Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Bugleweed: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 8, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 779.501 orang

Apa Anda pernah mendengar kata bugleweed? Atau apakah Anda mengetahui apa itu bugleweed? Bagi sebagian orang mungkin bugleweed sudah tidak asing lagi karena tanaman ini sudah sejak dulu dijadikan sebagai herbal pengobatan. 

Akan tetapi, bagi Anda yang tidak tahu, sangatlah penting untuk mengetahui karakteristik herbal bugleweed. Jadi, mari simak detil herbal bugleweed di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengenai Bugleweed

Bugleweed adalah tanaman yang tumbuh di habitat basah. Daunnya bergerigi dengan bunga-bunga putih kecil yang mengelilingi batang. Tanaman ini memiliki sedikit bau.

Spesies Eropa tanaman ini rasanya pahit, tapi spesies Amerika tanaman ini tidak pahit. Tanaman bugleweed seluruhnya digunakan sebagai medis atau untuk obat.

Golongan

Obat atau suplemen bugleweed ini dijual bebas, namun lebih disarankan untuk mendiskusikan penggunaannya dengan dokter.

Kemasan

Bugleweed dijadikan obat atau suplemen herbal berupa ekstrak tingtur (cairan), bubuk, dan kapsul.

Kandungan

Bugleweed mengandung senyawa fenolik asam lithospermic, asam rosmarinic, asam klorogenik, asam caffeic, flavonoid luteolin glucoside, diglucoside, luteolin glucuronide, apigenin glukosida, dan beberapa isopimaran.

Manfaat Bugleweed

Bugleweed bermanfaat untuk menurunkan kadar hormon tiroid tingkat tinggi, mengobati batuk, sindrom premenstruasi, nyeri payudara, kegugupan, insomnia, dan pendarahan seperti mimisan atau menstruasi yang banyak. Akan tetapi, masih diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas penggunaan bugleweed ini.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Efek samping Bugleweed

Bugleweed aman bagi sebagian besar orang saat digunakan, namun penyakit tiroid tidak boleh diobati sendiri karena mungkin dapat menyebabkan komplikasi. Selain itu, penggunaan bugleweed dalam jangka panjang dapat menyebabkan kelenjar tiroid membesar

Sementara, menghentikan bugleweed secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan kadar tiroid dan prolaktin tinggi yang dapat menyebabkan gejala fisik.

Dosis Bugleweed

Saat ini, belum ada informasi yang cukup dalam menentukan dosis yang tepat untuk bugleweed. Akan tetapi, terdapat perkiraan dosis bugleweed harian, yaitu 40 mg/hari diminum dalam dosis terbagi selama 3 bulan.

Dosis bugleweed yang tepat, tergantung pada beberapa faktor individu seperti usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pastikan Anda mengikuti petunjuk pada label produk herbal bugleweed, dan berkonsultasilah dengan dokter sebelum menggunakan bugleweed.

Interaksi Bugleweed

Berhati-hatilah dengan kombinasi obat ini:

Bugleweed dapat berinteraksi dengan obat-obat diabetes seperti, glimepiride (Amaryl), insulin, rosiglitazone (Avandia), chlorpropamide (Diabinese), tolbutamide (Orinase), pioglitazone (Actos), glipizide (Glucotrol), dan lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mengonsumsi bugleweed dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah karena bugleweed juga dapat menurunkan kadar gula darah.

Bugleweed dapat pula berinteraksi dengan pil hormon tiroid. Mengonsumsi bugleweed dengan pil hormon tiroid dapat menyebabkan terlalu banyak hormon tiroid dalam tubuh karena bugleweed dapat meningkatkan hormon tiroid yang diproduksi tubuh.

Perhatian

Sangat tidak aman menggunakan bugleweed selama kehamilan, dan menyusui karena dapat mempengaruhi hormone maupun produksi susu.

Jika Anda menderita diabetes, gunakan bugleweed dengan hati-hati karena bugleweed dapat menurunkan kadar gula darah.  Perhatikan gejala gula darah rendah, dan periksa gula darah dengan cermat. Dosis obat diabetes Anda mungkin perlu diubah.

Terdapat pula kekhawatiran bahwa bugleweed dapat mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Hentikan penggunaan bugleweed 2 minggu sebelum operasi.

Jika tiroid Anda membesar, dan tidak berfungsi dengan baik jangan menggunakan bugleweed.

Demikian berbagai hal mengenai herbal bugleweed yang dapat Anda ketahui. Bila Anda tertarik atau memerlukan pengobatan dengan bugleweed, konsultasikanlah pada dokter Anda. Hal tersebut dilakukan agar kondisi Anda selalu terpantau, dan Anda bisa mendapatkan manfaat penuh dari herbal ini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp