Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Alverine : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.045.912 orang

Alverine adalah obat yang digunakan untuk meredakan kembung dan rasa sakit dan kram pada perut bagian bawah. Gejala-gejala ini umumnya berhubungan dengan masalah pencernaan yang dikenal dengan sindrom iritasi usus besar dan penyakit divertikular. Alverine juga bisa diminum untuk membantu meringankan nyeri akibat kram saat sedang datang bulan.

Alverine bekerja secara langsung pada otot di usus, dengan cara membuat otot-oto di usus menjadi rileks. Alverine bekerja dengan cara mencegah otot mengalami kontraksi yang terjadi pada usus dalam kondisi seperti sindrom iritasi usus besar dan penyakit divertikular. 

Penyakit divertikular adalah suatu kondisi di mana kantong kecil terbentuk di lapisan usus. Kantong-kantong ini dapat membuat sisa-sisa makanan terperangkap di dalamnya sehingga dapat menimbulkan penumpukan bakteri dan menimbulkan peradangan, sehingga akan terasa sangat menyakitkan. 

Pada sindrom iritasi usus besar, aktivitas normal otot usus hilang. Sedangkan pada kontrasi usus yang berlebihan akan menghasilkan gejala seperti sakit perut dan kembung, sembelit atau diare

Dengan melemaskan otot usus, alverine citrat dapat meredakan gejala-gejala akibat kondisi-kondisi ini. Alverine juga dapat digunakan untuk melemaskan otot polos yang terdapat di rahim (uterus). Oleh karena itu juga Alverine dapat digunakan untuk mengobati nyeri saat menstruasi, yang disebabkan oleh kontraksi otot rahim yang berlebihan (dysmenorrhea).

Mengenai Alverine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet, kapsul

Kandungan:

Obat antispasmodic

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat

Cara pemberian Alverine

  • Sebelum memulai pengobatan menggunakan obat ini, bacalah brosur informasi yang dicetak oleh pabrik di dalam kemasan. Dengan begitu akan memberi Anda lebih banyak informasi tentang alverine dan akan memberi Anda daftar lengkap efek samping yang mungkin akan Anda alami saat mengkonsumsinya.
  • Minum obat sesuai dengan anjuran seperti yang tertera pada label. Alverine tersedia dalam kapsul 60 mg, dan 120 mg. Kapsul 120 mg memiliki kata 'Forte' setelah nama merek. Dosis umum untuk orang dewasa dan anak-anak di atas usia 12 tahun adalah 60-120 mg diambil satu, dua atau tiga kali sehari, tergantung pada tingkat keparahan gejala yang di alami. Alverine tidak cocok untuk mereka yang berusia di bawah 12 tahun.
  • Telan kapsul bersamaan dengan segelas air. Anda dapat minum alverine sebelum atau sesudah makan.
  • Jika Anda lupa untuk minum obat, jangan mengambil dua dosis bersamaan untuk mengganti dosis yang terlewatkan - teruskan dengan dosis berikutnya ketika sudah waktunya.

Dosis Alverine

Berikut adalah dosis alverine yang sering direkomendasikan:

  • Untuk orang dewasa :Oral: 60-120 mg 1-3 kali sehari.
  • Untuk anak-anak: Oral: >12 tahun: 60-120 mg 1-3 kali sehari

Apakah Alvarine dapat menyebabkan efek samping?

Seiring dengan efek yang bermanfaat, semua obat-obatan pasti dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan, walaupun tidak semua orang akan mengalaminya. 

Di bawah ini berisi beberapa efek samping yang terkait dengan alverine:

  • Sesak napas
  • Kesulitan bernapas
  • Bagian putih mata dan kulit menguning
  • Reaksi alergi
  • Sakit kepala
  • Badan meriang 

Efek samping Alverine biasanya ringan dan jarang menimbulkan masalah. Anda akan menemukan daftar lengkap di brosur informasi pabrikan yang disertakan dengan obat Anda.

Efek samping Alverine dan apa yang bisa Anda lakukan jika mengalaminya.

  • Jika merasa tidak enak badan, Anda dianjurkan untuk makan seperti biasa, tetapi disarankan untuk menghindari makanan yang terlalu gurih atau pedas
  • Jika Anda merasa sakit kepala, segera minum banyak air. Jika sakit kepala berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter.
  • Jika Anda merasa pusing ,jangan mengemudi dan jangan menggunakan alat atau mesin sampai Anda merasa sehat kembali
  • Jika Anda merasa gatal dan muncul ruam kulit, merasa sesak napas Konsultasikan dengan dokter, karena hal ini bisa jadi merupakan tanda-tanda reaksi alergi.

Jika Anda mengalami gejala lain yang menurut Anda mungkin disebabkan akibat mengkonsumsi obat ini, bicarakan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan di tempat Anda untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Perhatian

Beberapa obat-obatan tidak cocok untuk orang-orang dengan kondisi tertentu, dan kadang-kadang obat hanya dapat digunakan pada kondisi dimana tidak ada pilihan pengobatan lain. 

Untuk alasan ini, sebelum Anda mulai mengonsumsi alverine, penting untuk konsultasi dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan. Selain itu dalam mengkonsumsi obat ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Jika Anda sedang hamil atau menyusui. Ini karena, ketika Anda sedang hamil atau menyusui bayi, Anda sebaiknya tidak minum obat sembarangan dan hanya minum obat berdasarkan rekomendasi dokter.
  • Jika Anda mengalami konstipasi yang parah, atau jika Anda merasa fungsi usus Anda kurang baik.
  • Jika Anda mengambil obat lain. Termasuk obat-obatan yang Anda beli tanpa resep, serta obat-obatan herbal dan komplementer.
  • Jika Anda pernah memiliki reaksi alergi terhadap obat.


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp