Bagaimana Berlari Jauh Jika Anda Memiliki Kondisi Telapak Kaki Datar?

Dipublish tanggal: Jul 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bagaimana Berlari Jauh Jika Anda Memiliki Kondisi Telapak Kaki Datar?

Anda mungkin pernah mendengar tentang kondisi kaki yang dikenal sebagai "kaki datar" atau pes planus. Kondisi ini sebenarnya sangat umum, terutama di Asia. Kondisi ini mempengaruhi hingga 20 persen dari semua orang di dunia. 

Ketika seseorang memiliki kondisi telapak kaki yang datar, telapak kaki mereka memiliki kelengkungan yang sangat sedikit atau tidak ada sama sekali, dibandingkan dengan orang biasa.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Sebenarnya ada 2 jenis kaki datar, telapak kaki datar fleksibel dan telapak kaki datar kaku.

  • Telapak kaki datar fleksibel berarti bahwa lengkungan benar-benar terlihat, tetapi mendatar saat menyangga beban. Ini biasanya disebabkan oleh kelonggaran pada kaki dan biasanya merupakan faktor keturunan.
  • Telapak kaki datar yang kaku berarti tidak ada lengkungan yang terlihat sama sekali. Telapak kaki datar yang kaku dapat disebabkan oleh faktor keturunan atau karena gaya hidup. Kaki datar jenis ini juga dapat disebabkan akibat kelebihan berat badan dan penggunaan alas kaki yang buruk dalam jangka waktu yang panjang. 

Jika Anda memiliki telapak kaki yang datar, seluruh permukaan telapak kaki Anda bersentuhan seluruhnya (atau hampir penuh) dengan tanah. Memiliki kondisi telapak kaki yang datar menyebabkan ketegangan pada otot, ligamen, dan persendian karena distribusi berat badan yang tidak merata.

Meskipun ini bukan kondisi yang mengancam jiwa, Anda harus tetap berhati-hati. Karena kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada kaki saat berjalan atau berdiri, terutama untuk jangka waktu yang lama.

Tapi apa artinya bagi pelari? Berlari membutuhkan banyak pengerahan otot dari kaki, terutama selama lomba lari jarak jauh seperti maraton. Akibatnya, Anda mungkin tidak hanya mengalami nyeri pada telapak kaki, tetapi juga nyeri pada pergelangan kaki setelah berlari.

Cara Berlari Jika Anda Memiliki Kondisi Telapak Kaki yang Datar 

Langkah 1

Anda dapat menggunakan penyangga pergelangan kaki dan kaki Anda saat berlari. Anda dapat menggunakan bantalan lengkungan orthotic yang diletakan di dalam sepatu lari Anda. Bantalan penyangga mencegah kaki Anda terlalu menelungkup saat Anda berlari, sehingga dapat memberikan dukungan ekstra pada kaki dan pergelangan kaki. 

Jenis bantalan orthotic yang Anda butuhkan tergantung pada keparahan kondisi Anda. Bantalan yang dapat Anda gunakan berkisar dari bantalan kaku hingga bantalan lunak. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis ortopedi atau dokter spesialis rehabilitasi medis untuk dapat membantu Anda memilih jenis bantalan yang tepat untuk Anda gunakan saat berlari. 

Langkah 2

Bentuk kembali lengkungan telapak kaki Anda dengan latihan sederhana seperti toe curls. Duduk di kursi dan letakkan handuk di lantai, di depan Anda. Letakkan kaki telanjang di atas handuk. 

Lutut Anda harus berada di atas pergelangan kaki membentuk 90 derajat. Gunakan semua jari kaki Anda untuk menggulung handuk dan menariknya ke arah Anda. Ulangi 10 kali dalam satu set dan lakukan dalam 10 set.

Langkah 3

Berlari pada permukaan yang rata untuk membantu mencegah posisi kaki yang terlalu menelungkup. Ketika Anda memiliki kaki yang rata, kaki Anda mengarah ke luar ketika Anda berlari, menyebabkan tulang pada tungkai kaki berputar ke dalam. 

Disfungsi ini memberi tekanan luar biasa pada mekanisme kaki bagian bawah, termasuk sendi lutut dan pergelangan kaki. Pilih medan datar dengan sedikit atau tidak merata untuk meminimalkan terjadinya kondisi ini.

Cara Latihan Berlari Jika Memiliki Kondisi Kaki Datar

Jika Anda memperkuat pergelangan kaki Anda, Anda dapat mengurangi berbagai masalah pergelangan kaki yang disebabkan oleh kaki yang rata. Berikut adalah 3 latihan yang bisa Anda lakukan di rumah. Pastikan untuk melakukannya tiga kali seminggu untuk meningkatkan kekuatan pergelangan kaki.

1. Toe curls

2. Scissor Hops

  • Mulai dengan posisi lunge (pada satu kaki, paha dan tulang kering membentuk sudut 90 dengan paha sejajar dengan lantai, sedangkan kaki yang ditarik jauh ke belakang tubuh)
  • Dari posisi lunge, coba untuk melompat dan mendarat dengan kaki lainnya ke depan. Lakukan dengan 10 repetisi.

3. Standing Squat Jumps

  • Mulailah dengan berdiri dan melompat kemudian mendarat dengan posisi jongkok. Pastikan posisi Anda benar!
  • Lompat lurus ke atas dan ayunkan lengan ke atas.
  • Turun kembali ke posisi jongkok. Lakukan dengan 10 repetisi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Flat Feet: Treatment, Causes & More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pes-planus)
Flat feet: Symptoms, exercises, diagnosis, and treatment. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/168608.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app