Doctor men
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Kesehatan Mulut dan Gigi

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Bagian Gigi Manusia

Update terakhir: SEP 13, 2019 Tinjau pada SEP 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 765.649 orang

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Bagian Gigi Manusia

Gigi merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang cukup kompleks. Gigi tidak hanya berfungsi untuk mengunyah dan mencerna makanan, tetapi juga berguna dalam hal berbicara serta memiliki dampak secara keseluruhan bagi kesehatan. Karena gigi memiliki peranan penting bagi kesehatan, maka Anda perlu memiliki pengetahuan seputar gigi serta cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Baca juga: Cara Menggosok Gigi dengan Benar

Setiap gigi tertanam pada gusi di mana akar gigi menembus batas gusi dan masuk ke tulang rahang. Pada saat kecil, pertumbuhan gigi diawali dengan tumbuhnya gigi susu atau gigi bayi dan setelah dewasa baru tumbuh gigi permanen yang berkembang secara bertahap. Pada masa pertumbuhan, gigi akan tumbuh secara bersamaan baik gigi sebelah kiri maupun kanan. Lalu, apa saja jenis dan fungsi gigi serta bagian-bagian gigi?

Jenis-jenis dan fungsi gigi

Pada orang dewasa, gigi berjumlah 32 buah (di luar dari gigi bungsu) yang terbagi pada tulang rahang atas dan rahang bawah. Setiap gigi tertanam pada gusi di mana akar gigi menembus batas gusi dan masuk ke tulang rahang. Dari setiap gigi tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam membantu mengolah makanan yang masuk ke mulut. Berikut ini 5 jenis gigi pada manusia beserta fungsinya:

Gigi seri (Incisors)

Berjumlah 8 gigi yang berada di tengah, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah. Gigi seri biasanya merupakan gigi-gigi awal yang muncul ketika bayi mencapai usia 6 bulan. Gigi seri digunakan untuk mengigit dan memotong makanan.

Gigi taring (Canines)

Gigi taring adalah gigi yang paling tajam dan berguna untuk merobek makanan. Gigi taring muncul antara usia 16-20 bulan dimana gigi taring berada tepat di atas dan bawah, di samping gigi seri.

Premolar

Gigi premolar adalah gigi yang berada di antara gigi geraham dan gigi taring depan dan memiliki ukuran yang sedikit lebih besar. Gigi premolar digunakan untuk mengunyah dan menggiling makanan sehingga menjadi potongan kecil. Orang dewasa memiliki 8 premolar di setiap sisi mulut, 4 di rahang atas dan 4 di rahang bawah.

Gigi geraham (Molars)

Gigi bagian ini merupakan gigi yang paling kuat dibandingkan dengan gigi lainnya yang juga digunakan untuk mengunyah dan menggiling makanan. Gigi geraham muncul antara usia 12-28 bulan dan berjumlah 8 buah gigi, 4 di bagian atas dan 4 di bagian bawah.

Gigi bungsu (Third molars)

Gigi bungsu atau wisdom teeth merupakan gigi yang paling akhir muncul dan terletak di paling belakang gigi geraham. Biasanya gigi bungsu baru akan tumbuh ketika menginjak usia remaja sekitar 18-20 tahun. Gigi bungsu ini seringkali tumbuh disertai rasa sakit sehingga seringkali harus dicabut melalui operasi. Namun tidak semua orang memiliki gigi bungsu. Baca juga: Cara Mengobati Sakit Gigi Akibat Gigi Bungsu

Mengenal bagian-bagian gigi

Enamel (Email gigi)

Enamel merupakan bagian luar gigi yang paling keras dan berwarna putih. Enamel atau yang dikenal juga dengan email gigi terbuat dari kalsium fosfat dan berfungsi untuk melindungi jaringan dalam gigi.

Dentin

Dentin adalah lapisan dasar email atau enamel gigi berupa jaringan keras yang mengandung tabung kecil (tabung mikroskopis). Jika enamel rusak, suhu panas atau dingin dari makanan akan masuk ke celah-celah gigi melalui dentin dan menyebabkan rasa nyeri atau sensitivitas yang luar biasa. Baca juga: Penyebab dan Cara Merawat Gigi Sensitif

Pulpa (Pulp)

Merupakan salah satu struktur gigi bagian dalam yang bersifat lunak dan berada di pusat dan inti gigi yang berisi pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak lain. Bagian pulpa inilah yang menyampaikan nutrisi dan sinyal sensitif ke gigi.

Sementum (Cementum)

Sementum adalah lapisan jaringan ikat yang memperkuat ikatan antara akar gigi dengan gusi dan tulang rahang. Sementum yang berwarna kuning biasanya tertutup oleh gusi dan tulang. Untuk menjaga sementum dari pembusukan adalah dengan merawat gusi sehingga tak ada plak dan bakteri berbahaya yang menumpuk pada sementum yang dapat menyebabkan gusi sakit.

Ligamentum periodontal (Periodontal ligament)

Jaringan yang membantu menahan gigi dengan kuat pada rahang ketika mengunyah makanan. Ligamentum periodontal berasal dari ribuan serat yang mengikat sementum ke tulang.

Gusi (Gingiva)

Gusi atau gingiva merupakan jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan tulang di dalam mulut. Jaringan gusi sebenarnya berwarna transparan, hanya saja karena terdapat darah yang mengalir sehingga menyebabkan warna merah pada gusi.

Referensi

WebMD. (2017). Picture of the Teeth

Everydayhealth. (2017). The 4 Types of Teeth and How They Function

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit