Asam Korosolik: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Apr 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 663.265 orang

Asam korosolik adalah zat asam triterpen pentasiklik yang ditemukan pada Lagerstroemia speciosa, tanaman asli Filipina dan Asia Tenggara. Bagian daun dari Lagerstroemia speciosa ini sering kali digunakan sebagai obat herbal.

Asam korosolik memiliki banyak sifat biologis, di antaranya antidiabetik, antiinflamasi, antiproliferatif, dan aktivitas protein kinase C. Keseluruhan zat tersebut dapat membantu mengatasi prediabetes dan diabetes. Bahkan bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, asam korosolik bisa membantu mewujudkannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Para ahli menduga bahwa asam korosolik mampu menghambat penyerapan karbohidrat sampai batas tertentu. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan. Asam korosolik kemungkinan juga membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien daripada sebelumnya.

Mengenai Asam Korosolik

Golongan

-

Kemasan

  • Tablet
  • Kapsul
  • Makanan untuk penderita hipoglikemik
  • Kosmetik

Kandungan

Triterpen pentasiklik, atau disebut juga asam 2-alfa hiroksi ursolat

Manfaat Asam Korosolik

Berbagai manfaat asam korosolik adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menggunakan ekstrak asam korosolik selama 2 minggu dapat membantu menurunkan gula darah hingga 10%, khususnya pada penderita diabetes.

Sementara pada penelitian terpisah, kombinasi asam karosolik dan kayu manis selama 12 minggu efektif menurunkan hemoglobin A1c (HbA1c) pada penderita diabetes.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Baca Selengkapnya: 5 Cara Mudah Menangani Diabetes dan Menurunkan Gula Darah

2. Meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh

Tidak hanya pada penderita diabetes saja, orang yang dicurigai mengarah pada diabetes (prediabetes) juga bisa merasakan manfaat asam korosolik.

Suatu penelitian menyebutkan bahwa kombinasi asam korosolik dan kayu manis selama 12 minggu berpengaruh pada insulin. Kombinasi zat tersebut dapat memaksimalkan produksi insulin tubuh pada penderita prediabetes. Bisa juga untuk meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap efek insulin.

Selain 2 manfaat asam korosolik di atas, zat ini juga disinyalir membantu menurunkan berat badan. Namun memang, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

Baca Juga: Diet Bagi Kondisi Prediabetes

Efek samping Asam Korosolik

Asam korosolik kemungkinan aman digunakan sebagai obat herbal, selama digunakan dalam jangka pendek. Belum diketahui soal keamanan asam korosolik untuk penggunaan jangka panjang.

Dosis Asam Korosolik

Dosis asam korosolik berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari usia dan kondisi kesehatan pasien. Namun secara umum, dosis asam korosolik adalah sebagai berikut:

  • Ekstrak asam korosolik: 32-48 miligram (mg) per hari selama 2 minggu.
  • Kombinasi asam korosolik dan kayu manis: 100 mg per hari selama 12 minggu.

Interaksi Asam Korosolik

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja herbal. Sebagai akibatnya, herbal tidak dapat bekerja dengan maksimala tau justru menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Ekstrak asam korosolik dapat berinteraksi dengan obat diabetes. Pasalnya, asam korosolik dapat menurunkan gula darah, begitu juga dengan obat diabetes. Bila diminum secara bersamaan, kombinasi keduanya dapat membuat gula darah Anda merosot tajam.

Beberapa jenis obat diabetes yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan asam korosolik adalah:

  • Glimepiride
  • Glyburide
  • Insulin
  • Pioglitazone
  • Rosiglitazone
  • Chlorpropamide
  • Glipizide
  • Tolbutamide

Sebaiknya beri tahukan dokter terlebih dahulu bila Anda ingin menggunakan herbal asam korosolik. Dokter mungkin akan mengubah dosis atau bahkan mengganti obat diabetes sesuai dengan kondisi Anda.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan asam korosolik adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak tidak dianjurkan untuk mengonsumsi ekstrak asam korosolik. Belum ada penelitian medis yang membuktikan keamanannya.
  • Ekstrak asam korosolik dapat memengaruhi kadar gula darah. Bagi Anda yang memiliki diabetes, cek gula darah Anda secara berkala. Konsultasikan ke dokter sebelum Anda menggunakan herbal asam korosolik.
  • Ekstrak asam korosolik dapat mengganggu kestabilan gula darah saat dan setelah operasi. Hindari menggunakan herbal ini minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp