Ternyata Pria Juga Dapat Mengalami Menopause

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 8, 2019 Waktu baca: 1 menit
Ternyata Pria Juga Dapat Mengalami Menopause

Ovarium pada tubuh wanita, berfungsi untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron yang mengatur waktu menstruasi dan pembuahan. Menopause pada wanita terjadi saat ovarium tidak lagi memproduksi sel telur setiap bulannya dan menstruasi berhenti.

Jadi, apakah menopause hanya terjadi pada wanita? Apakah hanya wanita yang merasakan dampak dari perubahan hormon? Tidak, laki-laki juga mengalaminya, walaupun istilah ‘male menopause’ ini masih diperdebatkan. Istilah male menopause disebut juga dengan andropause.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

‘Male menopause’ atau menurunnya kadar hormon testosteron karena faktor usia (penuaan).  Biasa terjadi pada usia lebih dari 55 tahun. Gejala-gejala yang ditunjukan juga menyerupai dengan yang dialami saat wanita premenopause (saat ovarium mulai tidak aktif memproduksi hormon esterogen) dan menopause, yaitu depresi, mudah lelah, menurunnya libido dan masalah sex lainnya.

Tidak seperti ovarium yang berhenti bekerja saat menopause, testis terus bekerja menghasilkan hormon testosteron. Laki-laki yang sehat, bisa terus menghasilkan sperma hingga ia berusia 80 atau bahkan lebih.

Untuk mendiagnosa penyakit ini, akan dilakukan uji fisik dan tes darah untuk mengetahui kadar hormon. Jika kadar testosteron rendah, maka akan dilakukan Testosterone Replacement Therapy, sayangnya terapi ini bisa mengakibatkan efek samping, misalnya menambah resiko terjadinya (atau memperparah) kanker prostat.

Sebagai tindakan pencegahan, lakukan latihan fisik secara teratur, makan makanan bergizi, istirahat cukup dan manajemen stress.

 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Male Menopause: Overview, Symptoms, and Treatment. Healthline. (https://www.healthline.com/health/menopause/male)
Male menopause: Symptoms, causes, diagnosis, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/266749.php)
Male Menopause Symptoms, Treatments, Causes, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/men/guide/male-menopause)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app