Apa Penyebab Banyak Orang Ingin Melakukan Operasi Plastik?

Semakin berkembangnya teknologi dalam bidang kedokteran, maka semakin baik fasilitas yang diiliki dan tentu saja dapat memberikan keuntungan pada pasien yang melakukan operasi plastik, beberapa keuntungannya seperti, di bawah ini:
Dipublish tanggal: Jun 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apa Penyebab Banyak Orang Ingin Melakukan Operasi Plastik?

Anda tentu saja sering mendengar sebutan “operasi plastik” yang terlontar atau dibicarakan di lingkungan sekitar Anda. 

Operasi plastik umumnya di Indonesia memang masih tergolong jarang dan tabu untuk dilakukan, tetapi saat ini sudah menjadi trend tersendiri apalagi  di kota-kota besar dengan berbagai macam alasan untuk melakukannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Apa itu operasi plastik?

Operasi plastik merupakan prosedur yang berada dalam ilmu kedokteran bedah. Asal kata “plastik” sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “plastikos” yang artinya membentuk. Sehingga, arti dari kata operasi plastik bukan berarti operasi yang menggunakan bahan dasar plastik yang banyak orang kira saat ini.

Perkembangan operasi ini sudah lama dialami berabad-abad tahun di kehidupan manusia. Tetapi, belum banyak orang yang menyadarinya. 

Saat abad ke 19 dan 20, praktik bedah plastik sudah umum untuk dilakukan dan dimulai pertama kali di Amerika oleh seorang dokter bedah plastik bernama dr. John Peter Mettauer dengan pembedahan yang dilakukan pada langit-langit mulut sumbing.

Namun, Bapak Operasi Plastik Modern yang dikenal bukan beliau, melainkan Sir Harold Gillies yang telah berhasil mengembangkan berbagai macam teknik dalam operasi plastik.

Jenis operasi plastik

Berdasarkan tujuan pembedahannya, jenis operasi plastik dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Pembedahan rekonstruksi, dilakukan oleh pasien yang memiliki cacat pada tubuh yang disebabkan oleh penyakit atau kerusakan pada tubuh untuk mengembalikan fungsi dari bagian tubuh tertentu dengan harapan dapat menjalani hidup normal.
  • Pembedahan estetik, dilakukan oleh pasien dengan keadaaan normal dan sehat, tetapi merasa memiliki kekurangan pada bentuk tubuh yang kurang harmonis seperti ingin melebarkan kelopak mata, mengubah ukuran payudara, memperbaiki pantat, membuang lemak di tubuh, dan lain sebagainya dengan harapan bentuk tubuhnya bisa mendekati sempurna.

Keuntungan melakukan operasi plastik

Semakin berkembangnya teknologi dalam bidang kedokteran, maka semakin baik fasilitas yang diiliki dan tentu saja dapat memberikan keuntungan pada pasien yang melakukan operasi plastik, beberapa keuntungannya seperti, di bawah ini:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

1. Dapat memperbaiki penampilan

Operasi plastik dapat dilakukan untuk memperbaiki penampilan dengan berbagai macam kondisi, salah satunya memperbaiki cacat sementara akibat kondisi yang dialami setelah terjadinya kecelakaan, trauma, dan hal yang menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh tertentu dengan mengambil cara bedah rekonstruksi.

2. Menunjang karier

Operasi plastik dapat dilakukan untuk menunjang karier orang-orang yang dituntut untuk selalu menjaga penampilannya. Kaum selebritis atau artis merupakan salah satu orang yang telah merasakan manfaat dari operasi plastik dalam menjalankan kariernya dengan melakukan bedah estetik.

3. Mengatasi masalah kesehatan

Beberapa orang dapat mengalami masalah kesehatan yang berujung harus merubah penampilannya sehingga mengharuskan melakukan operasi plastik sebagai salah satu solusi untuk memperbaikinya, salah satunya yaitu dengan cara operasi pengecilan ukuran payudara yang dapat megurangi nyeri punggung.

4. Menumbuhkan rasa percaya diri

Operasi plastik yang dilakukan dengan tujuan untuk estetika dapat membuat seseorang merasa percaya diri dan berdampak besar pada kehidupannya sehari-hari. Selain itu, perubahan penampilan yang dialaminya dapat mendukung kesehatan psikis untuk seseorang yang memiliki masa lalu terhadap bullying.

5. Solusi alternatif dari pembedahan invasif

Pembedahan invasif merupakan salah satu cara untuk mengurangi trauma di tubuh yang disebabkan oleh bedah terbuka konvensional karena sayatan yang dibuat jauh lebih kecil. 

Tetapi, jika dirasa pembedahan tersebut belum bisa memberikan hasil yang maksimal dalam mengatasi masalah kecantikan dari seseorang, maka operasi plastik dapat dijadikan solusi atau pilihan terakhir sebagai alternatif.

Apakah saya harus melakukan operasi plastik?

Operasi plastik sah-sah saja untuk Anda lakukan, tetapi Anda harus mempertimbangkannya secara bijak, apakah Anda benar-benar harus melakukannya dan membutuhkan perubahan yang permanen pada penampilan di tubuh Anda mengingat banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk jangka panjang.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Plastic Surgery. Medscape. (https://www.medscape.com/plastic-surgery)
Plastic Surgery (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/plastic-surgery.html)
Plastic surgery. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/plastic-surgery/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Awas, Body Dysmorphic Disorder (BDD) bisa Sebabkan Kecanduan Operasi Plastik
Awas, Body Dysmorphic Disorder (BDD) bisa Sebabkan Kecanduan Operasi Plastik

Mungkin seseorang akan merasa ketakutan saat pertama kali melakukan operasi plastik, tapi ketika proses operasi plastik yang dirasakan tidak menimbulkan rasa sakit, maka orang tersebut cenderung ingin mengulanginya lagi.

Buka di app