi
  • berenang
  • saluran telinga terlalu sempit

Faktor-faktor ini menyebabkan berkurangnya lapisan protektif yang menyebabkan peradangan pada liang telinga. Keadaan ini menimbulkan trauma lokal yang mengakibatkan bakteri mudah masuk melalui kulit, inflasi dan menimbulkan eksudat atau cairan.

Apa saja gejala-gejala dari Otitis Eksterna?

Rasa sakit didalam telinga pada penderita otitis eksterna bisa bervariasi dari yang hanya berupa rasa tidak enak sedikit, perasaan penuh didalam telinga, perasaan seperti terbakar hingga rasa sakit yang hebat, serta rasa berdenyut pada telinga.

Rasa penuh pada telinga merupakan keluhan yang umum pada tahap awal dari otitis eksterna dan sering mendahului terjadinya rasa sakit dan nyeri tekan pada daun telinga. Pada kebanyakan penderita akan muncul juga rasa gatal disertai rasa penuh dan rasa tidak enak, hal ini merupakan tanda permulaan peradangan suatu etitis eksterna.

Pendengaran yang menurun mungkin terjadi pada akut dan kronik dari otitis eksterna. Edema atau pembengkakan kulit liang telinga, cairan telinga, penebalan kulit yang progresif pada otitis eksterna yang lama, sering menyumbat saluran dalam telinga dan menyebabkan timbulnya tuli konduktif.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Diagnosis Otitis Eksterna

Untuk mendiagnosis otitis eksterna, dokter akan menanyakan gejala-gejala yang dirasakan serta kebiasaan yang sering dilakukan sehingga menimbulkan risiko otitis eksterna. Selain itu, pemeriksaan telinga dengan menarik daun telinga atau menekan tragus telinga akan dilakukan. 

Tes penunjang lainnya yaitu dengan menggunakan alat otoskop untuk melihat liang telinga dan gendang telinga. Tes pengambilan sampel cairan dari liang telinga akan dilakukan bila infeksi tidak membaik dengan obat-obatan yang diberikan. Dengan pemeriksaan ini, dokter dapat mengetahui bakteri penyebab infeksi dan antibiotik yang tepat untuk membunuh bakteri tersebut.

Bagaimana cara mengobati Otitis Eksterna?

Tindakan pengobatan yang dilakukan berbeda-beda tergantung penyebab otitisnya. Obat tetes telinga yang mengandung antibiotik dan anti radang bisa diberikan bila terjadi infeksi bakteri dan pembengkakan. Obat tetes telinga yang mengandung anti ektoparasit atau injeksi obat golongan ivermectin dan selemectin bisa diberikan bila otitis disebabkan oleh tungau telinga atau parasit lain. 

Untuk kasus tumor atau polip, diperlukan tindakan operasi atau bedah untuk mengangkat jaringan yang abnormal. Otitis yang disebabkan oleh alergi dan gangguan hormon memerlukan tindakan pengobatan secara menyeluruh dan sistematis.

Seringkali pengobatan otitis eksterna yang disebabkan oleh alergi hanya bersifat mengurangi efek saja, karena penyebab utamanya (alergi atau gangguan hormon) memang relatif sulit disembuhkan.

Bagaimana cara mencegah terjadinya Otitis Eksterna?

Pada umumnya telinga memiliki mekanisme pembersihan sendiri sehingga tidak perlu membersihkan kotorannya dengan kapas pembersih telinga atau alat lainnya. Kotoran telinga juga memiliki sifat anti bakteri yang dapat membantu mencegah infeksi telinga.

Lalu jika Anda sering berenang secara rutin, pastikan telinga dikeringkan setelah berenang. Memutarkan kepala dan dengan hati-hati menarik telinga ke arah yang berbeda, dapat membantu mengeluarkan air dari telinga. 

Kadang-kadang kapas pembersih telinga dapat digunakan, tapi gunakanlah secara hati-hati dan hindari membersihkan telinga secara kasar. Pengunaan sumbat telinga khususnya saat berenang dapat digunakan untuk mencegah air masuk ke dalam kanal telinga bagian luar. . Hindari juga penggunaan bahan-bahan yang dapat memicu munculnya alergi agar dapat mencegah terjadinya otitis eksterna

Namun jika Anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan diatas dan hal tersebut berlangsung lama, segera konsultasikan ke dokter THT untuk pengobatan lebih lanjut agar terhindar dari kerusakan telinga yang lebih parah.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit