Kesehatan Fisik

5 Cara Mengatasi Bibir Bengkak Dengan Cepat dan Ampuh

Dipublish tanggal: Sep 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
5 Cara Mengatasi Bibir Bengkak Dengan Cepat dan Ampuh

Mengalami pembengkakan di area sekitar wajah tentunya mengganggu rasa percaya diri, termasuk saat bibir tiba-tiba bengkak. Biasanya, kondisi ini disertai dengan sensasi nyeri dan kemerahan di sekitar area pembengkakan. Sebelum mengobati bibir bengkak, Anda harus tahu dulu penyebab bibir bengkak karena setiap penyebab memiliki penanganan yang berbeda-beda. 

Berbagai penyebab bibir bengkak

1. Reaksi alergi

Tak hanya kulit gatal, reaksi alergi dalam tubuh juga bisa menyebabkan bibir Anda tampak bengkak. Hal ini dipicu oleh reaksi tubuh terhadap zat asing yang masuk, sehingga tubuh mengeluarkan zat kimia histamin sebagai bentuk perlindungan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pada saat yang bersamaan, zat histamin tersebut juga menimbulkan reaksi alergi berupa pembengkakan. Jika disebabkan oleh alergi makanan, biasanya bibir akan membengkak setelah Anda mengonsumsi makanan tersebut.

2. Gigitan serangga

Penyebab bibir bengkak bisa karena gigitan serangga seperti semut atau serangga kecil lainnya. Jika serangga tersebut menggigit atau menyengat tepat di bibir Anda, ia akan meninggalkan racun di sana yang dapat menyebabkan bibir Anda membengkak. 

Untuk mengatasinya, biasanya cukup didiamkan beberapa waktu sampai bengkak tersebut menghilang dengan sendirinya.

3. Cedera ringan

Bibir bengkak juga dapat disebabkan oleh cedera atau luka di wajah akibat kecelakaan, terjatuh, atau mungkin wajah terutama area bibir terhantam benda tumpul. Untuk mengatasi bibir bengkak yang disebabkan oleh hal ini, cukup kompres luka dengan es batu atau kompres es.

Baca Juga: 5 Penyebab Bibir Bengkak di Pagi Hari

Cara mengatasi bibir bengkak

Berikut adalah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir bengkak di rumah, di antaranya:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Kompres es

Bungkus beberapa bongkah es dengan kain bersih, lalu tempelkan pada bibir yang bengkak. Cara sederhana ini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh cedera. 

Agar hasilnya maksimal, lakukan beberapa kali sehari. Hindari menempelkan es batu secara langsung ke bibir (tanpa dibalut kain) karena malah bisa memicu infeksi lebih lanjut.

Baca Selengkapnya: Jangan Sampai Salah, Begini Aturan Pakai Kompres Dingin

2. Oleskan gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiradang yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi bibir bengkak. Jika bibir Anda bengkak dan tidak tahu apa penyebabnya, oleskan getah atau gel dari tanaman lidah buaya ke permukaan bibir yang bengkak untuk membantu mengempeskan bengkak pada bibir.

Baca Selengkapnya: Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

3. Menjaga kelembaban bibir

Menjaga bibir agar tetap lembab dapat dilakukan dengan dua cara berikut:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Minum banyak air putih supaya bibir tetap terhidrasi dengan baik
  • Menggunakan pelembab bibir atau lip balm 

Penting juga untuk membersihkan area bibir secara rutin, terutama setelah makan. Jangan hanya mengusapnya dengan tisu, tapi Anda dianjurkan untuk membilas area mulut dengan air sehabis makan. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa kotoran makanan tidak menempel pada bibir yang bengkak dan kemudian menyebabkan infeksi atau peradangan.

4. Konsumsi makanan lembut

Jagalah lapisan bibir yang bengkak agar tidak semakin meradang dengan mengonsumsi makanan bertekstur lembut seperti bubur setidaknya selama 2-3 hari.

5. Minum obat sesuai resep dokter

Jika Anda alergi terhadap sesuatu dan hal tersebut menyebabkan bibir Anda membengkak, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menghindari penyebab alergi tersebut. Biasanya, dokter akan meresepkan obat alergi yang dosisnya disesuaikan dengan kondisi Anda. Dokter juga dapat meresepkan antibiotik bila Anda mengalami tanda-tanda infeksi.

Jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, maka segera periksakan diri Anda ke dokter. Terlebih jika bibir Anda terus membengkak disertai dengan gejala berikut ini: 

  • Mengi (suara napas seperti siul karena sesak napas)
  • Susah bernapas
  • Hilang kesadaran
  • Pembengkakan pada mulut dan lidah

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
University of Rochester Medical Center Staff. (2018). Cuts and wounds of the mouth. (https://www.urmc.rochester.edu/encyclopedia/content.aspx?ContentTypeID=90&ContentID=P02836)
University of Nebraska-Lincoln Institute of Agriculture and Natural Resources Staff. (2014). Allergenic foods and their allergens: Spices and herbs. (https://farrp.unl.edu/informallspicesherbs)
Tarbox JA, et al. (2018). Angioedema. (https://jamanetwork.com/journals/jama/fullarticle/2681197)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app