Kesehatan Fisik

Cegah Diabetes

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cegah Diabetes

Diabetes atau kencing manis, adalah jenis penyakit yang tidak bisa dianggap remeh, diabetes juga dapat mengakibatkan penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan jantung dan stroke.

Diabetes mellitus adalah suatu jenis penyakit yang sangat berkaitan erat dengan lifestyle seseorang yang tidak sehat, misalnya jarang beraktifitas fisik dan gemar mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji. Diagnosa penyakit ini tidak jarang ditemukan secara tidak sengaja - biasanya pada saat medical check-up, atau juga ditemukan justru dari diagnosa kasus lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Cara Sederhana untuk Mencegah Diabetes

Sudah bukan rahasia bahwa salah satu kunci dalam pencegahan dan penanganan diabetes adalah dengan mengontrol asupan makanan kita. Berikut cara sederhana yang merupakan hasil dari beberapa penelitian untuk mencegah diabetes:

1. Perbanyak konsumsi vitamin C

Beberapa sumber vitamin C alami diantaranya adalah berbagai jenis sayuran (contoh, brokoli), jeruk dan stroberi. Jika dirasa kurang, Anda dapat mengkonsumsi suplemen tambahan.

2. Bumbu masak alami

Sekitar dua puluh empat bumbu masak ternyata kaya akan antioksidan yang dapat mencegah peradangan, yang juga terkait dengan diabetes. Antioksidan tertinggi ada pada cengkeh dan kayu manis.

3. Konsumsi beras merah

Selain kaya akan serat, beras merah juga dapat mengurangi kerusakan pada pembuluh darah. Jadi Anda boleh mulai mengganti nasi dengan nasi merah demi hidup yang lebih sehat.

4. Olahraga teratur

Namun, hanya mengatur asupan makanan saja tidaklah cukup untuk menghindarkan diri Anda dari diabetes. Anda juga wajib mengatur berat badan dan mencegah obesitas yang erat kaitannya dengan penyakit diabetes. Cara yang tepat ialah dengan diet yang sehat dan olahraga teratur.

Lakukan olahraga selama minimal setengah jam setiap hari, lima kali dalam seminggu. Olahraga dapat membantu menormalkan kadar gula darah dan merubah glukosa menjadi energi untuk digunakan oleh tubuh. Bagi Anda yang juga mengalami kelebihan berat badan, olahraga juga bisa menstabilkan dan menurunkan berat badan.

Jika waktu Anda amat terbatas untuk berolahraga, Anda bisa melakukannya disela-sela kegiatan Anda, misalnya, lakukan jalan kaki selama sepuluh menit saat menuju kantor, sepuluh menit untuk menuju rumah makan saat makan siang dan sepuluh menit saat menuju pulang ke rumah.

5. Mengontrol tekanan darah

Jika pasien juga memiliki risiko atau komplikasi tekanan darah tinggi, maka sangat dianjurkan untuk mengontrol tekanan darah dalam batas normal.

6. Istirahat yang cukup, mengelola stress, berhenti merokok

Istirahat yang cukup, mengelola stress dan berhenti merokok juga dapat membantu Anda agar terhindar dari diabetes.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Simple Steps to Preventing Diabetes. Harvard T.H. Chan School of Public Health. (https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/disease-prevention/diabetes-prevention/preventing-diabetes-full-story/)
How to Prevent Diabetes. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/howtopreventdiabetes.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app