Kesehatan Mulut dan Gigi

Serba-Serbi Veneer Gigi: Kegunaan, Prosedur, Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 7 menit
Serba-Serbi Veneer Gigi: Kegunaan, Prosedur, Efek Samping

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Veneer gigi adalah metode pelapisan gigi yang secara khusus digunakan untuk mempercantik gigi dan memperbaiki beberapa masalah gigi, seperti gigi terkelupas atau rusak, gigi mengalami penipisan, ataupun gigi tidak rata.
  • Umumnya, proses pemasangan veneer gigi dilakukan dalam 3 kali kunjungan. Kunjungan pertama untuk melakukan konsultasi atau perencanaan, lalu membuat veneer sementara, dan kunjungan terakhir untuk memasang veneer gigi.
  • Beberapa efek samping dari penggunaan veneer gigi adalah harganya yang cukup mahal, veneer gigi yang pecah atau retak tidak dapat diperbaiki, gigi sensitif juga mungkin terjadi akibat adanya pengikisan enamel, dan gigi tetap dapat membusuk.
  • Cara merawat veneer gigi adalah dengan melakukan perawatan kebersihan mulut, termasuk rajin menggosok gigi, flossing gigi, dan berkumur. Hindari pula makanan dan minuman yang dapat menimbulkan noda warna pada gigi seperti kopi atau teh.
  • Bandingkan harga paket dan dapatkan harga promo veneer gigi di HDmall sekarang, klik di sini.

Memiliki gigi putih dan bersih tentu saja dapat meningkatkan rasa percaya diri, terlebih bagi Anda yang pekerjaannya harus lebih banyak berkomunikasi dengan orang lain. Sekarang ini ada banyak perawatan gigi yang bisa mewujudkannya, tapi yang paling banyak diincar adalah veneer gigi. Dibandingkan bleaching gigi, prosedur veneer dinilai mampu memberikan efek gigi putih yang lebih lama dan awet. Kira-kira seperti apa prosesnya dan berapa harga veneer gigi? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Apa itu veneer gigi?

Veneer gigi adalah material berbentuk lapisan tipis yang dirancang secara khusus untuk menutupi permukaan depan gigi. Pada penggunaannya, veneer gigi direkatkan di bagian depan gigi untuk mencerahkan warna, memperbaiki bentuk, ukuran, maupun panjang gigi, sehingga penampilan gigi terlihat menjadi lebih cantik.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Veneer via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket veneer hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d15 veneer

Tidak hanya untuk mempercantik gigi, prosedur perawatan gigi yang satu ini juga dapat digunakan untuk memperbaiki beberapa kondisi tertentu seperti:

  • Gigi yang mengalami perubahan warna atau menjadi kuning, baik karena perawatan saluran akar, akibat penggunan tetrasiklin atau obat lain, pengaruh  fluoride yang berlebihan, atau akibat adanya tambalan resin besar yang telah mengubah warna gigi
  • Gigi yang mengalami penipisan
  • Gigi yang terkelupas atau rusak
  • Gigi yang tidak sejajar, tidak rata, atau berbentuk tidak teratur
  • Gigi yang memiliki celah ruang antara gigi yang lebar

Keuntungan veneer gigi

Dibandingkan bleaching, berikut beberapa keuntungan penggunaan veneer gigi adalah:

  • Veneer memberikan tampilan gigi yang terkesan alami
  • Jaringan gusi dapat menoleransi veneer porselen dengan baik
  • Veneer porselen memiliki ketahanan yang baik terhadap noda
  • Warna porselen bisa dipilih sesuai dengan keinginan, sehingga membuat gigi yang gelap terlihat menjadi lebih putih
  • Veneer memberikan pendekatan yang bersifat konservatif dalam mengubah warna dan bentuk gigi
  • Veneer tidak memerlukan pembentukan yang meluas, seperti yang dilakukan pada prosedur mahkota gigi
  • Hasil veneer cenderung lebih estetis dan menarik

Baca Juga: Berbagai Penyebab Gigi Kuning & Cara Mengatasinya

Jenis-jenis veneer gigi

Sebelum mulai veneer, dokter gigi biasanya akan menawarkan 2 jenis veneer, antara direct atau indirect. Berikut perbedaannya:

1. Direct veneer

Direct veneer adalah proses pemasangan veneer secara langsung (direct) pada pasien. Bahan yang digunakan adalah resin komposit.

Keunggulannya, proses pengerjaan direct veneer bisa langsung selesai dalam satu kali kunjungan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot bolak-balik ke dokter gigi untuk mendapatkan gigi putih seperti kapas.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Veneer via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket veneer hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d15 veneer

Dilihat dari daya tahannya, efek direct veneer mampu bertahan hingga 7-10 tahun. Namun hati-hati, warna gigi Anda mungkin saja kembali berubah, terutama jika suka mengonsumsi teh, kopi, atau minuman berwarna lainnya.

2. Indirect veneer

Indirect veneer adalah jenis vener yang umumnya menggunakan bahan porcelain. Dibandingkan direct veneer, bahan porcelain cenderung lebih kuat dan hasilnya pun lebih halus.

Kelemahannya, proses pengerjaan indirect veneer cenderung lebih rumit. Anda setidaknya membutuhkan minimal 2 kali kunjungan, yakni untuk mencetak gigi dan veneer baru dipasang keesokan harinya.

Bicara soal daya tahannya, efek indirect veneer bisa bertahan hingga 15 tahun atau lebih. Hasilnya pun lebih menyerupai gigi karena telah melalui proses cetak gigi terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya: Perbedaan Direct dan Indirect Veneer Gigi, Pilih yang Mana?

Yang harus dipersiapkan sebelum veneer gigi

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum veneer gigi, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Veneer via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket veneer hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d15 veneer
  • Konsultasi ke dokter untuk menentukan jenis veneer gigi, ingin direct atau indirect
  • Dianjurkan untuk makan dan minum cukup sebelum perawatan, sebab setelah perawatan Anda akan merasa sedikit tidak nyaman (mati rasa) akibat efek anestesi
  • Menyikat gigi sebelum mulai veneer
  • Disarankan sudah melakukan scaling gigi untuk menghilangkan karang gigi, terutama pada gigi yang ingin di-veneer

Prosedur pemasangan veneer gigi

Untuk dapat memasang veneer gigi biasanya membutuhkan 3 kali kunjungan ke dokter gigi. Kunjungan pertama untuk melakukan konsultasi, kunjungan kedua untuk membuat veneer, dan kunjungan ketiga untuk memasangkan veneer gigi.

Secara ringkas, prosedur pemasangan veneer gigi dapat dijelaskan dalam tiga tahap berikut:

1. Diagnosis dan perencanaan

Pada kunjungan pertama, dokter gigi akan menanyakan seperti apa hasil gigi yang ingin Anda dapatkan. Dokter gigi kemudian memeriksa gigi Anda untuk memastikan veneer gigi yang tepat dan mendiskusikan mengenai prosedur yang akan dilakukan.

Pada kesempatan ini, dokter gigi juga akan mengambil foto sinar-X untuk melihat mulut dan gigi Anda secara keseluruhan.

2. Persiapan

Pada kunjungan kedua, dokter gigi akan mempersiapkan gigi untuk di-veneer. Dokter gigi akan mengikis enamel atau lapisan terluar gigi hingga sekitar 0,5 milimeter untuk mempersiapkan tempat bagi veneer.

Setelah itu, dokter gigi akan membuat model atau cetakan gigi Anda. Model inilah yang akan digunakan untuk membuat veneer gigi Anda.

3. Pemasangan

Sebelum veneer gigi permanen dipasang, dokter gigi akan menempatkan veneer sementara pada gigi untuk memeriksa warna dan kecocokan veneer terhadap gigi. Suatu semen khusus ditempelkan pada veneer kemudian direkatkan pada gigi Anda.

Setelah posisi veneer dirasa tepat, dokter gigi akan menggunakan sinar khusus pada veneer. Sinar itulah yang akan membuat semen khusus tadi menjadi lebih keras dan veneer bisa merekat kuat pada gigi.

Prosedur pemasangan veneer gigi disebut juga dengan laminasi porselen gigi dengan tujuan mempercantik dan memperbaiki gigi.

Yang harus diperhatikan setelah veneer gigi

Hasil veneer gigi pada setiap orang bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dari kondisi gigi masing-masing pasien. 

Setelah veneer gigi, lakukan hal-hal berikut ini untuk merawat gigi Anda setelah veneer:

  • Jangan langsung makan atau minum setelah tindakan
  • Lakukan perawatan kebersihan mulut yang baik, termasuk menyikat gigi, flossing gigi, dan berkumur dengan obat kumur antiseptik
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat menimbulkan noda pada gigi seperti kopi, teh, atau anggur merah
  • Hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin, supaya gigi tidak ngilu
  • Hindari kebiasaan menggigit kuku, menggigit pensil, mengunyah es, atau benda keras lainnya karena menyebabkan veneer pecah

Pemakaian veneer gigi ini umumnya dapat bertahan selama 7-15 tahun. Setelah jangka waktu tersebut, sebaiknya lakukan veneer ulang agar gigi tetap terlihat bersih, putih, dan sehat. 

Kelemahan dan efek samping veneer gigi

Meskipun kelihatannya aman dan tidak menimbulkan rasa sakit, tapi ada beberapa kelemahan dan efek samping veneer gigi, antara lain:

  • Proses ini tidak bersifat reversibel
  • Veneer tidak dapat diperbaiki apabila pecah atau retak
  • Karena adanya pengikisan enamel, gigi mungkin menjadi lebih sensitif terhadap makanan dan minuman yang panas atau dingin
  • Warna veneer mungkin tidak sama persis dengan warna gigi yang lain
  • Warna veneer tidak dapat diubah setelah dipasangkan
  • Meskipun tidak pernah terjadi, veneer mungkin saja bisa bergeser dan terlepas. Agar tidak terjadi, hindari kebiasaan menggigit kuku, menggigit pensil, mengunyah es, atau benda keras lainnya
  • Veneer bukan pilihan yang baik untuk individu dengan gigi yang tidak sehat (misalnya orang-orang dengan kerusakan atau penyakit gusi aktif)
  • Gigi dengan veneer masih bisa mengalami pembusukan

Guna menghindari efek samping veneer gigi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter gigi sebelum Anda mulai veneer. Dokter akan memberi tahukan Anda kelebihan, proses, hingga efek samping veneer gigi sehingga Anda jadi lebih siap sebelum tindakan.

Harga veneer gigi di setiap klinik

Biaya veneer gigi berbeda-beda, tergantung jenis veneer dan berapa gigi yang ingin di-veneer. Beberapa klinik gigi Jakarta yang bekerja sama dengan Honestdocs juga menyediakan layanan veneer gigi, lho! Berikut daftar harganya:

Veneer direct

Ananta Dental: mulai dari Rp 332.500 / gigi

Pixel Dental: mulai dari Rp 380.000 / gigi

A8 Dental: mulai dari Rp 475.000 / gigi

Schon Dental: mulai dari Rp 475.000 / gigi

Klinik Gigi Dewi: mulai dari Rp 570.000 / gigi

Tooth's Kingdom Dental: mulai dari Rp 760.000 / gigi

Fre Dentalcare: mulai dari Rp 712.500 / gigi

SDC Dental: mulai dari Rp 760.000 / gigi

Dentaline Dental Care: mulai dari Rp 807.500 / gigi

Primera Dental: mulai dari Rp 826.500 / gigi

Dentistique Clinic: mulai dari Rp 855.000 / gigi

Smile Concept Cilandak: mulai dari Rp 902.500 / gigi

BSD Dental Care: mulai dari Rp 950.000 / gigi

Dentalogy Clinic: mulai dari Rp 950.000 / gigi

DentaVille Dental Care: mulai dari Rp 950.000 / gigi

Smile Up Dental Clinic: mulai dari Rp 950.000 / gigi

Host Dental Clinic: mulai dari Rp 1.140.000 / gigi

Tidi Dental Clini: mulai dari Rp 1.330.000 / gigi

My n Your Dentist: mulai dari Rp 1.662.500 / gigi

South Dental: mulai dari Rp 1.681.500 / gigi

Klinik Royal Smile Dental: mulai dari Rp 1.710.000 / gigi

Klinikoo Dental Care: mulai dari Rp 1.849.650 / gigi

Klinik Gigi Senyum Ceria: mulai dari Rp 1.849.650 / gigi

Luxe Dental & Aesthetic Center: mulai dari Rp 1.900.000 / 4 gigi

Klinik Dentist & Dentists: mulai dari Rp 2.375.000 / gigi

Veneer indirect

Klinik drg. Monalia Heryadi: mulai dari Rp 1.425.000 / gigi

Klinik Gigi Dewi: mulai dari Rp 2.565.000 / gigi

Brillo Dental Care: mulai dari Rp 3.325.000 / gigi

Kj Dental Care: mulai dari Rp 3.325.000 / gigi

Pixel Dental: mulai dari Rp 3.325.000 / gigi

Tidi Dental Clinic: mulai dari Rp 3.325.000 / gigi

Primera Dental: mulai dari Rp 3.420.000 / gigi

Agata Dental Clinic: mulai dari Rp 3.800.000 / gigi

DentaVille Dental Care: mulai dari Rp 3.800.000 / gigi

Smile Up Dental Clinic: mulai dari Rp 3.800.000 / gigi

Dentaline Dental Care: mulai dari Rp 4.275.000 / gigi

Dentistique Clinic: mulai dari Rp 4.560.000 / gigi

BSD Dental Care: mulai dari Rp 4.750.000 / gigi

Dentalogy Clinic: mulai dari Rp 4.750.000 / gigi

My n Your Dentist: mulai dari Rp 4.750.000 / gigi

Schon Dental: mulai dari Rp 4.750.000 / gigi

SDC Dental: mulai dari Rp 4.750.000 / gigi

Klinik Royal Smile Dental: Rp 5.225.000 / gigi

Smile Concept Cilandak: mulai dari Rp 5.225.000 / gigi

Upstairs Dental Clinic: mulai dari Rp 5.885.250 / 2 gigi

South Dental: mulai dari Rp 6.194.000 / gigi

Klinikoo Dental Care: mulai dari Rp 6.479.000 / gigi

Klinik Gigi Senyum Ceria: mulai dari Rp 6.479.000 / gigi

Klinik Dentist & Denstists: mulai dari Rp 6.650.000 / gigi

Alea Dental: mulai dari Rp 28.500.000 / 6 gigi

Cek langsung pilihan paket veneer dan bandingkan harganya di klinik yang terdekat dengan Anda di sini. Jangan lewatkan juga promo perawatan gigi terbaru lewat aplikasi Honestdocs yang bisa Anda download langsung di sini.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Direct versus indirect veneer restorations for intrinsic dental stains. The Cochrane Database of Systematic Reviews. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/14974066)
Direct or indirect composite veneers in anterior teeth: which method causes higher tooth mass loss? An in vitro study. General Dentistry. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25369388)
Everything You Need to Know About Composite Veneers. Healthline. (https://www.healthline.com/health/composite-veneers)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app