Beberapa Pilihan Dalam Pasta Gigi

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Mar 30, 2020 Waktu baca: 3 menit
Beberapa Pilihan Dalam Pasta Gigi

Ada beberapa pilihan pada saat Anda ingin membeli pasta gigi, hal tersebut tentu membuat Anda kewalahan. 

Pasta gigi yang mengandung fluoride? Atau keduanya? Dan jangan lupa untuk memikirkan apakah perlu mencari pasta gigi pemutih atau dengan formula yang semuanya natural.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Dalam hal memilih pasta gigi yang terbaik untuk Anda, merupakan hal yang penting untuk memikirkan mengenai kebutuhan kesehatan mulut Anda.

Dasar Pasta Gigi

Pasta gigi ada yang berbentuk pasta atau gel. Meskipun terdapat banyak tipe pasta gigi, ada beberapa bahan yang umum pada keberagamannya. Hal ini antara lain:

  • Agen abrasif. Material yang menggosok, seperti kalsium karbonat dan silikat, membantu menghilangkan sisa makanan, bakteri dan noda pada gigi Anda.
  • Perasa. Pemanis buatan, seperti sakarin, biasanya ditambahkan ke pasta gigi untuk membuat pasta gigi berasa lebih enak. Ketika kebanyakan orang menyamakan rasa pasta gigi dengan mint, pasta gigi nyatanya juga tersedia dalam berbagai varian rasa, termasuk kayu manis, lemon-jeruk nipis, dan bahkan bubblegum (untuk anak-anak).
  • Humektan untuk penahan kelembaban. Formulasi dalam bentuk gel dan pasta biasanya mengandung zat seperti gliserol untuk mencegah pasta gigi untuk mengering.
  • Pengental. Agen yang menambah kekentalan pada pasta gigi, yaitu permen karet dan molekul yang lentur yang ditemukan pada beberapa jenis rumput laut, berguna untuk mempertahankan tekstur pasta gigi.
  • Bahan busa. Busa yang Anda lihat ketika Anda menyikat gigi Anda merupakan hasil dari detergen seperti sodium lauryl sulfate.

Pasta gigi fluoride

Bahan dasar yang paling dasar untuk dicari pada pasta gigi adalah fluoride. Fluoride adalah mineral yang alami. Penggunaan fluorida dapat menurunkan kemungkinan pembusukan gigi dan gigi berlubang secara dramatis selama 50 tahun ini. 

Bakteri pada mulut Anda memakan gula dan pati yang tersisa di gigi Anda setelah Anda makan. Fluoride membantu dalam melindungi gigi Anda dari asam yang terlepaskan dari metabolisme bakteri. 

Fluoride bekerja dengan dua cara. Pertama, fluoride membuat enamel gigi Anda lebih kuat dan menurunkan kemungkinan terjadi kerusakan akibat asam. Kedua, fluoride dapat memperbaiki kerusakan tahap awal akibat asam dengan melapisi kembali daerah yang sudah membusuk.

Menggunakan pasta gigi fluoride merupakan cara yang penting untuk memastikan gigi Anda mendapatkan perawatan dari mineral yang ramah pada gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Jangan Anda pikir Anda bisa terhindar dari fluoride pada air yang mengandung fluoride. 

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pasta gigi fluoride membantu meningkatkan konsentrasi fluoride pada gigi Anda, bahkan pada daerah yang airnya mengandung mineral yang kadarnya tinggi.

Pasta gigi pengontrol tartar (kalkulus)

Ada banyak pasta gigi yang dapat mengontrol tartar di pasaran, kebanyakan mengandung fluoride. 

Semua orang memiliki lapisan bakteri pada gigi mereka yang disebut plak. Jika plak tidak segera dibersihkan dengan kebersihan mulut yang tepat, plak akan menjadi tartar. 

Deposit yang sulit untuk dihilangkan ini akan menunpuk pada gigi Anda dan di dalam gusi Anda, yang nantinya akan menyebabkan penyakit gusi.

Ada banyak bahan yang digunakan pada pasta gigi yang membantu mencegah penumpukan tartar pada gigi. Zat kimia, termasuk pyrophosphate dan zinc sitrate, biasanya ditambahkan dan telah terbuki efektif. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Selain itu, beberapa pasta gigi yang mengontrol tartar mengandung antibiotik yang disebut dengan triclosan, yang dapat membunuh beberapa bakteri pada mulut.

Pasta gigi untuk gigi sensitif

Pada orang-orang yang memiliki gigi yang mudah teriritasi, misalnya oleh suhu yang panas atau dingin, ada pasta gigi yang tersedia yang memang diperuntukkan untuk gigi sensitif

Pasta gigi ini biasanya mengandung kalium nitrat atau strontium klorida. Zat kimia ini, yang dapat meredakan gigi sensitif dalam waktu empat minggu, membantu mengatasi gigi sensitif dengan menghalangi jalur yang melalui gigi yang menempel pada saraf di dalam gigi.

Pasta gigi pemutih

Untuk membantu orang-orang yang ingin mendapatkan gigi yang putih layaknya mutiara, pasta gigi pemutih juga dijual untuk dipakai sehari-hari.

Pasta gigi pemutih tidak semuanya mengandung agen pemutih. Tapi biasanya mengandung partikel abrasif atau zat kimia yang secara efektif dapat memoles gigi dan mengikat noda dan membantu untuk mengangkatnya dari permukaan gigi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What does tartar control toothpaste do?. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/qa/what-does-tartar-control-toothpaste-do)
Toothpaste Options: Fluoride Toothpaste, Whitening Toothpaste, Tartar Control Toothpaste, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/weighing-your-toothpaste-options#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apakah Kandungan Deterjen Dalam Pasta Gigi Berbahaya?
Apakah Kandungan Deterjen Dalam Pasta Gigi Berbahaya?

Pasta gigi mengandung berbagai bahan kimia yang berpotensi menyebabkan bahaya bagi kesehatan. Bahan kimia di dalam pasta gigi dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi serta kesehatan Anda secara umum

Buka di app