Apakah Preventive Dentistry Itu?

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 30, 2020 Waktu baca: 3 menit
Apakah Preventive Dentistry Itu?

Kedokteran gigi preventif atau preventive dentistry adalah praktik merawat gigi Anda agar tetap sehat. Ini membantu Anda untuk menghindari gigi berlubang, penyakit gusi, gangguan enamel, dan banyak lagi.

Ada banyak bentuk kedokteran gigi preventif, seperti menyikat gigi setiap hari dan membersihkan gigi. Untuk menjaga kesehatan mulut yang optimal, American Dental Association (ADA) merekomendasikan kunjungan ke dokter gigi secara berkala yang ditentukan oleh dokter gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Praktek-praktek ini dirancang untuk memastikan bahwa gigi bersih, kuat, dan putih. Anak-anak juga harus diajarkan kebersihan mulut yang tepat pada usia dini.

Teruslah membaca artikel berikut untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan gigi Anda.

Sikat Gigi Anda setiap hari

Bagian terpenting dari kedokteran gigi preventatif adalah menyikat gigi setiap hari dengan pasta gigi berfluoride yang disetujui oleh American Dental Association (ADA). 

Kebanyakan orang harus mengganti sikat gigi mereka tiga hingga empat kali per tahun atau ketika bulu sikat gigi mulai rontok dan tidak beraturan.

Jangan lupa menyikat lidah Anda. Kebiasaan ini akan membantu Anda menghilangkan bakteri dari mulut dan juga membantu menyegarkan napas Anda.

Lakukan flossing setiap harinya

Flossing harian juga dianjurkan. Flossing membantu membersihkan ruang sempit di antara gigi. Jika Anda memiliki kawat gigi, Anda mungkin perlu menggunakan jenis benang khusus agar dapat masuk di antara braket logam.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari flossing, Anda ingin memastikan bahwa Anda menggunakan flossing dengan cara yang benar. 

Pada waktu konsultasi dengan dokter gigi Anda, tanyakan kepada dokter gigi Anda untuk mendemonstrasi flossing cepat untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat penuh dari menggunakan alat ini.

Kunjungi Dokter Gigi Anda

Anda harus menemui dokter gigi Anda setidaknya sekali setahun untuk memeriksa masalah pada gigi atau gusi. Jika Anda berisiko tinggi terhadap masalah gigi, kemungkinan Anda akan dianjurkan untuk mengunjungi dokter gigi lebih rutin. 

Pembersihan dan pemeriksaan gigi memungkinkan dokter gigi untuk mengidentifikasi masalah dan segera mengatasinya.

Jika Anda memiliki asuransi gigi, cari tahu apa saja yang ditanggung. Banyak rencana asuransi mencakup dua kunjungan gigi pencegahan per tahun.

Makanlah Diet Seimbang

Makan makanan seimbang juga membantu melindungi gigi Anda dengan memberi mereka nutrisi yang mereka butuhkan. Batasi asupan gula Anda, termasuk karbohidrat sederhana seperti roti putih, dan minum banyak air sepanjang hari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Vitamin penting untuk kesehatan mulut. Makan makanan yang bervariasi akan membantu Anda mendapatkan semua vitamin yang Anda butuhkan untuk menjaga senyum yang sehat.

Apa yang Dilakukan Oleh Kedokteran Gigi Preventif?

Kedokteran gigi pencegahan atau preventif mencegah orang dari pengembangan masalah gigi di kemudian hari. Jika Anda menggunakan perawatan gigi yang tepat, Anda dapat menghindari atau mengurangi efek dari ini:

Siapa saja yang diuntungkan?

Semua orang mendapat manfaat dari kedokteran gigi preventif. Anak-anak, khususnya, mendapat manfaat karena memungkinkan gigi dewasa mereka yang baru tumbuh kuat dan sehat. 

Sealant gigi dan perawatan topikal fluoride dapat membantu mencegah kerusakan pada gigi anak-anak Anda. 

Kesehatan mulut terhubung dengan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Ini karena mulut merupakan tempat berkembang biak bagi bakteri berbahaya. Menjaga mulut bersih bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Apa manfaat Kedokteran Gigi Preventif?

Dengan kebersihan gigi yang baik, Anda dapat sangat mengurangi risiko terkena gigi berlubang, radang gusi, periodontitis, dan masalah gigi lainnya. 

Pada gilirannya, dapat mengurangi risiko masalah sekunder yang disebabkan oleh kesehatan mulut yang buruk. 

Beberapa masalah kesehatan yang mungkin terkait dengan kesehatan mulut yang buruk adalah:

Kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah juga dapat dikaitkan dengan kesehatan mulut yang buruk. Anda harus terus menjaga kesehatan mulut preventif yang baik jika Anda sedang hamil.

Hal ini termasuk mengunjungi dokter gigi Anda untuk pemeriksaan rutin selama kehamilan Anda.

15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Periodontal disease and systemic health. (n.d.) (https://www.perio.org/consumer/other-diseases)
Oral health – Brush up on dental care basics. (2013, May 11). Retrieved from  (http://www.mayoclinic.com/health/dental/DE00003)
Oral health – A window to your overall health. (2013, May 11). Retrievedfrom  (http://www.mayoclinic.com/health/dental/DE00001)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app