Cara Sehat Menjaga Keseimbangan Hormon dalam Tubuh

Hormon juga memiliki peran penting dalam mengatur fungsi tubuh lain, seperti haid, sistem reproduksi, dan gairah seks.Ada sejumlah cara sehat yang bisa dicoba untuk menyeimbangkan hormon, seperti cara-cara berikut ini.
Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Sehat Menjaga Keseimbangan Hormon dalam Tubuh

Tubuh Anda memiliki banyak hormon yang memiliki fungsi penting untuk mengatur emosi, fungsi otak, dan kemampuan fisik. Ada banyak jenis hormon dalam tubuh yang memiliki fungsi berbeda-beda. 

Cara Menyeimbangkan Hormon dalam Tubuh

Hormon juga memiliki peran penting dalam mengatur fungsi tubuh lain, seperti haid, sistem reproduksi, dan gairah seks. Ada sejumlah cara sehat yang bisa dicoba untuk menyeimbangkan hormon, seperti cara-cara berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

1. Konsumsi lemak sehat

Tidak semua lemak itu buruk bagi tubuh. Banyak orang menghindari makanan yang mengandung lemak karena beranggapan semua lemak jahat. 

Ada juga lemak sehat yang bekerja menyeimbangkan hormon pada tubuh seperti yang terkandung pada makanan-makanan berikut ini :

  • Alpukat
  • Kuning Telur
  • Asam Lemak Omega-3

Alpukat kaya akan lemak sehat yang dapat membantu tubuh menyerap gizi lebih baik. Alpukat juga mengandung banyak serat, potassium, magnesium, vitamin E, vitamin B, dan asam folat.

Semua zat ini berguna untuk menjaga keseimbangan hormone di dalam tubuh.

Kuning telur kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, D, E, B2, B6, B9, zat besi, kalsium, fosfor, dan potassium. Semua zat ini berkontribusi dalam menjaga kesehatan sistem reproduksi, keseimbangan hormon, dan kulit yang sehat.

Asam lemak omega-3 akan membentuk sel membran yang sehat sehingga memudahkan hormon mencapai targetnya di dalam tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Beberapa contoh makanan yang bagus untuk dikonsumsi, di antaranya adalah kacang walnut, telur, ikan sarden, ikan forel, ikan salmon, ikan tuna, tiram.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup mampu membantu menjaga keseimbangan hormon, membangun energi, dan memungkinkan tubuh pulih dengan baik. Stres yang berlebihan dan tidur yang buruk dikaitkan dengan tingkat kortisol pagi yang lebih tinggi. 

Selain itu juga berakibat penurunan kekebalan tubuh, masalah dengan kinerja pekerjaan, dan rentan mengalami kecemasan. Kenaikan berat badan dan depresi juga bisa terjadi.

Untuk memaksimalkan fungsi hormon, tetapkan siklus tidur-bangun dan pastikan untuk cukup tidur setiap malam. 

Membiasakan diri untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama mampu membantu menstabilkan ritme sirkadian dan hormon tubuh. Cobalah tidur sedikit lebih awal jika Anda terbiasa terjaga hingga larut malam. 

Tidurlah dalam ruangan yang sedikit gelap untuk meningkatkan produksi melatonin dan dapat tidur lebih nyenyak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

3. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa membantu untuk membantu menstabilkan hormon yang mengontrol rasa lapar, stres, dan metabolisme tubuh. 

Cobalah biasakan untuk berjalan, bersepeda, aerobik, atau melakukan olahraga apa pun yang Anda sukai.

4. Atur emosi Anda

Emosi pada diri seseorang dapat berdampak terhadap kesehatannya. Mengatasi ketidakseimbangan emosional dan pilihan gaya hidup dapat membantu mencegah kondisi kesehatan terkait ketidakseimbangan hormon. 

Emosi ketakutan menyebabkan penyakit pada organ reproduksi, ginjal, dan adrenal Anda, yang mempengaruhi kadar kortisol. 

Emosi frustasi, ketidaksabaran, dan ketidakberdayaan menyebabkan penyakit di hati Anda. Hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan estrogen.

Emosi khawatir dan cemas dapat menyebabkan masalah pada tingkat insulin Anda, yang kemudian dapat mempengaruhi beberapa hormon. 

Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan dengan mengurangi tingkat stress, lakukan relasasi, luangkan waktu minimal 15 menit agar Anda bisa menenangkan diri.

5. Konsumsi makanan yang sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat akan membantu perut untuk mencerna makanan dengan mudah sehingga mencegah masalah pencernaan. 

Pencernaan yang baik akan berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh dan sistem hormon tubuh Anda. Untuk menjaga kesehatan Anda perlu menjaga pola makan. 

Hindari makanan manis, olahan, berlemak, dan gorengan. Jenis makanan-makanan ini bisa memicu ketidakseimbangan hormon dan menggangu hormon.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Foods That Can Help Balance Your Hormones Naturally. Bustle. (Accessed via: https://www.bustle.com/p/10-foods-that-can-help-balance-your-hormones-naturally-3601864)
Women’s Health: 25 Hormone Imbalance Symptoms and Signs. OnHealth. (Accessed via: https://www.onhealth.com/content/1/hormone_imbalance_signs_symptoms)
Hormonal imbalance: Symptoms, causes, and treatment. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/321486)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app