Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN

Cendo Xitrol: Kegunaan, Dosis, Efek Samping, dll

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Jul 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.357.186 orang

Cendo Xitrol obat apa?

Cendo Xitrol adalah obat untuk mengatasi infeksi bakteri pada mata yang menyebabkan mata merah atau bengkak serta iritasi pada jaringan konjungtiva dan kornea. Kombinasi obat anti-inflamasi dan antibiotik membuat Cendo Xitrol efektif mengatasi infeksi bakteri yang disertai dengan peradangan. Meski berbentuk tetes mata dan salep mata, Cendo Xitrol termasuk jenis obat keras yang penggunaannya harus dengan resep dokter. Sebagai tambahan informasi, berikut kami ulas kegunaan, dosis lazim, kontraindikasi, efek samping, interaksi serta informasi keamanan untuk ibu hamil dan menyusui.

Ikhtisar Obat Cendo Xitrol

Jenis obat Antibiotik dan anti-inflamasi untuk mata
Kandungan Dexamethasone, Neomycin Sulfate, Polymixin B Sulfate
Kegunaan Mengatasi inflamasi yang disertai infeksi bakteri pada mata.
Kategori Obat Resep
Konsumen Dewasa dan Anak
Kehamilan Kategori N
Sediaan Cendo Xitrol salep mata, Cendo Xitrol tetes mata, Cendo Xitrol Minidose

Mekanisme Kerja

Cara kerja Cendo Xitrol dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa:
  • Dexamethasone, merupakan glukokortikoid sintesis yang digunakan untuk mengatasi inflamasi dan menekan sistem imun. Senyawa ini juga digunakan untuk mengatasi inflamsi okular pada mata yang responsif terhadap kortikosteroid. Umumnya tersedia dalam kombinasi dengan antibiotik untuk mengatasi infeksi dan peradangan sekaligus.
  • Neomycin Sulfate, merupakan antibiotik aminoglikosida yang bersifat bakterisidal terhadap bakteri yang rentan. Senyawa ini bekerja dengan mengikat ribosom 30S bakteri yang menyebabkan kesalahan baca pada transkripsi tRNA bakteri sehingga menyebabkan kematian bakteri.
  • Polymixin B Sulfate, adalah senyawa bersifat bakterisidal terhadap hampir seluruh bakteri gram negatif jenis basil kecuali grup proteus. Senyawa ini akan berinteraksi dengan lipopolisakarida dari sitoplasmik pada membran sel bakteri gram negatif. Akibatnya terjadi peningkatan permeabilitas dinding sel bakteri dan menyebabkan lisis dan kematian bakteri.

Indikasi atau Kegunaan Cendo Xitrol

Cendo Xitrol digunakan untuk mengatasi inflamasi pada mata yang responsif terhadap obat dari jenis steroid serta inflamasi yang disertai infeksi bakteri. Inflamasi okular pada jaringan pelpebral dan bulbular konjungtiva serta inflamasi pada kornea juga dapat diobati dengan Cendo Xitrol.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:
  • Memiliki riwayat hipersensitivitas/alergi terhadap bahan aktif obat ini.
  • Sedang mengalami infeksi virus yang menyerang mata seperti pada penderita dendritik keratitis, vacinnia dan vericella serta berbagai penyakit akibat virus yang menyerang mata.
  • Penderita penyakit mata yang disebabkan oleh jamur ataupun micobakterial.

Dosis Cendo Xitrol dan Cara Penggunaan

Cendo Xitrol tersedia dalam sediaan salep, obat tetes, dan minidose dengan kekuatan dosis sama pada masing-masing sediaan, yaitu:
  • Cendo Xitrol salep, obat tetes dan minidose: Dexamethasone = 1 mg, Neomycin Sulfate = 3,5 mg, Polymixin B Sulfate = 10.000 SI.
Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut: Dosis Cendo Xitrol untuk inflamasi dan infeksi bakteri pada mata
  • Dosis dewasa: dalam bentuk obat tetes 1 - 2 tetes setiap jam pada siang hari dan setiap 2 jam pada malam hari. Jika respon baik maka dapat dikurangi menjadi 1 tetes setiap 4 jam sekali. Dalam bentuk salep dioleskan pada mata yang sakit secukupnya 3 - 4 kali sehari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini hanya untuk area mata.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai menggunakan obat ini.
  • Jika menggunakan salep mata, untuk dosis malam hari sebaiknya digunakan sebelum tidur.
  • Jangan menggunakan obat ini bersama dengan orang lain, dikhawatirkan dapat menjadi media penularan.

Efek Samping Cendo Xitrol

Cendo Xitrol umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh mata. Namun demikian, beberapa ada efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan. Efek samping Cendo Xitrol tersebut meliputi:
  • Alergi pada mata.
  • Peningkatan tekanan okular.
  • Terbentuknya katarak subscapular posterior.
  • Munculnya infeksi sekunder.

Efek Overdosis Cendo Xitrol

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis penggunaan Cendo Xitrol. Namun penggunaan melebihi dosis yang dianjurkan serta dalam jangka waktu yang lama sangat mungkin menyebabkan efek overdosis. Gejala yang mungkin muncul seperti penglihatan kabur, meningkatnya tekanan okular mata, timbulnya katarak. Jika kondisi ini terjadi segera konsultasikan dengan dokter mata Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:
  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika memiliki riwayat alergi terhadap bahan aktif obat ini. Atau jika dalam proses penggunaan muncul reaksi alergi seperti mata terasa perih dan muncul ruam di sekitar wajah maka segera hentikan penggunaan obat dan konsultasikan ke dokter.
  • Obat ini hanya untuk penggunaan di mata dan tidak di area tubuh lainnya.
  • Efektivitas dan efek samping penggunaan pada anak-anak belum diketahui sehingga tidak dianjurkan menggunakan obat ini pada anak-anak.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Cendo Xitrol untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Bahan aktif Cendo Xitrol berupa antibiotik dan kortikosteroid dianggap memiliki potensi mengganggu kesehatan janin, meskipun efeknya mungkin ringan. Oleh karena itu penggunaan obat ini pada ibu hamil sebaiknya berhati-hati dan pemberian hanya jika manfaatnya dirasa lebih baik dari potensi risiko yang ditimbulkan.
  • Belum diketahui apakah bahan aktif obat mata ini dapat mengkontaminasi ASI ibu menyusui. Penyerapan obat ini di mata juga dianggap kecil dampaknya secara sistemik oleh karena itu dianggap aman untuk ibu namun tetap harus berhati-hati menggunakannya.

Interaksi Obat

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Cendo Xitrol, diantaranya yaitu:
  • Vaksin cacar. Mengurangi efektivitas vaksin atau memicu timbulnya infeksi lain jika digunakan bersamaan dengan obat jenis kortikosteroid seperti dexamethason.
  • Diclofenac salep/tetes mata. Dapat mengurangi efektivitas diclofenac jika digunakan bersamaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp