Doctor men
Ditulis oleh
MELIANTY IPARDJO
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Perawatan Wajah

Operasi Plastik dan Serba Serbinya

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.397.016 orang

Operasi Plastik dan Serba Serbinya

Operasi plastik merupakan salah satu tindakan yang masih pro dan kontra yang ada di negara tercinta kita Indonesia dimana sebagian orang masih bertahan dengan pemikiran dan konsep bahwa operasi plastik bukanlah hal yang umum atau tabu.

Sedangkan di sisi lainnya, sebagian orang yang sudah banyak mendapat pengaruh dunia luarpun merasa operasi plastik ialah hal yang sah sah saja dilakukan serta bukanlah menjadi sesuatu yang tabu lagi dan wajar dilakukan bila memang memiliki keinginan dan budget dalam melakukan operasi plastik tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Lalu apa pendapatmu mengenai operasi plastik. Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai serba serbi dari operasi plastik.

Operasi plastik

Operasi plastik ialah tindakan kedokteran berupa bedah yang dilakukan untuk merekonstruksi bagian tertentu dalam tubuh manusia yang biasanya paling banyak dilakukan di bagian wajah manusia.

Tujuan utama dari tindakan operasi plastik sendiri pada awalnya ialah membantu orang orang yang cacat atau memiliki kekurangan fungsional pada fisik orang tersebut yang biasanya diakibatkan oleh kecelakaan, penyakit, cedera atau efek efek tindakan atau pengobatan medis lainnya yang menyebabkan keadaan fisik orang tersebut tidak terlihat normal sehingga membutuhkan suatu perbaikan agar orang tersebut bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Namun di jaman maju seperti sekarang ini, tindakan operasi plastik bukan hanya terbatas pada perbaikan bagian tubuh atau wajah bagi mereka yang memang memiliki kekurangan fisik atau cacat, namun juga sebagai pilihan atau option dengan tujuan estetika atau kecantikan.

Operasi plastik sekarang ini memang sedang sangat populer dan sudah banyak dilakukan oleh para kaum wanita dan kaum pria di beberapa negara maju dan berkembang di Asia.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sebut saja seperti operasi plastik pada bagian wajah yang memang sudah menjadi trend dan hal yang wajar dan umum terjadi di Korea Selatan. Di Korea Selatan sendiri sekarang ini banyak sekali klinik klinik kecantikan atau rumah sakit khusus operasi plastik yang mampu melayani rekonstruksi wajah dari yang biasa biasa saja lalu berubah menjadi wajah yang mrip dengan para artis atau aktor negeri Ginseng tersebut dalam waktu yang cukup singkat.

Klinik dan rumah sakit kecantikan d Korea Selatanpun sekarang sudah sangat maju dan berkembang pesat dimana mereka kebanyakan sudah banyak yang menerima pasien pasien internasional dengan bahasa Inggris sebagai perantaranya.

Akibat kepopuleran dari operasi plastik di Korea inilah, banyak orang tua di Korea Selatan yang menghadiahkan anak mereka dengan operasi plastik di usia 17 tahunnya.

Bagaimana teknik dalam menjalani operasi plastik?

Sebenarnya ada beberapa tahapan dan teknik yang digunakan dalam melakukan bedah operasi plastik. Semua kembali ke dokter atau tim medis yang melakukan bedah itu sendiri dan tujuan dari melakukan bedah plastik.

Namun ada beberapa teknik yang umumnya merupakan teknik standard atau umum dalam melakukan operasi plastik seperti dibawah ini:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Cangkok kulit (Skin Graft)

Di dalam teknik ini, kulit sehat si pasien atau kulit yang kondisnya masih bagua akan diambil dan dilepaskan dari tempatnya dengan tujuan sebagai kulit pengganti yang akan menutupi area kulit yang rusak atau yang ingin diperbaiki.

Teknik cangkok kulit biasanya dilakukan oleh para dokter untuk mengobati pasien yang mengalami kondisi luka bakar, bibir sumbing, patah tulang terbuka dan sebagainya sehingga mengharuskan si pasien mengalami rekonstruksi kulit rusak mereka dengan kulit yang sehat.

Kulit yang sudah dicangkok akan direkatkan ke area yang perlu direkonstruksi dengan menggunakan lem, klip, benang atau staples bedah dan didiamkan selama 5 – 7 hari sehingga bekas luka dapat kering sempurna

2. Perluasan jaringan (implant)

Seperti namanya perluasan jaringam teknik ini bertujuan untuk meregangkan jaringan jaringan di sekitar area sehingga dokter dapat memasukan alat seperti balon ke bawah lapisan kulit yang disi penuh dengan cairan khusus.

Setelah dirasa cukup renggang maka alat tersebut akan ditarik keluar dan jaringan baru bisa ditempatkan di bagian tersebut untuk menggantikan kulit yang rusak.

Selain 2 teknik diatas, masih banyak lagi teknik lain yang dapat dilakukan dalam operasi plastik. Namun butuh diingat bahwa layaknya tindakan medis lainnya, operasi plastikpun bisa saja mempunyai resiko gagal dan berbagai efek samping yang bisa merugikan dirimu serta kondisi keehatanmu sehingga sebaiknya kamu memikirkan secara baik dan mendetail terlebih dahulu sebelum kamu melakukan operasi plastik tersebut. 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit