HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

5 Sinyal Hormon Anda Tidak Seimbang

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
5 Sinyal Hormon Anda Tidak Seimbang

Hormon tak seimbang adalah salah satu masalah kesehatan yang jarang disadari. Ini karena hormon yang tak seimbang lebih sulit dideteksi dibandingkan dengan masalah kesehatan lain seperti gula darah yang melonjak, serangan stroke, obesitas, dan lainnya.

 Meski begitu, hormon yang tak seimbang tidak layak diabaikan karena hormon punya peran sangat penting bagi kelangsungan hidup kita. Beberapa fungsi hormon adalah mengatur perkembangan dan pertumbuhan fisik, mengatur metabolisme makanan dan fungsi seksual serta menjaga temperatur tubuh tetap stabil. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Gangguan Tidur via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 45

Saat mengalami gangguan hormon atau ketidakseimbangan hormon, sebenarnya tubuh akan memberi tanda. Janganlah tanda-tanda ini Anda abaikan agar kehidupan dan kesehatan Anda tetap berlangsung baik.

1. Kelelahan
Tubuh yang selalu lelah bisa jadi pertanda hormon yang tidak seimbang. Kelelahan bisa terjadi dalam berbagai bentuk, misalnya sulit bangun di pagi hari, selalu mengantuk di siang dan sore hari, dan lain sebagainya. Jika Anda mendapati gejala kelelahan yang tidak wajar, minta dokter melakukan pengecekan hormon. Gangguan tiroid,  insulin, estrogen, progesteron, can gangguan hormon adrenal mungkin jadi penyebabnya.

2. Insomnia
Tidak bisa memejamkan mata di malam hari? Atau tidak bisa tidur nyenyak dan selalu terbangun di malam hari? Kemungkinan Anda insomnia. Anda bukan satu-satunya orang yang mengalami insomnia. Tingkat progesteron yang rendah disinyalir bisa menyebabkan seseorang kesulitan terlelap  di malam hari. Sedangkan tingkat estrogen rendah bertanggung jawab terhadap munculnya hot flashes (gejala seperti demam)  dan banyak berkeringat di malam hari sehingga Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak. 

3. Masalah Pencernaan 
Ketidakseimbangan tiga hormon dalam sistem saluran pencernaan juga bisa menyebabkan masalah. Ketiga hormon tersebut adalah gastrin, secretin dan cholecystokinin (CCK). Trio ini membantu menstimulasi proses pencernaan untuk melumatkan makanan agar menjadi molekul-molekul sederhana yang bisa dengan mudah diserap oleh darah.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hormonal Imbalance: Symptoms, Treatment, Tests, and Causes. Healthline. (https://www.healthline.com/health/hormonal-imbalance)
Hormonal imbalance: Symptoms, causes, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321486.php)
Hormonal Imbalance in Women: Symptoms, Tests, Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/women/ss/slideshow-hormone-imbalance)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app