Amazonian Basil - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: May 15, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 598.379 orang

Mengenai Amazonian Basil

  • Golongan: resep dokter
  • Kemasan: tablet / kapsul
  • Kandungan: antioksidan, anti-inflammatory activity, phenylpropanoids, monoterpenes,  dan sesquiterpenes

Manfaat Amazonian Basil

Tanaman herbal Amazonian Basil ini memiliki beberapa manfaat antara lain : memperbaiki nafsu makan, diare, kembung, dan konstipasi atau sembelit

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan phenylpropanoids, monoterpenes, sesquiterpenes sebagai senyawa anti bakteri sehingga bisa membunuh mikroorganisme penyebab gangguan saluran pencernaan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Selain itu, manfaat Amazonian Basil yang lain adalah untuk mengobati jerawat. Dengan kandungan anti radang atau anti-inflammatory membuat jerawat lebih tenang dan mencegahnya meradang.

Amazonian Basil juga memiliki aktivitas antioksidan yang cukup tinggi, sehingga bisa menetralkan radikal bebas. Dengan sifat antioksidan yang mudah teroksidasi, membuat senyawa-senyawa penting menjadi terlindungi dari proses oksidasi radikal bebas, sehingga bisa mencegah terjadinya sel kanker.

Manfaat Amazonian Basil yang lain antara lain bisa mengatasi gangguan ginjal, cacingan, gigitan ular dan serangga, kutil, kembung, kejang-kejang, dan masuk angin.

Pemakaian Amazonian Basil paling aman yaitu dengan cara mengonsumsinya melalui mulut. Bila menambahkan Amazonian Basil ke makanan, fungsinya adalah untuk menambah rasa dan aroma makanan.

Efek samping Amazonian Basil

Segala sesuatu bila dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan. Hal ini juga terjadi pada Amazonian Basil. Di sebagian orang, terlalu banyak mengonsumsi Amazonian Basil bisa menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah, lambatnya pembekuan darah, dan gangguan hati.

Dosis Amazonian Basil

Dosis penggunaan Amazonian Basil dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lainnya. Belum ada petunjuk dosis yang tepat untuk mengonsumsi Amazonian Basil , maka sebaiknya Anda mengikuti saran dan resep dari dokter atau apoteker mengenai penggunaan tanaman herbal ini mengingat produk herbal tidak sepenuhnya aman dan tetap memiliki efek samping.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Namun, pada uji klinis, dosis penggunaan Amazonian Basil adalah sebanyak 2,5 gram daun Amazonian Basil kering (bubuk) dicampur dengan 200 ml air setiap hari selama 2 bulan pada orang dewasa.

Interaksi Amazonian Basil

Sebaiknya pasien mengikuti saran dari dokter atau apoteker yang menyarankan mengonsumsi Albizia dan tidak mengombinasikannya dengan obat lain. Pasien juga bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke tenaga medis terdekat.

Informasi mengenai interaksi Amazonian Basil ini juga masih kurang dan terbatas, sehingga sebaiknya tidak mengombinasikan tanaman herbal ini dengan obat lain supaya tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Amazonian Basil diketahui dapat berinteraksi dengan obat lain. Sebaiknya jangan mengonsumsi obat diabetes dan Amazonian Basil secara bersamaan.

Perhatian

Amazonian Basil aman dikonsumsi oleh anak-anak bila jumlahnya kecil dan hanya sebagai bahan tambahan di makanan. Bila mengonsumsinya sebagai obat, Amazonian Basil ini mungkin tidak aman karena mengandung senyawa kimia estragole yang bisa menyebabkan kanker hati.

Bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya menghindari penggunaan Amazonian Basil. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya informasi mengenai keamanan penggunaan Amazonian Basil. 

Namun, menurut beberapa penelitian, Amazonian Basil bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil, sehingga sebaiknya dihindari.

Tanaman herbal yang satu ini juga bisa memperparah keadaan gangguan pendarahan. Bila mengonsumsinya, maka pendarahan akan justru semakin parah.

Bagi penderita tekanan darah rendah, mengonsumsi Amazonian Basil dapat menurunkan tekanan darah, sehingga tekanan darah kamu akan menjadi sangat rendah.

Bagi pasien yang hendak menjalani operasi, sebaiknya menghindari mengonsumsi Amazonian Basil kurang lebih 2 minggu sebelum operasi, karena tanaman herbal ini dapat memperlambat proses pembekuan darah sehingga meningkatkan resiko pendarahan ketika operasi.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp