Bahayanya Zat Kimia Pada Wadah Plastik

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bahayanya Zat Kimia Pada Wadah Plastik

Mereka yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan atau mengidap diabetes seharusnya mencoba untuk mengubah gaya hidup. Tidak hanya dengan rutin berolahraga dan memotong kalori, tetapi juga menghindari bahan kimia yang mungkin berkontribusi membahayakan kesehatan.

Anda mungkin mengonsumsi makanan sehat, tapi jika itu di dalam wadah plastik, mungkin bisa berbahaya karena kandungan bahan kimianya. Evaluasi terhadap lebih dari 1.300 studi mengatakan, ada bukti yang meyakinkan bahwa bahan kimia dapat menganggu keseimbangan hormon dan dapat memicu beberapa masalah kesehatan kronis, seperti diabetes, kegemukan, penyakit jantung, infertilitas, jenis kanker yang berkaitan dengan hormon misalnya kanker payudara, endometrium, dan ovarium, kanker prostat, masalah tiroid, gangguan perkembangan otak pada anak-anak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Bahan kimia berbahaya pada wadah plastik

Beberapa bahan kimia yang disinyalir mungkin mengganggu hormon adalah bisphenol A (BPA) dan bisphenol S. Kedua bahan tersebut banyak digunakan dalam barang-barang yang terbuat dari plastik dan kaleng wadah makan, beberapa jenis pestisida seperti DDT dan triklosan.

Cara memilih wadah plastik yang aman

Sering kali kita tidak bisa menghindari kebutuhan akan wadah plastik. Untuk mereduksi bahayanya, penting bagi Anda untuk memilih produk yang aman.

Wadah plastik yang aman memiliki beberapa tanda seperti: 

1. Simbol food grade

Gambar gelas dan garpu, berarti wadah tersebut aman untuk digunakan untuk makanan dan minuman. Sebaliknya, jika gambar gelas dan garpu tersebut dicoret, berarti wadah tersebut tidak aman untuk makanan dan minuman.

2. Simbol freezer save

Gambar bunga salju, berarti wadah aman digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman dengan suhu rendah atau beku. Sebaliknya, jika gambar bunga sakju dicoret maka wadah tidak boleh untuk disimpan dalam lemari pendingin.

3. Simbol microwave save

Gambar garis bergelombang, berarti wadah aman untuk digunakan sebagai penghangat makanan di dalam microwave, karena tahan suhu yang tinggi. Sebaliknya, gambar garis bergelombang dicoret, wadah tidak boleh digunakan untuk menghangatkan makanan di dalam microwave, tidak tahan suhu yang tinggi atau panas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

4. Simbol oven save

Gambar oven (dua garis horizontal), berarti aman digunakan sebagai penghangat makanan di dalam oven. Meskipun terbuat dari plastik, tetapi tahan suhu tinggi. Sebaliknya, jika gambar tersebut dicoret, berarti wadah tidak tahan suhu tinggi.

Arti simbol segitiga dengan angka di tengah

Selain itu, di wadah plastik juga biasanya ada simbol segitiga dengan angka di tengahnya. Angka-angka itu memiliki makna berikut:

No. 1: PETE atau PET (Polythylene Terephthalate)

Biasa terdapat pada botol plastik transparan air minum dalam kemasan. Simbol seperti ini menandakan wadah plastik hanya boleh digunakan sekali pakai, tidak boleh diisi ulang apalagi pakai air panas, karena bisa mengeluarkan zat karsinogenik atau zat memicu penyakit kanker.

No. 2: HDPE (High Density Polythylene)

Biasa terdapat pada botol berwarna putih susu, galon air minum, kursi dan kemasan susu. Simbol ini berati  hanya boleh dipakai sekali sebagai kemasan pangan.

No. 3: V atau PVC (Polyvinyl Chloride)

Menunjukan plastik yang sulit didaur ulang.  Kandungan plastik ini bisa lumer dan bercampur pada makanan pada suhu -15 derajat Celcius dan bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

No. 4: LDPE (Low Density Polythylene)

Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan sehingga tidak masuk kategori sahabat Bumi, tetapi cukup baik sebagai tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan di dalamnya.

No. 5: PP (Polypropylene) 

Sering digunakan sebagai bahan pembuatan botol obat, pelapis bungkus sereal, pipet, dan pembungkus potato chips. Plastik dengan angka 5 di kode recycle disebutkan cukup aman untuk kesehatan.

No. 6: PS (Polystyrene)

Kemasan plastik dengan angka enam, contohnya adalah styrofoam. Produk dengan simbol ini hanya bisa dipakai satu kali dan mudah mengeluarkan senyawa berbahaya jika terpapar makanan dengan suhu panas. Bahan ini harus dihindari, karena  berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen, pertumbuhan dan sistem saraf, dan  sulit didaur ulang.

Angka 7: Plastik berbahan PC (Polycarbonate) atau bahan lainnya

Digunakan pada pembuatan botol minum bayi dan botol pendingin air. Hati-hati dengan plastik dengan angka 7, karena Bisphenol A (BPA) yang terkandung bisa larut dan menyebabkan gangguan atau kerusakan kromosom.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Facts About Bisphenol A, BPA. WebMD. (https://www.webmd.com/children/bpa)
What Is BPA and Why Is It Bad for You?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/what-is-bpa)
Exposure to Chemicals in Plastic. Breastcancer.org. (https://www.breastcancer.org/risk/factors/plastic)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apa Penyebab Banyak Orang Ingin Melakukan Operasi Plastik?
Apa Penyebab Banyak Orang Ingin Melakukan Operasi Plastik?

Semakin berkembangnya teknologi dalam bidang kedokteran, maka semakin baik fasilitas yang diiliki dan tentu saja dapat memberikan keuntungan pada pasien yang melakukan operasi plastik, beberapa keuntungannya seperti, di bawah ini:

Awas, Body Dysmorphic Disorder (BDD) bisa Sebabkan Kecanduan Operasi Plastik
Awas, Body Dysmorphic Disorder (BDD) bisa Sebabkan Kecanduan Operasi Plastik

Mungkin seseorang akan merasa ketakutan saat pertama kali melakukan operasi plastik, tapi ketika proses operasi plastik yang dirasakan tidak menimbulkan rasa sakit, maka orang tersebut cenderung ingin mengulanginya lagi.

Buka di app