Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Brachytherapy : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 17, 2019 Tinjau pada SEP 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.087.559 orang

Brachytherapy merupakan jenis pengobatan radioterapi yang khusus diberikan pada penyakit kanker ganas. Terapi ini menggunakan bahan radioaktif yang ditanam langsung ke dalam jaringan tumor di dalam tubuh. 

Metode brachytherapy telah banyak digunakan pada berbagai kasus kanker karena menimbulkan efek samping yang kecil meskipun diberikan dengan dosis yang tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Brachytherapy telah digunakan sejak tahun 1900an pada pengobatan kanker prostat. Radiasi ini dimasukkan ke dalam daerah tumor dan mampu mengecilkan sel tumor serta menghambat pertumbuhan kanker. Brachytherapy juga dapat dikombinasikan dengan alat terapi lainnya seperti bedah sel kanker atau dengan metode kemoterapui.

Brachytherapy pada penyakit kanker

Brachytherapy bekerja dengan memsukan radioisotop yang terhubung dengan pipa dari luar dan mengionisasikan radiasi ke target sel dan membunuh sel tumor. Hingga saat ini brachytherapy banyak dilakukan dalam penanganan penyakit kanker seperti:

  • Kanker paru-paru
  • Kanker payudara
  • Kanker prostat
  • Kanker kulit
  • Kanker serviks
  • Kanker rahim

Dokter memberi pilihan brachytherapy karena menimbulkan efek samping yang sangat kecil dalam memberikan radiasi. Di beberapa negara berkembang,  pengobatan kanker rahim banyak dipilih dengan brachytherapy.

Brachytherapy sendiri tersedia dalam dua metode yakni pemasangan radioterapi yang bersifat sementara dan permanen. Implantasi yang diberikan sementara diberikan pada kasus penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru. 

Sedangkan pada implantasi permanen, biji radiasi tetap tertanam di dalam organ atau jaringan yang telah mengalami kanker sehingga dapat mengeluarkan radiasi secara perlahan. Prosedur ini banya digunakan pada pengobatan kanker prostat

Lama pengobatan brachytherapy bergantung pada jenis dan ukuran sel kanker serta beratnya penyakit. Brachytherapy dapat berlangsung cepat. Penyinaran radiasi dibutuhkan waktu selama 5 hari dalam satu minggu untuk radiasi eksterna. 

Pada radiasi interna ( impan yang dimasukkan ke dalam jaringan kanker), membutuhkan waktu dimana implan dimasukkan dan dibiarkan selama 1 hingga 3 hari dan diulang selama 2 minggu.    

Efek dari Brachytherapy

Efek yang ditimbulkan selama pengobatan dengan brachytherapy adalah sel kanker dicegah pembelahan dirinya yang dapat merusak jaringan lain. Mitosis sel menjadi melambat serta dapat menghambat kemampuan sel dalam bereproduksi. Ionisasi DNA dan molekul air membentuk radikal bebas yang dapat merusak sel kanker. Kondisi ini bergantung pada dosis radiasi serta kadar oksigen.

Brachytherapy memberikan banyak keuntungan dalam pengobatannya melawan penyakit kanker. Beberapa keuntungan yang diperolah antara lain:   

            •           Membasmi berbagai jenis kanker pada organ dan jaringan di dalam tubu

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

            •           Selama terapi, pasien dapat berawat jalan

            •           Jangka waktu pengobatan tidak lama

            •           Pemulihan setelah terapi menjadi lebih cepat

            •           Efek samping yang sangat kecil

            •           Tidak merusak sel-sel sehat akibat radiasi implan

Efek samping Brachytherapy

Efek samping yang ditimbulkan pada tindakan brachytherapy sangatlah minim trkait pengaruh radiasi terhadap tubuh kita. Efek samping ringan biasanya dapat timbul setelah pelepasan radioaktif dari dalam tubuh. Efek samnping yang dapat timbul antara lain:

            •           Mual

            •           Muntah

            •           Kulit kering (Pada kanker kulit)

            •           Sering buang air kecil

            •           Pendarahan vagina (pada kanker serviks)

            •           Muncul cairan berbau pada vagina

            •           Nyeri perut

            •           Demam

            •           Diare

            •           Cepat lelah

Untuk mencegah resiko infeksi setelah pelepasa radioterapi brachytherapy terutama pada penderita kanker serviks, dokter menyarankan untuk melakukan sterilisasi daerah vagina dengan pemberian antiseptik seperti poviodine untuk mensterilkan daerah vagina. Setelah pelepasan hendaknya tidak melakukan kontak seksual selama pemulihan paska terapi.

Efektivtas Brachytherapy

Efektivitas brachytherapy dinilai ampuh untuk memperanjang usia penderita dan meningkatkan kualitas hidup dalam melawan penyakit kanker. Ini dibuktikan bahwa adanya ketahanan hidup selama lebihd ari 5 tahun setelah pemberian terapi brechytherapy secara lengkap. 

Kenyamanan selama terapi juga menjadi pilihan pasien selama dilakukan tindakan. Dukungan keluarga tetap menjadi kekuatan bagi pasien dalam menerima terapi dan mempercayai kualitas pengobatan dengan brachyotherapy.

Dalam segi paliatif, penggunaan brachytherapy memberikan efek positif dalam mengurangi rasa sakit serta pendarahn bergantung pada besar dosis yang diberikan serta jenis kanker yang dialami.

 


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp