Amil Nitrit - Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.148.310 orang

Amil Nitrit ialah salah satu jenis obat yang memiliki fungsi untuk melebarkan pembuluh darah yang ada pada tubuh manusia agar kadar oksigen dalam darah bisa meningkat sehingga otomatis akan meringankan kerja dari organ jantung.

Zat kimia amil nitrit di dunia kedokteran lebih dikenal sebagai suatu zat vasodilator. Obat amil nitrit kebanyakan dipakai pada para pasien penderita penyakit angina dan sebagai antidot atau penawaran dalam kasus keracunan zat sianida.

Walaupun membawa kebaikan bagi tubuh, obat ini harus digunakan dengan sangat hati hati dan dibawah anjuran dokter atau team medis lainnya karena bila digunakan berlebihan atau terlalu banyak maka akan membawa dampak dan efek negatif bagi para penggunanya bahkan sampai mengancam jiwa si pasien.

Dosis pengkonsumsian obat Amil Nitrit

Berbicara mengenai takaran atau dosis yang harus dikonsumsi oleh para pasien, tentunya tergantung dari kondisi dan kesehatan serta kebutuhan para pasien tersebut yang didasarkan pada keputusan dokter yang menanganinya.

Umumnya para dokter akan melihat jenis penyakit yang diderita oleh si pasien tersebut terlebih dahulu baru melihat seberapa ringan atau parah kondisi si pasien tersebut. Untuk pasien dewasa dengan keluhan penyakit angina, umumnya dokter akan memberikan dosis Amil Nitrit sebanyak 0.3 milimeter atau 1 ampul.

Obat Amil Nitrit ini umumnya diberikan ke pasien dalam bentuk larutan dalam ampul sehingga cara pemakaiannya pun harus dengan dihirup melalui hidung dan dalam bentuk uap. Umumnya dosis 0.3 milimeter atau 1 ampul bisa dihirup sebanyak 2 hingga 6 kali hirup dalam jeda frekuensi pengulangan dari hirupan pertama ke kedua dan seterusnya ialah per kali hirup sekitar 3 hingga 5 menit. 

Dosis ini bisa ditambah lagi 1 ampul apabila pada hirupan di dosis pertama tidak membaik sama sekali. Apabila di tambahan dosis kedua ini kondisi si pasien masih sama dan tidak berubah dalam jeda waktu kurang lebih 10 menit, maka pasien harus segera dibawah ke rumah sakit untuk diperiksa secara intensiv oleh dokter yang terkait.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Untuk kasus keracunan sanidapun, umumnya dokter akan meresepkan amil nitrit sebanyak 1 ampul atau 0.3 milimeter dan harus dihirup langsung di dalam jangka waktu 15 hingga 30 detik, bila masih belum membaik, si pasien harus menunggu waktu sekitar 30 detik lagi sebelum mulai menghirupnya kembali.

Efek samping obat Amil Nitrit

Obat Amil Nitrit juga seperti obat obatan lainnya yang tentunya pemakaiannya pun membawa efek samping bagi para pemakainya. Adapun beberapa efek samping yang dapat diderita oleh para pemakai obat Amil Nitrit ialah pusing, rasa mual dan ingin muntah, wajah yang berubah kemerahan, hipotensi dan takikardia.

Efek samping bagi para penderita ialah wajar adanya bila terjadi di pemakaian awal namun bila efek samping tersebut terus menerus terjadi dan disertai dengan munculnya reaksi alergi di tubuh si pasien maka si pasen atau orang terdekat pasien harus segera menghubungi dokter atau rumah sakit untuk mengkonsultasikan keadaan pasien tersebut.

Peringatan dalam mengkonsumsi Obat Amil Nitrit

Yang perlu kamu ingat dalam mengkonsumsi obat ini alah selama dalam masa pengobatan dengan amil nitrit maka kamu dilarang mengkonsumsi alkohol dan obat sildenafil atau obat untuk mengatasi disfungsi ereksi pada pria dewasa karena akan membawa efek samping yang merugikan diri sendiri yaitu tekanan darah akan menurun secara drastis.

Selain itu para wanita hamil, menyusui, anak anak pun dilarang menghirup obat amil nitrit kecuali atas saran dokter. Obat ini juga tidak cocok dengan mereka yang memiliki kondisi medis menderita penyakit glaukoma, hipertiroid, pernah mengalami stroke, serangan jantung, serta cedera kepala dalam waktu dekat serta anemia yang parah.

Jangan pula mengkonsumsi obat Amil Nitrit dengan dosis yang melebihi dosis yang dianjurkan oleh team dokter. Bila terjadi alergi atau reaksi lainnya seperti overdosis, diharapkan pasien segera dibawa ke rumah sakit atau dokter terdekat untuk melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan pasien.  

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp