Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Chaste Tree: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.109.150 orang

Chaste Tree adalah tanaman obat yang digunakan untuk mengatasi gejala PMS dan nyeri payudara. Chaste Tree juga dinilai efektif untuk mengatasi sindrom PMS yang lebih parah, atau disebut dengan gangguan disforik pra-menstruasi (PMDD).

Chaste Tree disebut juga pohon Vitex agnus-castus. Tanaman herbal yang satu ini memiliki daun panjang dan berbentuk jari, bunga berwarna biru-ungu, serta buah berwarna ungu. Nah, bagian buah dan bijinya lah yang digunakan sebagai obat herbal.

Ekstrak Chaste Tree dapat diminum untuk meningkatkan jumlah urine pada pria, mengobati pembesaran prostat jinak (BPH), dan menurunkan gairah seksual. Beberapa orang juga menggunakan Chaste Tree untuk mengatasi jerawat, masalah persendian, pilek, sakit perut, migrain, sakit mata, hingga gugup.

Mengenai Chaste Tree

Golongan

-

Kemasan

  • Kapsul
  • Tablet
  • Cair

Kandungan

  • Iridoid
  • Flavonoid
  • Diterpenoid
  • Progestin
  • Minyak atsiri
  • Ketosteroid

Manfaat Chaste Tree

Berbagai manfaat Chaste Tree adalah:

1. Mengatasi gejala gangguan disforik pra-menstruasi (PMDD)

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa tanaman obat Chaste Tree dapat mengatasi gejala gangguan disforik pra-menstruasi (PMDD). Bahkan, cara kerjanya mirip seperti obat resep fluoxetine.

Chaste Tree dapat membantu meringankan nyeri, kram perut, dan payudara bengkak. Sementara obat fluoxetine efektif untuk memperbaiki suasana hati, kecemasan, dan gugup.

2. Meringankan gejala PMS 

Manfaat Chaste Tree dapat membantu meringankan gejala PMS yang ringan. Mulai dari nyeri payudaramood swing, gampang marah atau sensitif, dan sakit kepala. Namun, belum ada penelitian yang membuktikan manfaat Chaste Tree untuk meredakan perut kembung.

3. Meredakan perdarahan akibat IUD 

Menggunakan Chaste Tree 3 kali sehari dinilai dapat mengurangi risiko perdarahan akibat IUD. IUD adalah alat kontrasepsi berbentuk T yang dipasang dalam rahim guna mencegah kehamilan.

Baca Selengkapnya: 7 Efek Samping KB Spiral (IUD)

4. Mencegah gigitan serangga

Ekstrak biji Chaste Tree efektif mengusir kutu selama 6 jam, nyamuk selama 3-6 jam, dan lalat selama 3 jam. Manfaat Chaste Tree ini bisa dirasakan setelah ekstraknya dioleskan ke kulit.

5. Mengatasi berbagai penyakit lainnya

Masih ada banyak manfaat Chaste Tree bagi kesehatan. Mulai dari mengatasi jerawat, prostat bengkak, sakit mata, insomnia, hingga demensia

Namun memang, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat Chaste Tree tersebut.

Efek samping Chaste Tree

Secara umum, tanaman herbal Chaste Tree dinilai aman bagi kebanyakan orang bila digunakan dalam dosis yang tepat. Penggunaan ekstrak Chaste Tree pada kulit juga dinyatakan aman.

Akan tetapi, tetap ada kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan Chaste Tree, yaitu:

  • Pusing
  • Sakit perut
  • Mulut kering
  • Sakit kepala
  • Lemas dan tidak bertenaga
  • Muntah
  • Ruam dan gatal pada kulit
  • Susah tidur

Beberapa wanita melaporkan bahwa siklus menstruasinya sedikit berubah setelah menggunakan Chaste Tree. Bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera konsultasikan ke dokter terdekat.

Dosis Chaste Tree

Chaste Tree sebagai obat herbal diberikan sesuai dengan dosis berikut:

  • Untuk gangguan disforik pra-menstruasi (PMDD): 20-40 mg ekstrak Chaste Tree. Gunakan selama 8 minggu.
  • Untuk gejala PMS: 4 mg ekstrak Chaste Tree, dikonsumsi setiap hari selama 3 siklus menstruasi.

Bisa juga dengan menggunakan 40 tetes ekstrak Chaste Tree cair ke dalam 1 gelas jus buah. Minum 1 kali sehari sebelum sarapan, mulai 6 hari sebelum haid sampai selesai haid. Lakukan selama 6 siklus haid.

Ingat, Chaste Tree tidak boleh digunakan sebagai pengganti obat yang diresepkan oleh dokter.

Interaksi Chaste Tree

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja herbal. Sebagai akibatnya, herbal tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter. Berikut ini adalah interaksi Chaste Tree dengan obat-obatan lainnya, yakni:

1. Pil KB

Chaste Tree dapat menurunkan efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan. Bila Anda sedang menggunakan pil KB bersamaan dengan herbal Chaste Tree, sebaiknya gunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom.

2. Obat yang mengandung estrogen

Chaste Tree dapat menurunkan efek estrogen dari obat-obatan. Contoh obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Chaste Tree adaah estrogen equine, estradiol, ethinyl estradiol, dan sebagainya.

3. Obat antipsikotik

Chaste Tree dapat memengaruhi produksi hormon dopamin dalam otak. Dopamin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa bahagia. 

Di sisi lain, obat antipsikotik berfungsi untuk menurunkan kadar dopamine. Bila digunakan bersamaan dengan Chaste Tree, maka efek obat antipsikotik jadi kurang maksimal dalam tubuh.

Obat antipsikotik yang tidak boleh digunakan bersamaan dengan Chaste Tree adalah chlorpromazine, clozapine, fluphenazine, haloperidol, olanzapine, perphenazine, prochlorperazine, quetiapine, risperidone, thioridazine, thiothixene, dan sebagainya.

4. Obat untuk penyakit Parkinson

Chaste Tree mengandung zat kimia yang memengaruhi fungsi otak. Cara kerja zat kimia tersebut sama dengan efek obat-obatan yang digunakan untuk penyakit Parkinson. 

Bila keduanya digunakan secara bersamaan, hal ini dapat meningkatkan efek samping obat Parkinson dalam tubuh. Contoh obat Parkinson yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Chaste Tree adalah bromocriptine, levodopa, pramipexole, ropinirole, dan sebagainya.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan Chaste Tree sebagai obat herbal adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk menggunakan Chaste Tree. Tanaman obat ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.
  • Hindari penggunaan Chaste Tree bila Anda memiliki endometriosis, fibroid rahim, kanker payudara, kanker rahim, atau kanker ovarium. Chaste Tree dapat memengaruhi kadar estrogen tubuh dan memperparah gejala penyakit Anda.
  • Bila Anda sedang menjalani proses bayi tabung (IVF), hindari penggunaan Chaste Tree karena dapat menurunkan keberhasilan proses bayi tabung.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp