Berapa Angka Ketahanan Hidup Penderita Kanker Usus Besar Berdasarkan Stadiumnya?

Tahap-tahap kanker usus besar berkisar dari tahap 0 hingga stadium 4. Setiap tahap dapat dibagi lagi menjadi tingkat keparahan. Level-level tersebut ditunjukkan oleh huruf A, B, atau C.
Dipublish tanggal: Agu 21, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 11, 2020 Waktu baca: 3 menit
Berapa Angka Ketahanan Hidup Penderita Kanker Usus Besar Berdasarkan Stadiumnya?

Mungkin hampir semua orang akan merasa pesimis jika mengetahui bahwa dirinya mengalami kanker, khususnya saat mengalami kanker usus besar. Kanker usus besar merupakan kanker yang muncul di usus besar. 

Kanker usus besar terjadi ketika sel-sel di usus besar atau rektum berubah dan tumbuh secara tidak normal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Kanker usus besar dimulai sebagai pertumbuhan (polip) pada lapisan usus besar. 

Pertumbuhan tersebut dapat menyebar melalui berbagai lapisan usus besar atau rektum dan masuk ke pembuluh darah, yang akhirnya menyebar ke bagian tubuh lain yang jauh.

Sebelum terlalu jauh membahas mengenai kanker usus besar, ada baiknya Anda mengetahui angka ketahanan hidup penderita kanker usus besar berdasarkan stadiumnya agar lebih semangat menjalankan pengobatan.

Stadium kanker usus besar

Stadium kanker digunakan untuk membantu dokter menentukan pengobatan terbaik dan memprediksi tingkat kelangsungan hidup. Berapa banyak kanker telah menyebar menentukan stadium kanker.

Kanker usus besar biasanya ditentukan menggunakan sistem stadium TNM yang dikembangkan oleh American Joint Committee on Cancer.

Stadium didasarkan pada informasi sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19
  • Tumor primer (T). Ukuran tumor asli dan seberapa jauh kanker tumbuh ke dinding usus besar atau menyebar ke daerah terdekat.
  • Nodus limfa regional (N). Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di daerah terdekat.
  • Metastasis jauh (M). Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening atau organ yang jauh, seperti paru-paru atau hati.

Tahap-tahap kanker usus besar berkisar dari tahap 0 hingga stadium 4. Setiap tahap dapat dibagi lagi menjadi tingkat keparahan. Level-level tersebut ditunjukkan oleh huruf A, B, atau C.

Tahap 0

Kanker pada tahap 0 berada pada tahap paling awal dan belum menyebar ke luar mukosa, yang merupakan lapisan dalam usus besar atau dubur. Tahap tersebut juga dikenal sebagai karsinoma in situ.

Tahap 1

Kanker telah tumbuh melalui lapisan usus besar atau rektum tetapi belum menyebar di luar dinding usus besar atau rektum.

Tahap 2

Kanker telah tumbuh melalui dinding usus besar atau rektum tetapi belum menyebar ke kelenjar getah bening regional. 

Tahap 2 dapat dibagi menjadi tahap 2A, 2B, dan 2C tergantung pada seberapa dalam dinding tersebut telah menyebar dan apakah kanker telah menyebar atau tidak ke organ-organ terdekat, seperti kandung kemih atau prostat.

Tahap 3

Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening regional. Stadium 3 dapat dibagi menjadi stadium 3A, 3B, dan 3C tergantung di mana kanker telah tumbuh dan jumlah kelenjar getah bening yang terlibat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Tahap 4

Kanker telah menyebar ke organ yang jauh. Kankaer pada tahap 4 merupakan tahap paling buruk. Tahap 4 dapat dibagi menjadi tahap 4A dan 4B. Tahap 4A menunjukkan kanker telah menyebar ke satu organ yang jauh. 

Tahap 4B menunjukkan kanker telah menyebar ke dua atau lebih organ yang jauh.

Angka ketahanan hidup penderita kanker usus besar

Tingkat kelangsungan hidup seseorang dengan kanker usus besar digunakan sebagai alat untuk membantu memahami prognosis kanker. 

Hal tersebut dapat memberikan persentase orang dengan jenis dan tahap kanker yang sama yang masih hidup setelah jangka waktu tertentu, biasanya lima tahun setelah diagnosis.

 Banyak orang hidup lebih dari lima tahun, dan seringkali jauh lebih lama.

Tingkat kelangsungan hidup hanya perkiraan umum dan tidak dapat memprediksi berapa lama seseorang dengan kanker usus besar akan hidup. 

Ada sejumlah faktor individu yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup yang tidak diperhitungkan oleh angka-angka tersebut, yaitu:

  • usia seseorang dan masalah kesehatan lainnya
  • bagaimana seseorang merespons pengobatan
  • penanda tumor spesifik
  • jenis pengobatan yang diterima
  • apakah kanker kembali atau tidak setelah pengobatan

Tingkat kelangsungan hidup kanker usus besar secara bertahap

Menurut National Cancer Institute, saat ini diperkirakan tingkat kelangsungan hidup lima tahun relatif untuk kanker usus besar adalah 64,5 persen. 

Angka tersebut adalah perkiraan jumlah orang di Amerika Serikat dengan kanker usus besar yang masih hidup lima tahun setelah didiagnosis. Jumlahnya didasarkan pada data Program Surveilans, Epidemiologi, dan Hasil Akhir dari National Cancer Institute yang dikumpulkan dari 2008 hingga 2014.

Berdasarkan data tersebut, berikut adalah rinciannya:

  • Kanker stadium awal. Kanker usus besar tahap awal yang belum menyebar ke luar situs utama biasanya stadium 0 atau stadium 1 memiliki tingkat kelangsungan hidup lima tahun sebesar 89,8 persen.
  • Kanker stadium regional (kelenjar getah bening). Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya adalah sekitar 71,1 persen.
  • Kanker stadium jauh. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk kanker yang telah menyebar ke tempat yang jauh, seperti hati, otak, atau paru-paru, adalah 13,8 persen.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app