Berbagai Manfaat Menyelam dan Hal-Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 23, 2020 Waktu baca: 3 menit
Berbagai Manfaat Menyelam dan Hal-Hal Lain yang Perlu Diperhatikan

Hampir sebagian orang menyukai olahraga air yang satu ini. Selain membuat tubuh semakin sehat, menyelam dapat membuat Anda menikmati keindahan dunia bawah laut yang sangat mengagumkan. 

Namun sebelum menyelam, Anda harus mengetahui ilmu dan hal-hal penting yang perlu diperhatikan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Menjadi salah satu aktivitas menyelam yang paling banyak digemari, menyelam scuba atau scuba diving merupakan kegiatan menyelam yang menggunakan peralatan berupa tabung oksigen, regulator,dan tangki. 

Tujuan penggunaan beberapa alat tersebut adalah untuk memastikan agar penyelam dapat bernapas dalam air lebih lama. 

Manfaat menyelam bagi kesehatan tubuh 

Terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan olahraga di bawah air ini. Berdasarkan para ahli menyelam atau penyelam profesional, menyelam dapat dikaitkan sebagai meditasi dalam air. 

Disebut sebagai meditasi dalam air karena dengan menyelam seseorang dapat menjadi lebih tenag, serta dapat merasakan sensasi kehidupan tanpa mengalami gangguan dari luar. 

Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain dari menyelam yang bisa didapatkan dan berdampak bagi bagi tubuh, seperti meningkatkan kelenturan tubuh, melatih kekuatan otot, memperbaiki sirkulasi dan aliran darah, melatih pernapasan, meningkatkan sistem imun tubuh, menghambat penuaan, mengurangi stres, serta menurunkan risiko terjadinya depresi dan hipertensi

Adanya beberapa manfaat-manfaat di atas, kegiatan menyelam dapat dilakukan agar tubuh terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan membantu menyelesaikan banyak masalah, seperti membantu proses pemulihan setelah pengobatan kanker, atau bahkan membantu melatih kemampuan berjalan pada penderita spina bifida

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Selain itu, sebuah studi dan pengalaman juga menunjukkan bahwa kegiatan menyelam mampu membantu memulihkan kondisi seseorang yang mengalami PTSD (post-traumatic stress disorder) atau gangguan stres pascatrauma. 

Penderita gangguan stres pascatrauma dapat mengontrol gejala yang dialami dengan berlatih teknik pernapasan yang secara teratur dilakukan saat kegiatan menyelam. 

Teknil pernapasan ini dapat memberikan ketenangan pada penderita sehingga mempermudah proses pengendalian gejala PTSD. Olahraga ini juga dinilai menantang dan menarik untuk dicoba, sehingga akan membuat seseorang mencoba untuk memulai hal baru dan tidak berfokus pasa masa lalu. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika menyelam 

Jika dilihat sekilas, kegiatan menyelam terlihat sangat mudah dan menyenangkan. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa kegiatan ini tidak semudah yang Anda bayangkan. 

Jika Anda ingin mencoba olahraga populer ini, terdapat berbagai persiapan dan latihan khusus yang harus Anda lalui sebelum benar-benar turun menyelam.

Anda juga diwajibkan untuk memiliki sertifikat khusus untuk menyelam bawah laut untuk menjaga keselamatan Anda sebagai penyelam. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, Anda harus mengikuti kursus menyelam agar dapat mengetahui ilmu, teknik, dan wawasan yang lebih luas tentang menyelam. Standar kualifikasi seorang penyelam berbeda-beda pada tiap negara. 

Saat melakukan kegiatan menyelam, nikmatilah proses tersebut dengan menghargai keindahan alam bawah laut yang ada di sekitar Anda sambil menerapkan teknik menyelam yang benar. 

Selain menikmati indahnya ekosistem bawah laut, kesehatan yang semakin terjaga pun menjadi nilai tambah ketika melakukan olahraga ini. 

Ketika menyelam, perhatian Anda mungkin saja terpusat pada pemandangan yang ada, namun Anda tetap harus memperhatikan hal-hal penting saat menyelam, seperti:

  • Menyelam bersama minimal satu orang rekan penyelam.
  • Tidak meminum alkohol sebelum menyelam.
  • Berkonsultasi dengan dokter terkait obat-obatan yang Anda konsumsi sebelum menyelam.
  • Mengenali kondisi area penyelaman, seperti jenis ikan, karang dan risiko atau bahaya lain (ombak dan cuaca).
  • Cobalah untuk relax dan tidak panik saat menyelam.
  • Apabila gejala barotrauma muncul, segera hentikan aktivitas menyelam. Kemudia lakukan teknis dekompresi dengan menutup hidung dan mulut, lalu menghembuskan napas dengan kuat hingga bunyi “keletuk” pada telinga terdengar . 
  • Jika Anda merasakan gejala seperti rasa sakit atau nyeri kepala, telinga terasa penuh, vertigo, mual atau muntah setelah menyelam, maka segera hentikan kegaiatan menyelam. Mintalah bantuan rekan untuk membantu Anda naik ke permukaan secara perlahan-lahan, agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Meskipun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan menyelam, Anda perlu memerhatikan beberapa hal di atas agar terhindar dari masalah kesehatan. 

Apabila Anda memiliki gangguan sinus atau gejala infeksi saluran pernapasan (ISPA), maka Anda sebaiknya tidak melakukan olahraga ini hingga gangguan tersebut benar-benar sembuh. 

Selain itu, jika Anda memiliki kondisi kesehatan teretntu, konsultasikan dengan dokter apakah Anda dapat menyelam atau tidak. 

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Beneton, Frédéric & Michoud, Guillaume & Coulange, Mathieu & Laine, Nicolas & Ramdani, Céline & Borgnetta, Marc & Breton, Patricia & Guieu, Regis & Rostain, Jean-Claude & Trousselard, Marion. (2017). Recreational Diving Practice for Stress Management: An Exploratory Trial. Frontiers in Psychology. 8. 10.3389/fpsyg.2017.02193.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/321882209_Recreational_Diving_Practice_for_Stress_Management_An_Exploratory_Trial)
Alewi, Najim & Al-Asadi, Jasim & Habib, Omran. (2006). THE EFFECTS OF DIVING ON PULMONARY FUNCTION. The Medical Journal of Basrah University. 24. 55-59. 10.33762/mjbu.2006.46420.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/310843646_THE_EFFECTS_OF_DIVING_ON_PULMONARY_FUNCTION)
Jain, K.. (2017). Effects of Diving and High Pressure on the Human Body. 10.1007/978-3-319-47140-2_3.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/310900188_Effects_of_Diving_and_High_Pressure_on_the_Human_Body)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app