HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Beragam Teknik Pijat untuk Bantu Meredakan Gejala Migrain di Rumah

Dipublish tanggal: Agu 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 25, 2020 Waktu baca: 3 menit
Beragam Teknik Pijat untuk Bantu Meredakan Gejala Migrain di Rumah

Sakit kepala merupakan kondisi umum yang sering dihadapi banyak orang setiap harinya. Mulai dari rasa tidak nyaman hingga nyeri yang benar-benar tak tertahankan. Migrain merupakan salah satu jenis sakit kepala yang sering dialami banyak orang. 

Sakit kepala migrain yang parah sering terjadi bersamaan dengan mual, muntah, dan kepekaan terhadap cahaya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Banyak pengobatan yang dapat meredakan gejala sakit kepala migrain, dari pemberian obat-obatan hingga pengobatan yang dapat Anda lakukan di rumah. Salah satu pengobatan untuk meredakan migrain di rumah yaitu dengan melakukan teknik pijat. 

Berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai teknik pijat yang dapat membantu meredakan migrain di rumah.

Teknik pijat untuk Migrain

Pijat merupakan istilah yang mencakup berbagai metode menggunakan sentuhan untuk menekan, menggosok atau menggerakkan kulit, otot, tendon, dan ligamen

Pijat digunakan untuk beberapa kondisi kesehatan dan memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi stress, rasa nyeri, dan ketegangan otot khususnya dalam meredakan serangan migrain. 

Ada beberapa titik akupresur yang berhubungan dengan mengurangi nyeri migrain dan gejala lainnya, seperti mual. 

Poin-poin khusus pada tubuh tersebut dapat ditekan atau digosok melalui pijatan, dan banyak orang menemukan bahwa pijatan dan akupresur dapat memberikan kelegaan dari serangan migrain.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Berikut beberapa teknik pijat yang dapat Anda lakukan untuk meredakan serangan migrain dirumah:

  • Letakkan kedua ibu jari tepat di bawah alis. Berikan tekanan secara perlahan ke arah dahi. Kemudian, pijat dan tahan selama 10 detik sambil menarik napas dalam-dalam. Ulangi pijatan hingga Anda merasa migrain Anda mereda.
  • Tekan pelipis kanan dan kiri menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Pijat daerah tersebut dengan gerakan memutar selama 7 sampai 10 detik. Ulangi pijatan hingga Anda merasa lebih nyaman.
  • Tekan kedua ibu jari saling berhadapan ke jembatan hidung Anda tepat di bawah dahi. Kemudian, tekan dan pijat daerah tersebut dengan perlahan sekitar 10 detik sambil mengatur napas. Ulangi pijatan hingga Anda merasa nyaman.

Selain teknik pijatan yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah, berikut terdapat beberapa jenis teknik pijatan lainnya yang dapat membantu meredakan gejala migrain, namun teknik pijatan di bawah ini memerlukan orang yang ahli dibidang pijat untuk melakukannya. 

Jenis teknik pijat yang tersedia, termasuk:

  • Pijat Swedia (Swedish massage). Pijat swedia mengacu pada beragam teknik yang didesain khusus untuk merelaksasikan otot melalui pijatan atau tekanan pada otot dan tulang, serta gosokan mulai ujung kaki yang membantu mengalirkan darah kembali ke jantung. 

Adapun tujuan utama dari pijat ini adalah memperlancar aliran oksigen di dalam darah dan melepaskan racun yang tidak baik dari dalam otot.

  • Pijat jaringan dalam (Deep tissue massage). Pijat jaringan dalam atau deep tissue massage cenderung menggunakan lebih banyak tekanan pada tubuh. Itulah mengapa, pijat jaringan dalam sangat cocok bagi Anda yang mengalami sakit kepala migrain

Teknik pemijatan akan dilakukan secara perlahan dan lebih dalam hingga menyentuh lapisan terdalam otot dan jaringan ikat.

  • Pijat refleksi. Pijat refleksi banyak dipilih orang karena pijat jenis tersebut dipercaya memberikan manfaat kesehatan tertentu secara alami tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Para terapis biasanya menggunakan ibu jari dan jari lainnya untuk menekan titik-titik saraf pada tangan dan kaki. 

Terkadang juga dibutuhkan alat bantu saat memijat atau memberikan tekanan pada kaki atau tangan, berupa bola karet, karet gelang, alat pemijat dari kayu dan lain-lain.

  • Shiatsu. Pijat Shiatsu merupakan jenis pijatan yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai kondisi kesehatan seperti masalah pencernaan, depresi, ketegangan otot, sakit kepala, cemas dan sinusitis

Salah satu manfaat dari pijat shiatsu yaitu bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri di bagian otot yang kejang dan menegangkan khususnya pada kasus sakit kepala migrain. Saat mendapatkan pijatan tersebut, tubuh akan perlahan menjadi rileks.

Kemungkinan efek samping dari teknik pijatan

Teknik pijat umumnya dianggap aman ketika dilakukan oleh terapis pijat yang terdaftar dengan lisensi yang diakui. Mayoritas efek samping negatif dari pijatan jarang terjadi dan biasanya efek samping selalu dikaitkan dengan pijatan yang dilakukan oleh orang awam (tidak berlisensi).

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hernandez-Reif, Maria & Dieter, John & Field, Tiffany & Swerdlow, Bernard & Diego, Miguel. (2009). Migraine Headaches are Reduced by Massage Therapy. International Journal of Neuroscience. 96. 1-11. 10.3109/00207459808986453. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/232080723_Migraine_Headaches_are_Reduced_by_Massage_Therapy)
Quinn C, et al. (2002). Massage therapy and frequency of chronic tension headaches. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1447303/)
Puustjärvi K, et al. (1990). The effects of massage in patients with chronic tension headache. DOI: (https://doi.org/10.3727/036012990816358234)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app