Alasan Melakukan Operasi Plastik

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Alasan Melakukan Operasi Plastik


Operasi plastik merupakan prosedur bedah yang kini diminati banyak orang. Banyak orang terutama kaum wanita melakukan prosedur operasi plastik untuk tujuan kecantikan.

Kata plastik dalam operasi plastik diambil dari bahasa Yunani “plastikos” yang bermakna membentuk. Jadi kata plastik di operasi plastik bukan berarti operasi yang menggunakan bahan plastik.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Tetapi proses pembedahan yang bertujuan untuk melakukan pembentukan atau perubahan terhadap sesuatu yang ada di tubuh. 

Operasi plastik sejatinya telah dilakukan sejak dulu, namun akhir-akhir ini trend operasi plastik sedang meroket.

Praktek operasi yang satu ini telah banyak dilakukan pada abad ke 19 dan 20. Dr. John Peter Mettaauer, seorang dokter bedah plastik yang berasal dari Amerika adalah dokter yang melakukan praktik operasi ini pertama kali.

Dokter tersebut melakukan operasi bedah pada langit-langit mulut sumbing pasiennya. Dr. Peter memberikan kontribusi yang cukup besar dalam dunia kedokteran saat itu. Namun, yang lebih dikenal sebagai Bapak Operasi Plastik Modern adalah Sir Harold Gillies.

Hal ini dikarenakan jasa Beliau yang telah berhasil mengembangkan beragam teknik dalam operasi plastik yang dipakai hingga saat ini.

Jenis bedah plastik

Berdasarkan tujuan pembedahan, bedah plastik dibagi menjadi dua jenis yaitu pembedahan untuk rekonstruksi dan pembedahan untuk estetik/kecantikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Bedah estetik biasanya dilakukan oleh pasien-pasien yang sedang dalam kondisi sehat dan normal, tapi ingin melakukan perubahan di beberapa bagian tubuh dikarenakan bentuknya yang kurang proporsional dan kurang enak dilihat.

Beberapa prosedur operasi plastik estetik yang sering dilakukan antara lain memancungkan hidung, mengecilkan atau memperbesar payudara dan pantat, melebarkan kelopak mata, liposuction atau membuang lemak di perut, mengecilkan paha, meniruskan pipi, dan lain sebagainya.

Tujuan dari operasi ini adalah untuk mempercantik dan memperbaiki penampilan sehingga bisa mendapatkan penampilan dan tubuh yang hampir sempurna.

Sedangkan untuk bedah rekonstruksi ditujukan pada pasien-pasien yang mengalami keadaan yang tidak normal karena faktor tertentu seperti akibat kecelakaan atau kecacatan saat lahir.

Tujuannya adalah untuk merekonstruksi atau memperbaiki bagian tubuh yang rusak atau kurang sempurna karena faktor tertentu.

Alasan melakukan prosedur operasi plastik

dengan perkembangan zaman yang ada, maka semakin maju teknologi yang bertujuan untuk membantu manusia. Salah satunya adalah perkembangan di dunia kesehatan terutama dalam bedah plastik. Beberapa alasan seseorang melakukan bedah plastik adalah:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22
  • Memperbaiki penampilan

Salah satu alasan kuat seseorang melakukan tindakan operasi bedah adalah karena ingin memperbaiki penampilan. Ada beberapa kondisi seseorang megalami kekurangan dari segi fisik, bisa karena kecelakaan, trau,ma, ataupun masalah medis lainnya.

Ada pula yang yang mengalami kecacatan bawaan dari sejak lahir. Operasi plastik merupakan langkah terbaik untuk memperbaiki atau merekonstruksi penampilan yang belum sempurna. 

  • Menunjang karir

Operasi plastik juga dapat berperan dalam menunjang karir seseorang. Biasanya pasien yang melakukan prosedur operasi dengan tujuan ini adalah kaum-kaum yang bekerja dalam dunia seni atau selebritis.

Mereka dituntut untuk memberikan penampilan yang sempurna di setiap kesempatan. Oleh sebab itu mereka membutuhkan langkah cepat dan aman untuk menunjang karir mereka. 

  • Mengatasi masalah kesehatan

Beberapa masalah kesehatan yang mengganggu karena bentuk tubuh yang tidak proporsional pun bisa diatasi dengan operasi plastik.

Seperti pada kasus wanita yang sering mengalami sakit punggung karena memiliki ukuran payudara yang terlalu besar dan tidak proporsional dengan tubuhnya. Operasi plastik dapat menjadi solusi untuk menghilangkan gangguan ini. 

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Operasi plastik dapat membantu seseorang untuk meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang memiliki tujuan kecantikan. Dengan penampilan yang paripurna, rasa percaya diri pada seseorang tentunya akan semakin bertambah. 

  • Saat terapi non-invasive tidak mampu mengatasi masalah

Untuk tujuan kecantikan, banyak tindakan non-invasive yang dilakukan oleh kaum wanita di masa kini. Jika tindakan ini masih belum membuahkan hasil, maka operasi plastik menjadi pilihan terakhir yang bisa menjadi solusi.

Pentingkah operasi plastik?

Jika Anda merasa sudah cukup dengan apa yang Anda punya, maka operasi plastik tidak menjadi suatu impian yang harus dilakukan.

Tetapi semakin berkembangnya zaman dan kehidupan, operasi plastik kini bukanlah sesuatu yang asing dan tabu, apalagi jika tujuannya adalah untuk kecantikan. 

Yang harus dipahami sebelum melakukan prosedur ini adalah dengan memikirkan dan mempertimbangkan secara matang keputusan operasi.

Hal ini dikarenakan bagian tubuh yang sudah dibedah tentunya akan memberikan perubahan pada tubuh yang sifatnya permanen.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Plastic Surgery (for Teens). Nemours KidsHealth. (https://kidshealth.org/en/teens/plastic-surgery.html)
Plastic surgery. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/plastic-surgery/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Apa Penyebab Banyak Orang Ingin Melakukan Operasi Plastik?
Apa Penyebab Banyak Orang Ingin Melakukan Operasi Plastik?

Semakin berkembangnya teknologi dalam bidang kedokteran, maka semakin baik fasilitas yang diiliki dan tentu saja dapat memberikan keuntungan pada pasien yang melakukan operasi plastik, beberapa keuntungannya seperti, di bawah ini:

Awas, Body Dysmorphic Disorder (BDD) bisa Sebabkan Kecanduan Operasi Plastik
Awas, Body Dysmorphic Disorder (BDD) bisa Sebabkan Kecanduan Operasi Plastik

Mungkin seseorang akan merasa ketakutan saat pertama kali melakukan operasi plastik, tapi ketika proses operasi plastik yang dirasakan tidak menimbulkan rasa sakit, maka orang tersebut cenderung ingin mengulanginya lagi.

Buka di app