Cara Merawat Patah Tulang Engkel Pada Anak-anak

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Merawat Patah Tulang Engkel Pada Anak-anak

Patah tulang engkel, atau patah pergelangan kaki adalah cedera yang umum terjadi pada anak-anak dan remaja. Tulang pergelangan kaki tersusun atas tulang tibia (tulang kering) dan fibula (tulang yang lebih kecil yang terletak di belakang tulang kering). 

Kedua tulang ini memiliki lempeng pertumbuhan di ujungnya. Ketika anak-anak dan remaja mengalami patah tulang pergelangan kaki, perawatannya tentu akan berbeda dengan patah tulang yang terjadi pada orang dewasa. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Hal ini disebabkan karena kerusakan pada lempeng pertumbuhan pada bagian ujung bawah (distal) tulang anak-anak atau remaja dapat menyebabkan lempeng pertumbuhan menutup dan menyebabkan kegagalan pertumbuhan.

Jenis Patah Tulang Pergelangan Kaki

1. Fraktur Tibialis Distal

Terdapat dua jenis patah tulang tibialis distal, yaitu :

  • Nondisplaced - di mana fragmen tulang yang retak masih dalam posisi yang sejajar.

Fraktur tibialis distal nondisplaced pada pergelangan kaki dapat terlihat seperti keseleo pergelangan kaki, gejalanya biasanya disertai dengan pembengkakan ringan disertai dengan rasa sakit ketika anak berdiri atau mencoba berjalan. 

Fraktur jenis ini biasanya dapat dideteksi melalui pemeriksaan sinar-X. Perawatan biasanya mengharuskan seorang anak memakai gips dan / atau brace atau "boot berjalan" selama 3 hingga 4 minggu. Fraktur ini tidak menyebabkan gangguan pada lempeng pertumbuhan.

  • Displaced - di mana fragmen tulang yang patah tidak selaras atau terpisah

Sedangkan fraktur displaced pada engkel pada anak-anak biasanya membutuhkan prosedur pembedahan untuk memperbaiki keselarasan anatomi tulang. Fraktur jenis ini, sering menyebabkan gangguan pada lempeng pertumbuhan. 

Untuk memantau dan mendeteksi kerusakan permanen pada pelat pertumbuhan dan mengoptimalkan penyembuhan, setiap anak atau remaja yang mengalami patah tulang pergelangan kaki yang mengalami pergeseran fragmen, harus menjalani pemeriksaan klinis lanjutan se1ama hingga 2 tahun.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

2. Fraktur Fibula Distal

Jenis fraktur pergelangan kaki ini juga terjadi pada varietas yang tidak ditempatkan dan dipindahkan.

Fraktur non displaced dari fibula distal dapat terlihat seperti keseleo pergelangan kaki. Secara umum, fraktur jenis ini dapat diperlakukan dengan cara yang sama seperti fraktur tibia non displaced, dengan melakukan pemasangan brace fungsional atau gips selama tiga minggu. 

Pasien dengan fraktur fibula distal non-displaced harus memiliki tindak lanjut hingga dua tahun untuk mengawasi setiap gangguan pertumbuhan.

Fraktur fibula distal displaced biasanya ditangani dengan pembedahan, khususnya jika fraktur meluas ke sendi pergelangan kaki. Dalam kasus ini, tujuan paling umum dari pembedahan adalah mengembalikan posisi awal persendian. 

Jika tidak terjadi pergeseran, seorang ahli bedah ortopedi pediatrik biasanya dapat menyelaraskan kembali fragmen tulang yang terpisah dengan melakukan pemasangan gips.

Gejala Patah Tulang Engkel

Pergelangan kaki yang patah biasanya terjadi karena kaki yang terpuntir atau terjatuh. Kasus patah tulang engkel paling sering terjadi pada kecelakaan olahraga seperti skateboard, ski atau kecelakaan kendaraan bermotor. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Ketika seseorang mengalami patah tulang pergelangan kaki, ada kemungkinan munculnya rasa nyeri dan bengkak. Kebanyakan orang yang mengalami patah tulang engkel, tentu saja tidak akan bisa berjalan atau menopang berat badan pada pergelangan kaki yang patah. 

Selain nyeri, biasanya luka Memar juga akan muncul beberapa jam kemudian.

Konsep umum dan prinsip perawatan

Perawatan jangka panjang bertujuan untuk meminimalkan kecacatan dan perbedaan panjang kaki, untuk menghindari artritis (peradangan sendi) pasca-trauma, dan untuk mengembalikan fungsi normal pergelangan kaki. 

Fraktur intra-artikular harus dikoreksi untuk mengembalikan kongruensi permukaan sendi dan untuk memperbaiki kecacatan. Kemiringan persendian harus kurang dari 1-2 mm. 

Cedera engkel pada anak-anak harus dilakukan dengan perawatan khusus untuk memastikan bahwa pertumbuhan pada lempeng epifisis tidak terganggu.

Fraktur yang tidak disertai dengan pergeseran tulang dapat ditangani dengan pemasangan gips. Masa penyembuhan dan berapa lama seorang anak tidak dapat menggunakan sendi engkel tergantung pada jenis dan stabilitas fraktur.

Fraktur tibia dan fibula yang tidak mengalami pergeseran fragmen tulang dapat ditangani dengan reduksi tertutup (CR). Pola fraktur yang tidak stabil mungkin memerlukan operasi reduksi terbuka, jika reduksi tertutup tidak dapat mengembalikan struktur normal persendian.

Konsep umum dan prinsip-prinsip perawatan untuk fraktur pergelangan kaki pada anak-anak mirip dengan fraktur pada tulang lain yang memiliki lempeng pertumbuhan. 

Perawatan untuk mencegah terjadinya penutupan lempeng pertumbuhan berfokus pada mengoreksi kecacatan, dan melakukan pemeriksaan rutin setelah operasi untuk memastikan tidak adanya gangguan pada lempeng pertumbuhan yang mengalami cedera. 

Hasil pengobatan akan tergantung pada deteksi dini, teknik pengobatan dan pola fraktur pergelangan kaki yang dialami oleh anak terseb

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Broken Bones (for Kids). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/kids/broken-bones.html)
Broken Bones (for Parents). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/parents/b-bone.html)
What’s the Best Fix for Your Child’s Broken Bone?. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/whats-the-best-fix-for-your-childs-broken-bone/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app