Atrial Premature Complexes - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 29, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.240.571 orang

Atrial premature complexes (APCs) adalah jenis dari aritmia jantung yang ditandai dengan denyut jantung prematur yang berasal dari atrium. Nama lain untuk Atrial premature complexes adalah kontraksi atrium prematur

Salah satu gejala APC yang paling umum adalah jantung berdebar atau kesadaran yang tidak biasa terhadap detak jantung . Palpitasi adalah detak jantung yang berdetak sangat cepat, sangat lambat, atau waktunya tidak teratur. APC terjadi ketika detak jantung terjadi di awal siklus jantung

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Nama lain untuk kondisi ini adalah irama jantung yang prematur.

APC menghasilkan perasaan bahwa jantung berdegup kencang atau detak jantung Anda berhenti sebentar. Detak jantung prematur sering terjadi, dan biasanya tidak berbahaya. Kasus APC jarang dapat mengindikasikan suatu kondisi jantung yang serius seperti aritmia yang mengancam jiwa.

Ketika detak yang prematur terjadi di bilik atas jantung, kondisi tersebut dikenal sebagai kompleks atau kontraksi atrium . Denyut yang prematur juga dapat terjadi di bilik bawah jantung yang dikenal sebagai kompleks atau kontraksi ventrikel.

Penyebab Atrial Premature Complexes

Penyebab detak jantung yang prematur umumnya masih tidak diketahui. Kebanyakan orang yang menderita APC tidak memiliki penyakit jantung. Salah satu dari hal-hal berikut ini dapat menyebabkan detak jantung prematur lebih sering terjadi, hal tersebut dapat berupa:

  • Kafein
  • Alkohol
  • Stress
  • Kelelahan atau kurang tidur
  • Obat yang mencantumkan detak jantung tidak teratur sebagai efek samping

Terkadang, denyut jantung yang prematur juga disebabkan oleh cedera pada jantung atau penyakit jantung yang mendasarinya. Jika tiba-tiba Anda mulai merasakan detak jantung Anda terasa berbeda, Anda harus meminta dokter untuk memeriksa Anda dan menyingkirkan masalah yang mendasarinya.

Tanda dan gejala Atrial Premature Complexes

Kebanyakan orang mengalami APC tanpa gejala. Anda mungkin memiliki denyut jantung yang prematur tanpa pernah menyadarinya. Jika Anda dapat merasakan denyut jantung Anda berdetak, Anda mungkin dapat merasakan beberapa hal-hal sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01
  • Jantung yang seolah-olah berdetak kencang
  • Detak jantung terasa intens atau lebih kuat sementara

Gejala-gejala berikut dapat terjadi bersamaan dengan APC. Semua ini dapat menunjukkan bahwa Anda mungkin memiliki kondisi jantung yang lebih serius. Segera mencari pertolongan medis jika Anda mengalami:

  • Denyut jantung yang sangat cepat atau lambat, disertai pingsan atau pusing
  • Berkeringat atau pucat saat Anda merasakan denyut jantung Anda berubah
  • Nyeri dada
  • Kesulitan bernafas
  • Nadi saat istirahat yang lebih dari 100 denyut per menit

APC terkadang bisa menjadi gejala kondisi yang lebih serius. Jika Anda melihat jantung Anda berdetak kencang, atau berdebar-debar bersamaan dengan gejala-gejala lainnya, segera dapatkan pertolongan medis.

Kemungkinan kondisi yang mendasarinya dapat meliputi:

  • aritmia yang dapat menyebabkan stroke atau gagal jantung
  • penyakit jantung
  • hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • kerusakan katup
  • ventricular tachycardia

Cara mencegah terjadinya Atrial Premature Complexes

Anda dapat mencegah terjadinya atrial premature complexes yang tidak berbahaya dengan cara sebagai berikut:

  • Menghindari zat-zat seperti narkoba, tembakau, alkohol, dan kafein.
  • Cobalah untuk berlatih latihan kardiovaskular secara teratur.
  • Kurangi tingkat stress Anda atau diskusikan penggunaan obat anti-kecemasan dengan dokter .
  • Jika Anda kelebihan berat badan, cobalah mengikuti program penurunan berat badan yang sehat untuk jantung.

Cara mengobati Atrial Premature Complexes

Diagnosa

Dokter mungkin akan terlebih dahulu mengajukan beberapa pertanyaan jika Anda mengalami detak jantung yang berdebar-debar. Dokter mungkin bertanya kepada Anda apa yang Anda lakukan saat pertama kali melihat gejalanya. Dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda.

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari indikator masalah yang mendasarinya dan untuk memantau fungsi jantung Anda. Prosedur yang mungkin dilakukan termasuk mendengarkan detak jantung, tes darah untuk pemeriksaan kimia darah dan kadar kolesterol, dan memeriksa tekanan darah Anda.

Dokter akan memantau detak jantung Anda jika pada pemeriksaan menunjukkan adanya masalah yang mendasar dengan jantung Anda yang memicu terjadinya APC. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan elektrokardiogram (EKG). 

EKG adalah tes yang mencatat aktivitas listrik jantung, baik selama aktivitas normal atau selama berolahraga.

Anda mungkin juga perlu memakai monitor selama 24 hingga 48 jam atau ketika gejala muncul. Anda mengenakan monitor tersebut dibawah pakaian Anda, dan membiarkan alat tersebut merekam irama jantung saat Anda melakukan aktivitas normal.

Pengobatan

Anda harus mencari pengobatan, kapan saja Anda melihat perubahan dalam detak jantung Anda. Sebagian besar kasus APC tidak memerlukan pengobatan di luar pemeriksaan awal. 

Jika dokter menentukan APC Anda tidak berbahaya, Anda mungkin tidak perlu mengunjungi dokter jika Anda mengalaminya lagi, kecuali kondisi tersebut sering terjadi, disertai dengan gejala lain.

Jika dokter Anda mendiagnosis APC Anda sebagai berbahaya, pengobatan biasanya dilakukan untuk mengatasi kondisi yang dapat memicu denyut jantung yang prematur. Dokter akan merekomendasikan pengobatan khusus berdasarkan hasil pemeriksaan Anda.

Terkadang, APC yang tidak berbahaya sering terjadi sehingga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Dokter mungkin akan meresepkan obat seperti beta blocker, atau obat yang digunakan untuk mengobati kasus aritmia. Obat-obatan tersebut biasanya dapat menekan kontraksi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit