Berbagai Dampak dan Tanda Hubungan Tak Bahagia Yang Jarang Disadari

Semakin lama menjalin hubungan, maka semakin banyak pula masalah yang dihadapi. Berbagai masalah yang muncul jika tidak ditangani dengan baik, akan dapat merusak hubungan asmara yang telah terjalin. Hal ini akan menyebabkan Anda tidak bahagia dan mengganggu kesehatan mental. Berikut beberapa masalah kesehatan mental yang muncul akibat hubungan yang tidak bahagia.
Dipublish tanggal: Jul 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 25, 2019 Waktu baca: 2 menit
Berbagai Dampak dan Tanda Hubungan Tak Bahagia Yang Jarang Disadari

Menjalin hubungan asmara akan membuat Anda merasa bahagia. Namun, semakin lama menjalin hubungan, maka berbagai masalah akan muncul, sehingga dapat menyebabkan kebosanan bahkan ketidaknyamanan dalam hubungan. 

Hal ini tentunya akan dapat mempengaruhi kesehatan mental. Jika Anda merasa nyaman saat menjalin hubungan, maka akan muncul rasa bahagia. Begitu pula sebaliknya, jika sudah merasa bosan dan tidak nyaman, maka akan muncul perasaan yang membuat Anda merasa sedih.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Dampak hubungan yang tidak bahagia

Semakin lama menjalin hubungan, maka semakin banyak pula masalah yang dihadapi. Berbagai masalah yang muncul jika tidak ditangani dengan baik, akan dapat merusak hubungan asmara yang telah terjalin. Hal ini akan menyebabkan Anda tidak bahagia dan mengganggu kesehatan mental. 

Berikut beberapa masalah kesehatan mental yang muncul akibat hubungan yang tidak bahagia.

Stress

Hubungan asmara yang tidak terjalin dengan baik, akan membuat Anda merasa tidak bahagia sehingga memicu munculnya stres. Bila tidak segera ditangani, stres dapat berkembang dan memicu munculnya berbagai penyakit.

Kecemasan

Masalah yang berlarut-larut dan tidak kunjung selesai akan menyebabkan kecemasan. Jika tidak segera diatasi, kecemasan dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental.

Gangguan tidur

Masalah yang muncul saat menjalin hubungan asmara biasanya akan menjadi beban dan dipikirkan terus menerus, sehingga menyebabkan susah tidur atau insomnia. Saat kurang tidur, tubuh akan cepat lelah dan mudah emosi.

Depresi

Masalah dalam hubungan yang tidak kunjung selesai juga dapat menyebabkan depresi. Gangguan mental ini sangat berbahaya dan perlu untuk segera diatasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Tanda-tanda hubungan tidak bahagia

Masalah yang muncul dalam suatu hubungan akan membuat Anda merasa tidak nyaman, sehingga merasa tidak bahagia. Sebenarnya tubuh akan mengeluarkan tanda-tanda jika Anda merasa tidak bahagia. 

Namun, terkadang tanda-tanda tersebut tidak disadari. Jika sudah mulai keluar tanda-tanda tubuh merasa tidak nyaman dan bahagia, sebaiknya segera diatasi, karena akan berpengaruh pada kesehatan fisik maupun mental. Berikut beberapa tanda hubungan yang tidak bahagia.

Merasa tidak bertenaga

Salah satu ciri hubungan yang sudah tidak membahagiakan adalah munculnya rasa lelah dan tidak bertenaga. Suatu hubungan yang baik, akan menimbulkan perasaan bahagia dan semangat dalam melaksanakan berbagai aktivitas. 

Namun, pertengkaran atau sikap buruk pasangan akan membuat hubungan menjadi tidak bahagia, bahkan akan memunculkan rasa stres.

Masalah pencernaan

Orang yang menjalani hubungan yang tidak sehat akan mengalami masalah dengan makanan. Misalnya, Anda biasanya suka dengan makanan tersebut, tetapi karena banyaknya masalah dalam hubungan asmara, akan membuat Anda tidak suka terhadap makanan tersebut. 

Hal ini bisa disebabkan karena stres dan penumpukan hormon kortisol dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Masalah otot

Otot menjadi tegang merupakan salah satu tanda bahwa Anda menjalani hubungan yang tidak membahagiakan. Namun, banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Hubungan yang tidak baik, akan membuat Anda mudah stres, sehingga munculnya masalah otot dapat terjadi.

Masalah autoimun

Masalah yang muncul terus menerus dalam sebuah hubungan akan menjadi beban pikiran dan mengakibatkan gangguan imunitas. 

Salah satu tanda yang muncul saat Anda menjalani hubungan yang tidak sehat adalah sistem kekebalan tubuh yang menurun, sehingga mudah mengalami peradangan, sakit pada tubuh, dan gangguan pada kulit.

Munculnya firasat tertentu

Ketika Anda menjalani hubungan yang tidak bahagia, biasanya tubuh akan mengeluarkan tanda atau firasat tertentu. Terkadang cobalah untuk mempercayai firasat yang muncul, jika firasat tersebut masuk akal dan sesuai dengan kondisi yang dialami.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Your Relationship Can Hurt Your Health. Health.com. (https://www.health.com/relationships/12-ways-your-relationship-can-hurt-your-health)
Should You Stay Together for the Kids or Divorce?. Verywell Family. (https://www.verywellfamily.com/should-you-stay-together-for-kids-1270800)
How to Leave a Toxic Marriage. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/how-to-leave-a-toxic-marriage-4091900)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app