Ambliopia - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 883.829 orang

Pernahkah kamu mendengar istilah mata malas ? Apakah kamu berpikir bahwa mata malas merupakan mata yang sedang malas malasan atau apakaha itu sebenarnya mata malas ?.

Mata malas merupakan kondisi yang paling sering terjadi dan menyerang para anak anak dan bila tidak segera dirawat dan diobati ditakutkan akan terbawa sampai si anak berusia dewasa.

Di artikel kali ini, kami akan sharing informasi mengenai apa itu mata malas. Untuk para orang tua sebaiknya menyimak baik baik artikel kali ini agar bisa mencegah terjadinya mata malas pada si buah hati.

Mata Malas dan serba serbinya

Mata malas atau dalam istilah medis disebut Ambliopia ialah suat keadaan dimana mata atau indera penglihatan seseorang mengalami penurunan penglihatan akibat saraf mata dan otak yang tidak dapat berkerja dengan baik dan tidak bisa dikoreksi dengan bantuan pemakaian kacamata dan lensa kontak.

Mata malas bukanlah suatu jenis dari penyakit mata. Mata malas biasanya ditandai dengan salah satu mata memiliki penglihatan yang lebih buruk dibanding mata lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Kejadian mata malas banyak terjadi pana anak anak diusia dibawah 4 tahun  dan para anak tersebut kebanyakan tidak mengetahui bahwa mereka sedang mengidap gangguan mata malas atau mereka juga sebenarnya tidak bisa menjelaskan apa yang terjadi pada mata mereka sehingga dalam kebanyakan kasus para orang tua telat mendeteksi adanya kondsi mata malas pada buah hati mereka.  

Perbedaan penglihatan antara satu mata anak dengan mata lainnya akan membuat otak anak menjadi malas dalam melanjutkan informasi kepada mata anak yang kondisinya sedang menurun.

Oleh sebab itu penting sekali bagi para orang tua untuk bisa mendeteksi atau memperhatikan gejala gejala yang seorang anak tunjukan pada indera penglihatannya sehingga kondisi mata malas dapat segera diobati dan tidak terlanjur bersifat permanen.

Salah satu cara untuk mendeteksi mata malas pada diri si anak ialah dengan rutin memeriksakan penglihatan si anak ke dokter mata kepercayaan mu.

Gejala Mata Malas

  • Mata anak tidak bisa mengukur jarak
  • Mata anak terlihat juling sebelah
  • Gerakan antara satu mata dengan mata lainnya tidak terkoordinasi dengan baik atau tidak cocok
  • Anak terlihat suka memejamkan sebelah matanya

Mata malas dapat disebabkan karena koneksi saraf dari salah satu mata ke otak tidak terjalin dengan baik dan sempurna sehingga kemampuan salah satu mata tersebut dalam melihat akan lebih buruk dibanding mata satunya.

Hal ini juga mempengaruhi sistem kerja otak yang akan mengirimkan sinyal yang lebih buruk dan kabur ke salah satu mata yang koneksi sarafnya tidak baik tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Bila hal ini tidak segera diobati dan terjadi terus menerus maka makin lama kelamaan otak akan semakin malas dalam mengirim sinyal visual ke arah mata yang buruk sehingga seiring berjalannya waktu ketidaksinkronan kedua mata akan semakin lama semakin helas.

Selain itu ada beberapa faktor yang juga bisa menjadi penyebab seorang anak menderita mata malas yaitu :

  • Strabismus
    atau biasa yang lebih kita kenal dengan istilah mata juling. Ini merupakan penyebab terjadinya mata malas nomor satu pada anak. Mata juling sendiri juga kebanyakan diperngaruhi oleh faktor genetika atau keturunan riwayat keluarga.

  • Mata katarak pada anak
    katarak pada mata anak tentunya akan membuat mata malas pada anak terjadi secara lebih serius.

  • Adanya perbedaan atau gangguan refraksi pada kedua mata
    Dimana mata yang satu akan lebih dominan dibanding mata lainnya dan seara otomatis membuat penglihatan mata yang lebih dominan menjadi lebih jelas. Perbedaan refraksi sering terjadi bagi mereka atau bagi anak anak yang sudah mengalami rabun jauh, rabuh dekat dan Astigmatisme.

  • Faktor lainnya seperti kelahiran yang prematur
    Bayi lahir dengan berat badan rendah atau dibawah normal dan bayi yang mengalami gangguan perkembangan sedari kandungan umumnya memilki peluang lebih tinggi terkena mata malas.

Setelah membaca artikel diatas, untuk kamu para orang tua bila menemukan ciri ciri atau gejala mata malas diatas pada buah hatimu, sebaiknya kamu segera membawa si kecil ke dokter mata dan dokter anak terdekat untuk mengkonsultasikan segera keadaan mata si kecil agar bisa segera ditangani dan diberikan pengobatan sebelum terlambat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit