Cari Tahu Perawatan Kulit Sensitif Bayi di Sini

Dipublish tanggal: Sep 17, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit

Seperti yang kita tahu, kulit bayi memang terkenal halus dan sensitif. Oleh karena itu, cara perawatannya pun sangat berbela bila dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Meski dikhususnya untuk bayi, nyatanya beberapa produk yang dapat digunakan si kecil memiliki kandungan zat berbahaya dan dapat memicu timbulnya iritasi maupun alergi

Masalah umum pada kulit bayi

Tak bisa dipungkiri kulit bayi terutama yang baru lahir, memang terkenal sensitif terhadap berbagai jenis ruam dan permasalahan kulit. Untungnya, sebagian besar dari ruam yang menyerang bayi tersebut tidaklah berbahaya. Berikut ini beberapa ulasan yang berkaitan dengan masalah kulit yang sering dialami oleh si kecil, di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Ruam pokok

Ruam popok tergolong dalam kondisi umum yang ditandai dengan kulit menjadi gatal, memerah, bersisik, hingga terasa perih. Kondisi ini memang membuat si kecil menjadi rewel dan merasa tidak nyaman sewaktu mengganti popok. Ruam jenis ini biasanya dipicu karena iritasi, infeksi oleh jamur atau bakteri, bayi yang memiliki alergi, hingga popok basah atau kotor dalam jangka waktu yang lama. Disamping itu, makanan baru yang dikonsumsi si kecil juga bisa menjadi pemicu terjadinya ruang popok. 

Pada umumnya ruam jenisini akan berlangsung dalam beberapa waktu atau bisa lebih. Bayi yang paling rawan terserang ruang popok berumur antara 9 hingga 12 tahun, terbiasa tidur dengan memakai popok, mulai mengkonsumsi makanan padat, mengkonsumsi obat antibiotik secara langsung ataupun menyusui pada ibunya yang tengah meminum obat tersebut. 

Biang keringat

Biang keringat adalah jenis ruam kedua yang sering dialami oleh bayi. Ruam ini berukuran kecil, berwarna merah dan menonjol serta membuat si bayi merasa gatal. Efek lain yang ditimbulkan oleh biang keringat adalah sensasi menyengat atau rasa pering yang menusuk-nusuk di kulit. Pada umumnya, gangguan biang keringat akan terjadi dalam beberapa hari setelah terkena suhu panas ataupun udara lembab. 

Walaupun lebih sering muncul di leher, wajah, area punggung belakang, dada atau paha, namun kondisi ini juga dapat menyerang bagian tubuh bayi di mana saja. Bayi maupun anak-anak memang terbilang lebih rentang terserang biang keringat. Pasalnya, kelenjar keringat yang mereka miliki belum berkembang secara sempurna. 

Eksim

Eksim merupakan ganguan pada kulit yang bisa memicu timbulnya ruam serta gatal yang dirasakan oleh si kecil. Gangguan ini bisa membuat kulit menjadi luka ketika bayi menggaruknya. Disamping itu, gangguan eksim sering terjadi pada bayi atau anak-anak dengan riwayak keluarga yang memiliki penyakit asma atau eksim, kulit bayi yang sering sekali terpapar zat detergen, sabun atau produk perawatan bayi yang mengandung pewangi, udara panas, hingga terpapar asap rokok.

Cradle cap

Cradle cap merupakan gangguan kulit berupa kerak kepala yang menyerupai ketombe. Kerak tersebut sering terlihat di bagian kepala bayi. Kondisi tersebut secara umum dapat membaik dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Meski demikian, Anda tetap harus membersihkan jika keberadaan kerak tersebut terlihat gatal dan membuat si kecil tidak nyaman.

Tips merawat kulit sensitif bayi

Ada beberapa tips khusus yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit bayi yang sensitif sehingga tidak mudah terkena gangguan kulit. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Memandikan si kecil secara teratur. Meski tidak harus setiap hari, namun Anda wajib memandikan bayi minimal 2 atau 3 kali dalam seminggu. Silahkan pakailah air hangat, bukan air panas agar si kecil menjadi lebih rileks dan nyaman.
  • Mengganti popok sesering mungkin juga perlu Anda lakukan untuk merawat kulit bayi yang sensitif. Selain itu, penting sekali mencari produk popok yang bebas dari phthalate, paraben, dan pewangi. Pasalnya, beberapa bahan kimia ini memang terkenal berbahaya untuk bayi. Silahkan pilih produk popok yang memang khusus dibuat untuk bayi, termasuk memilih sampo dan sabun mandi khusus untuk si kecil yang tidak membuat mata perih. Meski demikian, Anda tetap perlu menjaga kelembapan kulit bayi, caranya dengan memakaikan pelembab khusus kepadanya.

12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Summer Skin Care for Babies and Toddlers. What to Expect. (https://www.whattoexpect.com/first-year/summer-skin-care-for-baby.aspx)
Skin care for your baby. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2528704/)
Skincare for babies. The Royal Children's Hospital. (https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Skincare_for_babies/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app