Apakah Pencabutan Gigi Itu Diperlukan?

Dipublish tanggal: Sep 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Pencabutan gigi dilakukan oleh dokter gigi atau ahli bedah mulut dan merupakan prosedur rawat jalan yang relatif cepat dengan anestesi lokal, umum, intravena, atau kombinasi. 

Gigi yang patah, di bawah permukaan, atau terkena benturan memerlukan prosedur yang lebih terlibat, ini termasuk beberapa kerusakan gigi yang berlebihan, infeksi gigi, dan crowding semua bisa memerlukan pencabutan gigi. 

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Cabut Gigi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket cabut gigi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d03 cabut gigi

Perawatan gigi dengan menggunakan kawat gigi mungkin perlu satu atau dua gigi dicabut untuk memberikan ruang bagi gigi yang lain saat bergeser ke tempatnya.

Tahap mencabut gigi

Sebelum mencabut gigi Anda, dokter gigi akan mengumpulkan  perincian riwayat kesehatan lengkap Anda, terutama riwayat perawatan gigi Anda bersama dengan daftar obat-obatan yang Anda gunakan.

Anda perlu menyebutkan secara khusus apakah Anda menggunakan obat pengencer darah atau alergi terhadap obat apa pun.

Dokter mungkin akan meresepkan beberapa antibiotik yang mungkin harus Anda ambil sebelum ekstraksi atau pencabutan.

Pemeriksaan dengan rontgen gigi menggunakan Sinar-X akan diambil untuk menentukan cara terbaik untuk mengekstraksi gigi yang terkena.

Dokter akan meminta Anda untuk tidak merokok, setidaknya, sehari sebelum prosedur, karena merokok dapat membuat Anda menderita soket yang kering dan tulang alveolar terpapar setelah ekstraksi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Pemberian anestesi umum, meskipun jarang diperlukan, mungkin diperlukan dalam kasus tertentu pencabutan gigi bungsu

Mengapa Cabut Gigi Diperlukan

Ada 2 jenis prosedur ekstraksi, dan mereka adalah sebagai berikut:

Ekstraksi Sederhana

Ekstraksi sederhana biasanya dilakukan pada gigi yang terlihat di mulut dan biasanya dilakukan dengan pengaruh bius lokal.

Ekstraksi bedah

Prosedur ekstraksi bedah dilakukan ketika gigi tidak dapat diakses dengan mudah. Ini terjadi ketika gigi belum sepenuhnya erupsi atau ketika gigi telah rusak di bawah garis gusi.

Dalam prosedur ini, dokter gigi dapat melakukan sayatan untuk mengangkat jaringan lunak yang menutupi gigi.

Mengapa perlu melakukan pencabutan gigi?

Pencabutan gigi perlu dilakukan mencakup adanya kelainan pada gigi. Beberapa hal yang menjadi alasan untuk gigi tersebut dicabut yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

1. Mengatasi gigi yang tertimbun  

Gigi yang terhalang keluar, atau ketika gusi tidak sepenuhnya mencegah gigi keluar yang biasanya terjadi pada gigi bungsu.

Dokter gigi Anda dapat merekomendasikan pencabutan gigi impaksi untuk mencegahnya merusak gigi lain. Mengekstraksi gigi yang terkena juga dapat membantu menurunkan risiko infeksi dan kepadatan gigi.

2. Mencegah infeksi gusi

Penyakit periodontal adalah infeksi pada gusi, ligamen periodontal, alveolar gigi dan struktur lain di sekitar gigi. Tahap awal penyakit periodontal adalah gingivitis yang merupakan infeksi pada gusi. Jenis penyakit periodontal yang lebih parah mempengaruhi ligamen periodontal dan tulang alveolar.

Penyakit periodontal disebabkan oleh bakteri dalam plak gigi yang merupakan zat lengket yang terbentuk pada gigi Anda beberapa jam setelah makan dan tanpa menyikat gigi.

3. Mencabut gigi bungsu

Gigi bungsu yang mengganggu sering dicabut karena dapat menyebabkan kerusakan pada gigi lainnya, atau mulut yang tidak memiliki ruang yang cukup, atau karena dapat mendorong gigi lain keluar dari jalur. 

Gigi bungsu juga dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat bergeser atau  mendorong ke gigi lain. Meskipun banyak pasien yang membutuhkan pencabutan gigi bungsu, beberapa  mungkin tidak pernah merasakan ketidaknyamanan dari gigi paling ujung tersebut. 

4. Memasang implan

Jika seorang pasien memilih untuk memasang implan gigi atau memasang mahkota atau crown, gigi perlu dicabut sebelum implan gigi dapat ditempatkan.

5. Terapi ortodontik

Ekstraksi gigi mungkin diperlukan sebelum perawatan ortodontik jika gigi terlalu padat pada sepanjang tulang rahang yang terlalu kecil untuk menampung susunan gigi baru. 

Jika tulang rahang tidak dapat diperluas untuk memungkinkan gigi tersusun rapi, maka pencabutan gigi merupakan pilihan selanjutnya..

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Tooth extraction: Procedure, costs, and what to expect. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/327170)
Tooth extraction aftercare: Timeline and guide. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326147)
Tooth Extraction (Having a Tooth Pulled): Procedure, Recovery, Aftercare. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/pulling-a-tooth-tooth-extraction#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app